BRT Trans Jateng Rute Solo-Wonogiri: Murah, Aman, & Nyaman

BRT Trans Jateng rute Solo-Wonogiri bakal menjadi sarana transportasi yang murah, mudah, aman, dan nyaman.

 Sebuah bus Trans Jateng dengan gambar Gedung Grujug terlihat di Terminal Gemolong belum lama ini. (Istimewa/FB Info Sumberlawang)

SOLOPOS.COM - Sebuah bus Trans Jateng dengan gambar Gedung Grujug terlihat di Terminal Gemolong belum lama ini. (Istimewa/FB Info Sumberlawang)

Solopos.com, SOLO — Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng bakal menambah rute baru, yakni Solo-Wonogiri. Koridor baru tersebut akan beroperasi pada 2023 mendatang.

Keberadaan BRT Trans Jateng sebenarnya cukup akrab bagi masyarakat di kawasan ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang dan sekitarnya. Namun, mungkin belum begitu familiar untuk masyarakat di Soloraya.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Maklum saja, BRT Trans Jateng mulai beroperasi di Solo pada September 2020. Rute yang dilayani bus berwarna merah terang dengan bodi mulus ini adalah Solo-Sumberlawang.

Bus tersebut berangkat dari Terminal Tirtonadi dan berakhir di Terminal Sumberlawang. Salah satu pemberhentiannya adalah sub-Terminal Sangiran. Keberadaan bus tersebut diharapkan mampu mendongkrak jumlah pengunjung ke Museum Sangiran.

Kini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Perhubungan (Dishub) berencana menambah rute baru BRT Trans Jateng untuk koridor Solo-Wonogiri.

Baca juga : Rute BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri: Keliling 3 Kota Cuma Bayar Rp4.000

Rute BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri

Rencananya bus diberangkatkan dari Terminal Tirtonadi Solo dan berakhir di Terminal Wonogiri Kota yang berada di kompleks Stasiun Wonogri dan Pasar Kota.

Sampai saat ini, rencana pengadaan moda transportasi baru yang murah dan nyaman bagi masyarakat masih dalam pembahasan. Design Engineering Detail (DED) direncanakan selesai pada September 2022 ini.

“Untuk menentukan berapa halte yang disiapkan di Solo berapa, Sukoharjo berapa, Wonogiri berapa, unitnya berapa belum. Cuma kalau koridornya sudah bisa. Karena nanti kita lanjutkan DED-nya lagi baru September,” ujar Kasi Sarana dan Prasarana Dishub Prov Jateng, Tatas Euxguwin, saat dihubungi Solopos.com, Rabu (6/7/2022).

Menurut dia, penambahan koridor BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri juga menjadi salah satu bukti pemerintah daerah provinsi melaksanakan amanat UU No. 22/2009 Pasal 139 Ayat 2.

“Pemerintah Daerah provinsi wajib menjamin tersedianya angkutan umum untuk jasa angkutan orang dan/atau barang antarkota dalam provinsi,” begitu bunyinya.

Baca juga : Harga Tiket BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri Murah, Fasilitas Ciamik

Tiket BRT Trans Jateng

Tatas juga mengatakan biaya operasional BRT Trans Jateng rute Solo-Wonogiri juga mendapatkan subsidi. Sehingga bisa diakses seluruh lapisan masyarakat. Tarif BRT Trans Jateng untuk pelajar Rp2.000, sedang tarif penumpang umum Rp4.000.

Dilansir dari laman Jatengprov.go.id, Rabu (6/7/2022), kehadiran BRT Trans Jateng merupakan upaya pemerintah menyediakan transportasi umum yang murah, aman, dan nyaman. Bus ini kali pertama diluncurkan pada 2017 atas gagasan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Kepala Balai Transportasi Jawa Tengah, Joko Setyawan mengatakan, saat ini BRT Trans Jateng sudah memiliki enam koridor dengan total 98 armada.

Rute yang dilayani adalah Semarang-Bawen, Purwokerto-Purbalingga, Semarang-Kendal, Purworejo-Magelang, Solo-Sragen, dan Semarang-Grobogan.

“BRT Trans Jateng sebenarnya sudah mulai beroperasi sejak 2017 sebagai bagian dari program Pemprov Jateng yang digagas Gubernur Ganjar Pranowo. Sejak tahun 2017 kita sudah memiliki enam koridor dan tahun depan ditambah satu menjadi tujuh koridor. Ini sesuai RPJMD yang sudah dicanangkan sampai 2023, dengan membuka pelayanan sebanyak tujuh koridor,” ujarnya.

Baca juga : Dishub Jateng : BRT Trans Jateng Bukan Pesaing Bus Bumel

Selain memberikan layanan transportasi murah dan nyaman, program BRT Trans Jateng juga sebagai langkah pemeirntah dalam mengentaskan kemiskinan.

“Kita juga ingin menyampaikan kru Trans Jateng ada 20% lebih itu adalah bagian masyarakat kurang mampu. Hal itu salah satu cara untuk mengurangi kemiskinan 20% dari total 484 kru Trans Jateng,” ucap Joko.

Kasi Operasional Trans Jateng Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Lambang Kurniawan menuturkan, pihaknya selalu mengutamakan pelayanan kepada masyarakat, dengan terus melaksanakan evaluasi secara rutin dan pembinaan terhadap kru dan pegawai BRT Trans Jateng.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Konser Dream Theater, Gibran Datang saat Lagu The Ministry Of Lost Soul

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka datang ke konser Dream Theater di Manahan, Solo, pada pertengahan lagu kedelapan.

      Akademisi Dukung Revisi Perbup Karanganyar tentang Perangkat Desa

      Kebijakan pengajuan dua nama peserta seleksi calon perangkat desa di Karanganyar harus didasarkan pada skor tertinggi hasil tes dinilai bisa mengeliminasi potensi terjadinya KKN.

      Curhat Penjual Bendera di Klaten, Pembeli Sering Ngawur saat Menawar

      Penjualan bendera dan umbul-umbul di Klaten menjelang HUT Kemerdekaan RI tahun 2022 dinilai sepi.

      7.000-an Unit Rumah Subsidi akan Dibangun di Boyolali, Wilayah Mana?

      Di Boyolali akan dibangun lebih dari 7.000 rumah bersubsidi. Rumah tersebut akan tersebar di sejumlah kecamatan.

      The Alien Buka Konser Dream Theater Buka Konser di Stadion Manahan Solo

      Dream Theater membuka konser di area parkir Stadion Manahan Solo pada Rabu (10/8/2022) pukul 20.00 WIB dengan lagu berjudul The Alien.

      Ini Kisah Unik Joko Tingkir dan Perahu Peninggalannya di Sragen

      Makam Joko Tingkir menjadi salah satu tempat di Sragen yang banyak dikunjungi peziarah. Peninggalannya yang berupa bongkahan kayu bekas perahunya pun masih menjadi daya tarik pengunjung untuk datang.

      5 Desa Ini akan Dilintasi Pipa Transmisi Bendungan Pidekso Wonogiri

      Proyek pembangunan intake dan pipa transmisi air baku Bendungan Pidekso Wonogiri sudah dalam tahap pengerjaan fisik.

      Kreatif! Warga Ampel Boyolali Bikin Tulisan Penyemangat di Pagar

      Saat memasang umbul-umbul sudah sangat mainstream, warga RT 01/RW 07, Dusun Tumpak, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali punya cara lain untuk menghiasi lingkungan mereka di momentum HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini.

      Hasil Tangkapan Ikan di WGM Wonogiri Terus Menurun, Nelayan: Tak Lazim!

      Hingga pekan kedua Agustus 2022, ikan hasil tangkapan nelayan di Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri masih minim.

      Lomba Lari Sangirun 2022 Bakal Beda dan Lebih Menarik, Catat Jadwalnya

      Kemendikbudristek menjanjikan ada yang beda pada lomba lari Sangirun 2022 ini. Selain itu jumlah pesertanya ditambah lebih dari dua kali lipat.

      Mentan Datang Lagi ke Gondangrejo Karanganyar

      Mentan Syahrul Yasin Limpo kembali mendatangi Desa Sejosari, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar untuk mengecek persiapan acara penanaman kelapa gajah besok Kamis (11/8/2022). Rencananya acara itu dihadiri Presiden Jokowi meski belum bisa dipastikan.

      Viaduk Gilingan Solo Diperbaiki, Warga Curhat Pusingnya Cari Jalan

      Rencana perbaikan viaduk Gilingan di Jl Ahmad Yani, Banjarsari, Solo, yang berdampak pada penutupan jalan membuat warga pusing mencari jalan alternatif.

      Ambrol Maret 2022, Jembatan Kadirejo Klaten Mulai Diperbaiki

      Jembatan Kadirejo, Kecamatan Karanganom, Klaten akhirnya mulai dibangun. Pembangunan ditargetkan rampung pada Desember 2022.

      Pembebasan Lahan Underpass Joglo Solo Rp400 Miliar, Apa Saja yang Kena?

      Anggaran pembebasan lahan untuk penataan kawasan dan underpass di Simpang Joglo, Solo, disiapkan senilai Rp400 miliar.

      Naga Baruklinting, Seni Rupa, dan Pelestarian Lingkungan

      Seni dan budaya—lebih khusus lagi pameran seni rupa—bisa diberdayakan untuk menggugah kembali kesadaran menjaga lingkungan demi kesinambungan kehidupan.