SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jon Koplo dan Lady Cempluk adalah pasangan wira usahawan kuliner. Warga Sunggingan, Boyolali, ini punya usaha kecil berupa pembuatan makanan tradisional seperti, serabi, bolu kukus, onde-onde dan sejenisnya. Makanan  buatan mereka terkenal enak karena dimasak dengan bahan bakar sabut kelapa, bukan kompor gas atau minyak tanah, sehingga rasanya memang khas. Hampir setiap hari mereka membeli sabut kelapa pada Tom Gembus, langganannya yang memang  juragan krambil.

Ada satu kebiasaan buruk Jon Koplo yang sulit dihilangkan, yaitu ngrokok-nya tiada henti. Nglepus kaya sepur kluthuk. Ke mana-mana mulutnya selalu kemebul, termasuk ketika membeli sabut kelapa di tempat Tom Gembus beberapa waktu lalu. Pulangnya, sambil nggenjot sepeda berisi sabut kelapa di bronjongnya, Koplo tetap klepas-klepus menikmati rokok di sepanjang perjalanan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketika rokok habis, dengan cueknya Koplo pun membuang tegesan-nya ke belakang …mak berrr… begitu bunyinya.

Ekspedisi Mudik 2024

Tapi celakanya, puntung rokok itu bukannya jatuh di jalan melainkan mampir di bronjongnya yang penuh dengan sabut kelapa. Ya, keruan saja si api pun mendapat tempat yang layak untuk berkembang biak. Ditambah tiupan angin seiring laju sepeda, si jago merah makin membesar tanpa diketahui Jon Koplo. Koplo baru menyadari keadaannya ketika berpapasan dengan Gendhuk Nicole, tetangganya. “Pak Koplooo… Bronjongmu kobooong…!” teriaknya.

Koplo baru menoleh ke belakang dan badalaaa…!!! Buru-buru ia mematikan api dengan air selokan. Beruntung, sebagian sabut kelapanya masih bisa diselamatkan. Yang tidak beruntung, sampai di rumah ia diomeli istrinya lantaran sembrono dan teledor.

 

Muhammad Sopan Santoso, RT 003/RW 006, Sumber, Banjarasri, Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya