Brondong dan Montok, Nama Desa-Kecamatan di Jatim Bikin Kepikiran yang Lain
Desa Malingmati (Instagram/@khofifah.ip)

Solopos.com, SURABAYA -- Nama merupakan label yang diberikan kepada manusia, tempat, produk, maupun benda. Hal ini bertujuan agar bisa membedakan satu dengan lainnya.

Namun, ada nama-nama desa dan kecamatan di Jawa Timur (Jatim) yang terbilang unik bahkan bisa membuat siapa pun tertawa melihatnya. Nama-nama itu memang bukan nama baru, namun menarik perhatian saat akun Instagram resmi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membagikannya.

Malas Bikin Karya Ilmiah, Sejumlah Guru PNS di Solo Pasrah Tak Naik Pangkat

Di akun Instagram @khofifah.ip, Selasa (3/12/2019), pengelola akun mengunggah enam nama desa dan kecamatan yang terbilang unik di Jatim. Lalu, apa saja enam daerah tersebut?

1) Desa Malingmati

Desa ini terletak di Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro. Nama unik ini membuat salah satu netizen pengguna akun @kristianiasihpratiwi berkomentar bahwa maling tak ada yang berani masuk ke wilayah tersebut.

Magnet Wisata Solo Ditarget Tarik Lebih dari 5 Juta Turis pada 2020

"Dijamin malingnya nggak msuk lewat situ," beber pengguna akun @kristianiasihpratiwi.

2) Desa Gelap

Nama desa yang unik ini berlokasi di Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan. Nama desa yang terletak di bagian barat Lamongan ini membuat salah satu netizen pengguna akun @in_elf penasaran dengan sejarahnya nama "Gelap" itu.

Kamar Rumah Warga Tanon Sragen Terbakar Gara-Gara Puntung Rokok

"Jadi penasaran sama sejarah nama SD Negeri Gelap. Maybe [mungkin] PLN kurang kerja maksimal nih. Padahal pemerintah optimis membawa Indonesia ke arah yg lebih baik," kata @in_elf.

3) Desa Montok

Desa Montok terletak di Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan. Ada makam tokoh legenda Jaka Tarub di desa ini. Selain itu, ada objek Wisata Pantai Talang Siring Pamekasan yang menjadi primadona warga setempat.

Pengamat Intelijen Ungkap Teror Sangat Berpotensi Terjadi di Awal 2020

4) Desa Gadungan

Nama desa unik nan menggelitik ini ternyata berlokasi di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Netizen pengguna akun @rositakhadijah tak bisa menahan tawa ketika melihat nama Desa Gadungan. "Slide 4 [Gadungan], hahahaha aspal."

Tega! Suami Tinggalkan Istri Karena Anaknya Lahir Cacat

5) Desa Sumberdukun

Desa yang berlokasi di Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, ini membuat orang lain yang membacanya akan mengartikan desa tersebut banyak terdapat dukun. Namun, ternyata nama Desa Sumberdukun berasal dari kisah seorang dukun yang sering membantu perempuan melahirkan menemukan sumber mata air.

Dirangkum Solopos.com dari berbagai sumber, pada dahulu kala, desa tersebut memang dikenal dengan daerah yang kesulitan air. Tapi, karena jasa dukun bayi, sumber mata air dapat ditemukan setelah digali olehnya.

Lahan Menipis, Produksi Pertanian Jateng Justru Naik, Ini Pemicunya…

6) Kecamatan Brondong

Kecamatan ini terletak di Kabupaten Lamongan. Nama unik ini membuat netizen ramai berkomentar. Ada salah satu netizen pengguna akun @sevanovfelix menduga Camat Brondong masih muda.

"Wadawww. yang slide terakhir [Kecamatan Brondong] berarti camatnya masih muda dong. Kan brondong Bu," ucap @sevanovfelix ke Khofifah.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom