Brokoli, Pengganti Nutrisi Pereda Nyeri Lambung

 Ilustrasi brokoli (JIBI/Dok)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi brokoli (JIBI/Dok)

ilustrasi

Brokoli ternyata mengandung nutrisi tinggi. Sayuran hijau turunan kubis-kubisan ini memiliki kandungan vitamin C tinggi juga vitamin A dan antiokdisan untuk mengembalikan lambung yang nyeri.

Sayuran yang mirip dengan kembang kol ini dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh, salah satunya mengatasi masalah kesehatan lambung. Konsultan Gizi Jogja, Nurwanti menyampaikan, sayuran bernama latin Brassica oleracea menjadi teman yang baik bagi pemilik masalah lambung.

“Brokoli mengandung serat yang dapat mencegah timbulnya sembelit,” katanya, Sabtu (9/6).

Menurut Nurwanti, dari sisi gizi, brokoli mengandung nutrisi, fivonoid, dan serat. Diketahui, serat dibutuhkan tubuh untuk memperlancar proses pencernaan. Dengan kandungan gizi yang ada, brokoli juga baik dikonsumsi untuk menekan risiko gangguan pencernaan misalnya maag dan infeksi lambung.

Dijelaskannya, dalam penelitian kandungan nutrisi brokoli di Jepang, para ahli menemukan fakta mengonsumsi 70 gram brokoli segar setiap hari selama dua bulan dapat melindungi menusia dari bakteri perut yang terkait penyakit maag, infeksi lambung, hingga kanker perut. “Brokoli memiliki sulforaphane, zat yang baik untuk keseimbangan lambung,” lanjutnya.

Mengonsumsi brokoli untuk kesehatan tidak semudah hanya memilih, mengolah, dan memakannya saja. Brokoli yang bermanfaat yakni brokoli segar dengan warna hijau yang gelap. Selain itu, selama ini tampak bermacam-macam tekstur brokoli, ada yang rapat dengan tekstur halus dan longgar dengan tekstur kasar. “Yang hijau segar gelap dan bertekstur kasar yang memiliki gizi baik,” kata Nurwanti.

Konsumen home care nutrition, Agustin mengatakan, sebelumnya mengonsumsi brokoli untuk pelengkap dalam masakan atau lalapan saja. “Sejak tahu ada manfaatnya sekarang banyak makan brokoli dengan macam-macam versi,” katanya di Gondokusuman, Minggu (10/6).

Bermacam versi konsumsi yang dimaksud yakni cara olah brokoli yang beragam sehingga tidak membosankan. Beberapa cara untuk mengonsumsi brokoli yang disebutnya antara lain dengan dikonsumsi langsung tanpa diolah. Konsumsi langsung selain digunakan sebagai lalapan bisa juga untuk campuran salad dipadu dengan sayuran lainnya.

Adapun untuk brokoli yang dikonsumsi anak-anak bisa dengan direbus atau kukus setengah matang dan dimakan dengan saus, atau digoreng dengan tepung untuk lauk. “Baiknya kalau dikukus jangan lebih dari lima menit karena kandungan gizinya justru akan hilang,” katanya.

Dari pengalaman berkonsultasi gizi, Agustin mengatakan, sebelum dikonsumsi sebaiknya brokoli dicuci dengan air dingin mengalir dan tidak direndam. Soalnya, jika brokoli dicuci dengan cara direndam akan melarutkan zat yang terkandung dalam sayuran itu.


Berita Terkait

Berita Terkini

KPK Gelar Kasus OTT Bupati Musi Banyuasin dan Barang Bukti Uang Suap

Kasus dugaan suap proyek infrastruktur di Kabupaten Musi Banyuasin 

Cerita Gibran 5 Hari Tersesat di Alam Gaib

Kisah misteri kali ini menceritakan pengalaman Gibran yang hilang selama lima hari dan tersesat di alam gaib kawasan Gunung Guntur.

Begini Kerusakan Akibat Gempa Berkekuatan Magnitudo 4,8 di Bali

Tiga orang meninggal dunia serta tujuh orang juga mengalami patah tulang

China Rebut Piala Uber Seusai Tundukkan Jepang 3-1

Tim China berhasil menundukkan Jepang pada final Piala Uber 2020 dalam finla yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Alasan Kiwil Poligami: Istri Kayak Mobil

Kiwil blak-blakan tentang alasannya poligami dan menganalogikan istri seperti mobil.

40% Populasi Dunia Tak Mendapat Akses ke Makanan Sehat

Makanan yang kita pilih dan cara kita memproduksi, menyiapkan, memasak, dan menyimpan menjadikan kita bagian yang tak terlepas dari sistem pertanian pangan.

10 Berita Terpopuler: Peraih Emas Terbanyak PON - Tragedi Susur Sungai

Ulasan tentang Adinda peraih terbaik ajang PON Papua dalam tangan masih tertanam pen menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (17/10/2021).

Sah! Putri Bill Gates Nikah Islami dengan Nassar, Mualaf?

Putri Bill Gates menikah secara islami dengan kekasihnya, Nayel Nassar, yang berasal dari Mesir setelah sekian lama bertunangan.

Ratusan Penerima PKH di Klaten Ternyata Punya Mobil hingga Rumah Mewah

Sedikitnya 250 keluarga penerima manfaat (KPM) di Klaten diusulkan segera dinonaktifkan dari program keluarga harapan (PKH).

Asale Pusat Olahraga Terpadu di Sukoharjo Jadi Gedung Budi Sasono

Pemkab Sukoharjo berencana membangun gedung pertemuan Budi Sasono berkapasitas sekitar 2.500 orang.

Indonesia ke Final Piala Thomas, Fajar/Rian Termotivasi Kemenangan Jojo

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengungkap kemenangan yang diraih oleh Jonatan Christie (Jojo).

Tampil Dominan, Manchester City Tundukkan Burnley 2-0

Manchester City raih kemenangan meyakinkan 2-0 atas Burnley dalam lanjutan Liga Inggris pekan kedelapan di Etihad Stadium.

Susah Payah, Chelsea Hanya Menang Tipis 1-0 di Markas Brentford

Chelsea menang susah payah 1-0 saat bertamu ke Brentford dalam lanjutan pekan kedelapan Liga Inggris di Community Stadium.

Leicester Menang Meyakinkan 4-2 Saat Menjamu Manchester United

Manchester United takluk di kandang Leicester dengan skor 2-4 dalam lanjutan Liga Inggris pekan kedelapan di King Power Stadium.

Liverpool Bekuk Watford 5-0, Firmino Sumbang Trigol

Liverpool menang besar saat membantai Watford 5-0 dalam lanjutan Liga Inggris pekan kedelapan di Vicatage Road Stadion..