Brigita Manohara  Bekali Public Speaking Maba FP UNS
Brigita Manohara (tvonenews)

Solopos.com, SOLO— Presenter senior Brigita Manohara tampil menjadi pemateri dalam Achievement Motivation Training (AMT) untuk mahasiswa baru Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Minggu (20/9/2020). Pembawa berita tvOne ini memberikan materi public speaking secara virtual kepada 800 mahasiswa baru.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FP UNS, Dr. Agung Wibowo menjelaskan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan tips public speaking kepada mahasiswa baru. Diharapkan mahasiswa memiliki kepercayaan diri sejak dini.

Brigita memberikan tips enam poin penting dalam melakukan presentasi, yakni singkat, tepat, padat, memikat, jelas, dan bermartabat. Enam poin itu harus dilandasi 3T, yakni teratur, terstruktur, dan terukur.

Ini 3 Langkah Bijak Hadapi Kecanduan Medsos

“Mengutip John Kennedy, ‘Public speaking adalah seni menipiskan ide dua menit dengan kosakata dua jam’,” kata Manohara dalam rilis FP UNS kepada Solopos.com, Minggu malam.

Pada kesempatan tersebut Brigita menguraikan tentang tipe public speaking yakni pidato yang menginformasikan (menjelaskan, melaporkan, mendeskripsikan, memperjelas, mendefinisikan), pidato yang meyakinkan, dan pidato yang sifatnya menghibur.

Agung menegaskan AMT merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun dalam menyambut mahasiswa baru. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari di lingkungan kampus.

Kemenkes: 3 RS Jateng Siap Tangani Covid-19!

“Namun karena kondisi tahun ini tidak memungkinkan di kampus acara diselenggarakan secara daring.,” kata Agung.

Kegiatan AMT selain membekali mahasiswa baru juga sebagai ajang kreativitas organisasi mahasiswa di lingkungan FP UNS. Menurut Agung, trainer AMT diseleksi dan dibekali oleh Tim Career Development Center FP UNS melalui kegiatan X Factor for Extraordinary Trainer.

Dampak Positif Covid-19: Kasus Perceraian Turun 37% Selama Pandemi Covid-19



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom