Bridge Fountain Bikin Pesona Semarang Tak Kalah dari Korea Selatan
Pertunjukan Semarang Bridge Fountain di Jembatan Banjir Kanal Barat. (Instagram-wisatasemarang)

Solopos.com, SEMARANG — Bagi para pencinta K-pop, kini tidak perlu jauh-jauh terbang ke negeri ginseng untuk melihat bridge fountain. Semarang kini punya jembatan dengan air mancur menari seperti juga Jembatan Banpo di Sungai Han, Korea Selatan.

Seperti yang dihimpun Semarangpos.com dari berbagai sumber, Semarang Bridge Fountain adalah air mancur menari pertama di Indonesia yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Pertunjukan dancing fountain yang indah itu bisa ditemui di Jembatan Kanal Banjir Barat yang tetap saja salah kaprah disebut Banjir Kanal Barat itu. Air dengan berbagai warna akan menari di sepanjang tepi kanan dan kiri jembatan.

Ascarya Journalistic Club UKSW ke Solopos demi Kreatif dan Kritis

Padahal sebelum ada bridge fountain, Jembatan Banjir Kanal Barat hanya sebuah jembatan penyebarangan biasa. Sepanjang jembatan itu hanya diterangi lampu jalan biasa.

Berasal dari bahasa Belanda yang artinya saluran banjir, Banjir Kanal Barat dulunya bernama "Bandjirkanaal". Sistem drainase pertama di Semarang yang beroperasi pada 23 Januari 1879.

Sekarang, jembatan tersebut disulap sedemikian rupa oleh pihak Pemerintah Kota Semarang. Jembatan Banjir Kanal Barat jadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kota Semarang.

Warga Demo di Balai Kota Semarang Tolak IMB Gereja

Dengan durasi sekitar 30 menit, gemerlap warna-warni air mancur yang dinamai Moonlight Rainbow Fountain itu akan menari dengan iringan beberapa lagu. Tak lupa, lagu khas Kota Semarang juga dimasukkan ke dalam list lagu yang akan diputar saat pertunjukan air mancur berlangsung.

Tahun Baru 2018

Hal itu diharapkan untuk memupuk rasa cinta masyarakat kepada Kota Semarang.  Pertunjukan Semarang Bridge Fountain itu diresmikan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat Malam Tahun Baru, 31 Desember 2018 silam.

Semarang Bridge Fountain hanya dimainkan setiap weekend saja. Tepatnya, pada hari Jumat dan Sabtu, para pengunjung bisa melihat pertunjukan yang megah itu.

Kecelakaan Maut Truk Trailer Tabrak 6 Motor di Semarang, Balita Tewas

Tidak usah khawatir ketinggalan menyaksikan penampilan air mancur menari, karena bridge fountain akan dimainkan dua kali. Pertunjukan pertama mulai pukul 19.30 hingga 20.00 WIB. Sedangkan penampilan yang kedua, dimulai pada pukul 21.00 sampai 21.30 WIB

Bukan hanya itu, para pengunjung juga bisa menyaksikan festival yang diadakan di sekitar area Jembatan Banjir Kanal Barat. Seperti festival lampion dan perahu hias.

Nantinya, perahu-perahu hias tersebut akan berlayar di sekitar sungai Jembatan Banjir Kanal Barat dengan lampu-lampu yang menghiasi sehingga menambah kesan aesthetic. (Dhina Cantya/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho