BRI Terbitkan Green Bond, Catat Tanggal Penawaran Perdananya

Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan hasil penghimpunan dana akan digunakan sesuai ketentuan POJK60/2017 tentang Penerbitan dan Persyaratan Efek Bersifat Utang Berwawasan Lingkungan (green bond).

 Terbitkan green bond Rp5 triliun, BRI tegaskan sebagai market leader ESG company di Indonesia. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Terbitkan green bond Rp5 triliun, BRI tegaskan sebagai market leader ESG company di Indonesia. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA-PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk  menerbitkan Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan (green bond) I Bank BRI dengan menargetkan penghimpunan dana senilai Rp15 triliun, dengan jumlah emisi tahap I di tahun 2022 sebanyak-banyaknya Rp5 triliun.  Emiten berkode saham BBRI ini tegaskan komitmen dalam penerapan Keuangan Berkelanjutan di Indonesia.

Hingga Maret 2022, BRI telah memberikan pembiayaan kepada kegiatan usaha yang berkelanjutan mencapai Rp639,9 triliun atau setara dengan 65,6% dari total pinjaman. Jumlah tersebut meningkat 13,4% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 yang sebesar Rp564,0 triliun atau dengan proporsi 62,9% dari total pinjaman.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Direktur Utama BRI Sunarso di Jakarta pada Rabu (22/6/2022), menjelaskan hasil penghimpunan dana akan digunakan sesuai ketentuan POJK60/2017 tentang Penerbitan dan Persyaratan Efek Bersifat Utang Berwawasan Lingkungan (green bond). dengan mengalokasikan paling sedikit 70% untuk kegiatan usaha dan/atau kegiatan lain yang termasuk dalam kriteria Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL) yang baru, sedang berjalan atau telah selesai sesuai dengan Kerangka Kerja Obligasi.

Baca Juga: Angkat UMKM Lokal, BRI Raih Penghargaan Omni Brands of The Year 2022

“Jaminan dari Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan I Bank BRI Tahap I Tahun 2022 tersebut adalah Clean Basis dan memiliki tenor 370 hari, 3 tahun dan 5 tahun, dengan tingkat sukubunga yang belum ditentukan namun akan dibayarkan secara triwulanan dengan perhitungan 30/360. PT Pemeringkat Efek Indonesia [Pefindo] telah memberikan peringkat idAAA kepada BRI Green Bond tersebut,” imbuh Sunarso dalam siaran pers yang diterima Solopos.com pada Kamis (23/5/2022).

Sementara itu sektor KUBL yang akan menjadi sasaran Obligasi Berwawasan Lingkungan BRI meliputi energi terbarukan, efisiensi energi, pencegahan dan pengendalian polusi, pengelolaan SDA dan penggunaan lahan yang berkelanjutan, konservasi keanekaragaman hayati darat dan air, transportasi ramah lingkungan, pengelolaan air dan limbah berkelanjutan, adaptasi perubahan iklim, produk yang dapat mengurangi penggunaan sumber daya dan menghasilkan lebih sedikit polusi, bangunan berwawasan lingkungan serta kegiatan usaha dan/atau kegiatan lain yang berwawasan lingkungan lainnya.

Baca Juga:  BRIFast Remittance Solusi Pengiriman Uang bagi Pekerja Migran Indonesia

Bertindak sebagai Penjamin Pelaksana dalam emisi green bond tersebut adalah PT BRI Danareksa Sekuritas, PT Bahana Sekuritas, PT BCA Sekuritas, PT BNI Sekuritas, PT Indo Premier Sekuritas dan PT Mandiri Sekuritas. Berikut adalah perkiraan periode Penawaran awal hingga listing di PT Bursa Efek Indonesia:

Tanggal Penawaran Awal : 23 Juni s.d. selambat-lambatnya 1 Juli 2022
Tanggal Pernyataan Efektif : 12 Juli 2022
Tanggal Penawaran Umum : 14-15 Juli 2022
Tanggal penjatahan : 18 Juli 2022
Tanggal pembayaran dari investor : 19 Juli 2022
Tanggal distribusi obligasi : 20 juli 2022
Tanggal Pencatatan : 21 Juli 2022

Seiring dengan komitmen Pemerintah Indonesia kepada dunia internasional dalam mendukung sustainable finance yang bermitigasi atau beradaptasi terhadap perubahan iklim, BRI juga memiliki komitmen yang tinggi terhadap Roadmap Keuangan Berkelanjutan dan bertekad menjaga dan meningkatkan kelestarian lingkungan hidup. Komitmen BRI yang tinggi terhadap ESG tersebut dibuktikan dengan meningkatkan jumlah pembiayaan dan proporsi kredit yang disalurkan untuk kegiatan usaha yang berkelanjutan.

Baca Juga: 23 UMKM Binaan BRI Diboyong ke Meksiko, Langsung Deal Besar-Besaran

“Melalui penerbitan green bond ini semakin mengukuhkan posisi BRI sebagai market leader penerapan ESG di Indonesia. ESG ini memiliki peranan penting untuk mendukung sustainability ataupun keberlanjutan kehidupan manusia serta mendorong tingkat kemakmuran ataupun prosperity. Di samping itu, BRI melihat bahwa pelaku usaha segmen UMKM yang merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia ini memegang peranan penting dalam penerapan prinsip-prinsip ESG, terutama di masa sekarang dan masa depan. Oleh karena itu, menjadi hal yang krusial untuk memberikan edukasi dan meningkatkan awareness kepada para pelaku UMKM untuk memastikan keberlanjutan usaha mereka melalui penerapan prinsip-prinsip ESG,” beber Sunarso.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

+ PLUS Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Berita Terkini

Jokowi Tunjuk Airlangga Jadi Ketua Dewan Nasional KEK, Apa Tugasnya?

Airlangga Hartarto resmi menjadi Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus sesuai Keppres No. 10/2022.

Digitalisasi Layanan BRI Dongkrak Ekonomi Riil, Ini Buktinya

BRI punya proporsi nilai yang unik, yakni dengan mengusung konsep hybrid bank.

Duh, BBM Subsidi Sudah Over Kuota

Upaya untuk menekan penyaluran BBM bersubsidi sangat diperlukan agar over kuota pada tahun ini tidak terlalu lebar.

Taspen Siap Salurkan Gaji-13 untuk Pensiunan, Cek Jadwal Pencairannya

PT Taspen siap menyalurkan pembayaran gaji ke-13 bagi pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan, mulai 1 Juli 2022 sesuai dengan ketentuan berlaku.

Hari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Di Hari Keluarga Nasional, Tokopedia mengajak para orang tua untuk bisa menerapkan pola asuh yang tepat untuk anak.

Akhir Semester I/2022, Rupiah Hampir Tembus Rp15.000 Per Dolar AS

Indeks dolar AS pada pukul 15.10 WIB terpantau turut melemah 0,0510 poin atau 0,05% ke level 105,055.

Pendaftaran Aplikasi MyPertamina Hanya untuk Pemilik Roda 4

Pembukaan pendaftaran yang dilakukan di 11 daerah yang telah ditentukan tidak diperlukan untuk kendaraan roda dua.

Semakin Tergelincir, Berapa Harga Bitcoin Hari Ini?

Harga Bitcoin pada Kamis (30/6/2022) hari ini menyentuh ke level Rp288.562.098 atau US$19.361 berdasarkan pantuan di indodax.

Akhir Semester I/2022, IHSG Ditutup Melemah 6.919,33

Sepanjang perdagangan hari ini, IHSG bergerak pada rentang 6.897,67 - 6.990,86.

DPR: Perlu Pengawasan Ketat Penggunaan MyPertamina

Pengawasan ketat penggunaan aplikasi MyPertamina itu untuk mencegah terjadinya kebocoran BBM bersubsidi mengalir ke industri atau kelompok mampu.

Kemenko Perekonomian Goes to Campus Bahas Akses Permodalan UMKM

Acara Kemenko Perekonomian Goes to Campus di Universitas Negeri Yogyakarta ini diharapkan dapat semakin menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Konsumen Bisa Cetakan QR Code untuk Transaksi Beli Pertalite dan Solar

Pertamina Patra Niaga menyatakan selain dengan aplikasi MyPertamina, bisa menggunakan QR Code yang sudah dicetak dan dibawa fisiknya ke SPBU untuk membeli Pertalite dan Solar.

Kendalikan Penyebaran PMK, Pemerintah Percepat Vaksinasi Hewan Ternak

Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menangani dan mengendalikan kasus penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), 

Delegasi Pertemuan Kedua G20 Ikuti City Tour di Kota Solo

AstraMagz merupakan majalah internal Grup Astra yang berisi informasi tentang perkembangan bisnis dan informasi umum lainnya.

Antisipasi Laman MyPertamina Error, Ini Yang Dilakukan Pertamina

Pertamina Patra Niaga akan memperpanjang masa pendaftaran jika website erorr selama masa pendaftaran.