BRI Jadikan Kelompok Wanita Tani Hidroponik di Bali Jadi Percontohan

WT Kota Pala mendaftarkan diri, lalu pihak BRI memberikan bantuan dari CSR BRI Peduli.

 Kelompok Wanita Tani (KWT) Kota Pala yang berlokasi di Jalan Ratna, Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali menjadi salah satu bukti nyata CSR BRI membantu pemberdayaan kelompok perempuan. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Kelompok Wanita Tani (KWT) Kota Pala yang berlokasi di Jalan Ratna, Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali menjadi salah satu bukti nyata CSR BRI membantu pemberdayaan kelompok perempuan. (Istimewa)

Solopos.com, DENPASAR — Pemberdayaan menjadi kunci mengangkat peran perempuan agar mampu berkarya dan
berdikari.

Keterlibatan perempuan dalam berbagai bidang kehidupan memiliki banyak fungsi, seperti mencapai kesetaraan dalam segala bidang serta meningkatkan kapasitas perempuan untuk memperoleh akses terhadap sumber daya dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi perempuan, sehingga perempuan tersebut dapat lebih baik dalam bidang ekonomi, sosial, politik dan budaya.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Bukti nyata yang dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia yang ikut ambil bagian mewujudkan perempuan berdikari, melalui Bantuan Pemberdayaan Kelompok Perempuan. Bantuan program berupa pemberian pelatihan dan peralatan usaha bagi Komunitas Perempuan di satu wilayah.

Salah satu bukti nyata bantuan pemberdayaan kelompok perempuan BRI adalah Kelompok Wanita Tani (KWT) Kota Pala yang berlokasi di Jalan Ratna, Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali.

Baca Juga: KPR BRI Virtual Expo Banjir Peminat, Kredit Rumah Tembus Rp1 Triliun

KWT ini mendulang juara pertama program Bantuan Pemberdayaan Kelompok Perempuan BRI yang diikuti 18 KWT lain dari berbagai daerah di Indonesia.

Andriana, pendamping KWT Kota Pala, menceritakan bahwa KWT Kota Pala berdiri resmi pada 2019 dan fokus pada pemenuhan ketahanan pangan. Keterbatasan lahan di Desa Dajan Peken juga jadi pertimbangan.

BRI Jadikan Kelompok Wanita Tani Hidroponik di Bali Jadi Percontohan
Kelompok Wanita Tani (KWT) Kota Pala yang berlokasi di Jalan Ratna, Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali menjadi salah satu bukti nyata CSR BRI membantu pemberdayaan kelompok perempuan. (Istimewa)

“Walaupun hidup di lingkungan urban dengan daerah perkotaan yang sudah padat dengan bangunan dan penduduk tapi kita tetap bisa bertani. Saya menginisiasi hidroponik supaya ibu-ibu di sini walaupun tidak punya lahan dan nggak punya halaman namun tetap dapat bisa bercocok tanam,” kata Andriana.

Seiring berjalannya waktu, jumlah anggota KWT Kota Pala terus bertambah menjadi 25 orang. Para anggota memiliki tugas masing-masing.

Sebanyak 6 orang mengurusi bagian produksi, produk turunan dari tanaman hidroponik seperti bayam, pokcoy, dan sebagainya. Sementara sisanya bertugas merawat kebun.

Baca Juga:  3 Taman Dibangun Pakai Dana CSR BRI, BPJS Ketenagakerjaan, dan Pertamina

Andriana mendengar kabar bahwa BRI pernah memberikan bantuan kepada kelompok wanita di daerah perkotaan, berupa sarana dan prasarana urban farming. Dari sini, KWT Kota Pala mendaftarkan diri, lalu pihak BRI memberikan bantuan dari CSR BRI Peduli.

“Kami membangun green house dan lokasi tanah berada di fasilitas umum ya. Jadi kami membangunnya di samping kantor di halaman kantor desa. Selain itu kami juga ada vertical culture jadi tanamannya kami atur ke atas untuk menghemat lahan,” ucapnya.

Perempuan berusia 39 tahun ini mengaku senang karena KWT Kota Pala kemudian menjadi percontohan bagi warga sekitar. Bercocok tanam itu tidak melulu harus memiliki lahan yang luas.

Tanah yang sempit pun masih bisa menghasilkan pangan melalui teknik hidroponik yang bebas pestisida.

Bantuan Lanjutan BRI

Melihat perkembangan KWT Kota Pala yang cukup baik, BRI memberikan bantuan tahap kedua untuk pengembangan industri inkubasi bisnis. Sebesar 30% dana digunakan untuk workshop inkubasi bisnis, sedangkan 70% untuk pengadaan alat-alat produksi makanan.

Tak hanya itu, BRI menjadikan KWT Kota Pala sebagai klaster. KWT Kota Pala mendapatkan pendampingan langsung serta dibina secara industri ekonominya berupa konsultasi penentuan harga eceran tertinggi (HET) untuk produk turunan.

Baca Juga: CSR BANK: BRI Syariah Hijaukan Hutan di Wonogiri

“Kami dijadikan klaster oleh BRI, dengan pendampingan dari BRI, kita dibantu dari aspek industri ekonominya berupa konsultasi HET untuk produk turunan yang kami buat,” katanya.

Manfaat lain yang didapatkan KWT Kota Pala dari BRI, yakni para anggota yang berjumlah 25 orang tersebut bisa mengajukan kredit maksimal Rp10 juta hanya dengan bunga 3% per tahun tanpa jaminan.

Andriana berharap, ke depannya KWT Kota Pala bisa menginspirasi warga sekitar dan masyarakat secara luas.

“Berharap bisa menginspirasi ke warga desa kami, sesuatu yang kami kerjakan dengan tulus pasti akan mendapatkan hasil yang tidak pernah kita sangka sebelumnya, kami tidak menyangka bisa mendapat bantuan dari BRI sebanyak dua kali dan menjadi juara nasional,” tutup Andriana.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kerusuhan Babarsari Gotham City, Buah Masyarakat Multietnis

+ PLUS Kerusuhan Babarsari Gotham City, Buah Masyarakat Multietnis

Tawuran yang terjadi di Kawasan Babarsari, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Sleman, DIY, Jogja, Senin (4/7/2022) hingga berjuluk Gotham City tak lepas dari situasi sosial masyarakat yang multietnis atau heterogen.

Berita Terkini

Tangkal Peserta Nunggak Bayar Iuran, Ini Jurus BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan kini tak terlalu dipusingkan dengan tunggakan iuran peserta setelah merasakan dampak positif berbagai inisiatif untuk mendongkrak persentase pengumpulan iuran alias tingkat kolektibilitas.

Aset DJS Capai Rp38,7 Triliun, BPJS Kesehatan Raih Predikat WTM ke-30

BPJS Kesehatan mendapatkan predikat Wajar Tanpa Modifikasi (WTM) untuk laporan keuangan tahun 2021. Dana Jaminan Sosial (DJS) di tahun 2021 juga telah dinyatakan positif.

Produk Pertanian Wonogiri dan Boyolali Siap Masuk Syariah Hotel Solo

Untuk menguatkan kerja sama tersebut, dua kelompok tani dari wilayah Soloraya sudah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Syariah Hotel Solo.

Apresiasi Pelanggan, The Sunan Hotel Solo Gelar Networking Lunch

The Sunan Hotel Solo kembali menggelar program loyalitas kepada pelanggan melalui program Networking Lunch.

Kepemimpinan BUMN Lebih Fokus dan Tuntas, BRI Tuai Kinerja Positif

Kepemimpinan Kementerian BUMN lebih fokus dan tuntas membuat kinerja BRI positif.

Keren! Difabel Rembang Ini Jadi Bos Makanan Ringan, Omzet Puluhan Juta

Pendampingan kepada difabel di Rembang yang menekuni bisnis UKM, sebagai bentuk dukungan dan komitmen Semen Gresik.

Astra Bagikan Ribuan Hewan Kurban Jelang Iduladha, Total Rp22,11 Miliar

Grup Astra membagikan ribuan ekor hewan kurban senilai miliaran rupiah menjelang Iduladha ke 34 provinsi di Indonesia.

Soal Tarif Naik, BPJS Kesehatan Masih Galau

BPJS Kesehatan hingga saat ini belum memutuskan mengenai penyesuaian tarif seiring dengan impelementasi kelas rawat inap standar (KRIS).

Fave Hotel Solo dan Unsa Solo Kerja Sama Dukung Program Merdeka Belajar

Dengan penandatanganan MoU tersebut, maka ke depannya akan ada program untuk pemagangan bagi para mahasiswa Unsa Solo yang ditempatkan di Fave Hotel Solo (Manahan Solo dan Solo Baru).

Pemerintah Siap Buka 1 Juta Lowongan, Cek Formasi CPNS dan PPPK 2022

Pemerintah akan kembali membuka lowongan untuk formasi CPNS dan PPPK 2022 dengan total kuota penerimaan sebanyak 1.086.128 orang.

Duh, Harga Cabai Merah Nyaris Tembus Rp100.000 Per Kilogram Di Jakarta

Data Info Pangan Jakarta per 5 Juli 2022 pukul 11.37 WIB, harga cabai merah keriting menyentuh Rp97.011 per kg dan cabai merah besar di angka Rp89.682 per kg.

Perkembangan Asuransi Syariah di Indonesia

Hal yang menarik dari asuransi syariah adalah konsepnya yang dapat diaplikasikan ke berbagai produk asuransi.

IHSG Melambung 1,53 Persen di Sesi I, Saham-Saham Ini Perkasa

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau menguat pada perdagangan Selasa (5/7/2022) hari ini pada sesi pertama.

Bantuan Subsidi Upah! Ini Syarat dan Cara Cek Nama Penerima BSU 2022

Seperti diketahui Pemerintah kembali menggulirkan BSU 2022 bagi karyawan yang memiliki upah dibawah Rp3,5 juta. Berikut ulasan link dan cara cek nama penerima BSU 2022.

BUMN Cetak Laba Rp126 Triliun dan Rasio Utang Menyusut, Ini Rahasianya

Erick Thohir mengaku akan terus mendorong rasio utang BUMN terus mengecil hingga tahun-tahun ke depan.