SOLOPOS.COM - Gedung BRI. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA-PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali melakukan aksi korporasi dengan melakukan akuisisiDanareksa Investment Management (DIM) pada Selasa (19/7/2022). Aksi korporasi emiten berkode saham BBRI ini sebagai upaya untuk mencapai visi The Most Valuable Bank in South East Asia dan Champion of Financial Inclusion.

BRI dan Danareksa melakukan penandatanganan Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (PJBS) dalam rangka pembelian saham Danareksa Investment Management (DIM) dari Danareksa dengan jumlah lembar saham sebesar 9 juta lembar atau setara dengan 30% dari total saham DIM (“Transaksi”).

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan proses akuisisi ini merupakan wujud komitmen BRI yang memiliki visi untuk menjadi perusahaan jasa keuangan terintegrasi. dengan salah satu upayanya adalah optimalisasi jasa manajemen investasi pada ekosistem BRI melalui Danareksa Investment Management.

Baca Juga: BRI Dorong Pelaku UMKM Ultra Mikro Berani Rambah Platform Digital

“Melalui transaksi ini, kepemilikan BRI pada DIM akan menjadi mayoritas sebesar 65% saham yang menyebabkan pengambilalihan atas DIM,” imbuhnya dalam keterangan yang diterima Solopos.com pada Kamis (21/7/2022).

Sunarso menambahkan transaksi masih bergantung pada pemenuhan syarat-syarat antara lain persetujuan sesuai ketentuan yang berlaku. “Kami berharap transaksi ini dapat difinalisasi pada Q3 2022,” imbuhnya.

Baca Juga: Raih Penghargaan Internasional, BRI Apresiasi Kontribusi Insan BRILiaN

Industri manajemen investasi di Indonesia diproyeksikan akan terus bertumbuh selama 5 tahun ke depan. Selain itu, tingkat pertumbuhan Asset Under Management (AUM) DIM tercatat lebih tinggi apabila dibandingkan dengan pertumbuhan pasar. Ke depannya, pengembangan DIM akan lebih difokuskan pada segmen ritel dengan menyediakan solusi jasa keuangan yang lengkap dan terintegrasi bagi nasabah BRI Group.

Baca Juga: Riset BRIN: Penyaluran KUR BRI Efektif Bantu UMKM Kembangkan Usaha

Saat ini, BRI sendiri telah memiliki 9 anak perusahaan yang tergabung dalam BRI Group, di antaranya Bank Raya, BRI Remittance, BRI Life, BRI Finance, BRI Danareksa Sekuritas, BRI Ventura, BRI Insurance, Pegadaian, dan Permodalan Nasional Madani (PNM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya