Brescia Promosi ke Seri-A Italia
Brescia (Twitter)

Solopos.com, BRESCIA — Brescia menjadi tim pertama yang memastikan promosi ke Seri-A musim depan setelah membekuk Ascoli dengan skor 1-0 di Mario Rigamonti, Kamis (2/5/2019) dini hari WIB. Ini kali pertama Rondinelle, julukan Brescia, kembali ke kasta tertinggi sejak 2010/2011.

Kemenangan tersebut mengokohkan Brescia di puncak klasemen sementara dengan 66 poin. Mereka unggul tiga angka dari Lecce di posisi kedua (63 poin), diikuti Palermo pada urutan tiga (59 poin). Sesuai regulasi, hanya dua tim teratas yang berhak lolos otomatis ke Seri-A musim depan.

Brescia yang unggul tujuh poin tidak bisa dikejar Palermo lagi. Sebab, Seri B hanya menyisakan dua pertandingan dengan maksimal enam angka. Satu tiket promosi tersisa akan diperebutkan tim peringkat tiga hingga delapan dengan sistem play-off.

Promosinya Brescia bisa dibilang membayar kegagalan pada musim 2012/2013. Saat itu mereka berpeluang naik kasta sebelum dibekuk Livorno di babak play-off. Pada 2015, Rondinelle mengalami fase kelam karena mengalami kebangkrutan dan nyaris didegradasi ke Seri-C. Beruntung Parma mengalami kebangkrutan lebih parah sehingga mereka batal terdegradasi.

Pelatih Brescia, Eugenio Corini, tampak amat emosional setelah membawa timnya kembali ke Seri-A. “Semua yang pernah merasakan promosi sebagai pemain tahu hal ini fantastis. Sebagai pelatih, saya merasa ini lebih emosional karena Anda punya tanggungjawab yang lebih besar,” ujar pelatih yang baru masuk di pekan keempat, menggantikan David Suazo, seperti dilansir Football Italia, Kamis.

Seri-A sejatinya bukan kompetisi asing untuk Brescia. Biancoazzurri, julukan lain Bresica, sempat menjalani 22 musim di kasta tertinggi dan menelurkan pemain legendaris seperti Andrea Pirlo, Roberto Baggio hingga Dario Hubner. Josep Guardiola juga sempat mengenakan seragam Rondinelle.

Kini Brescia memiliki skuat tak kalah wah dengan deretan pemain muda berbakat macam Sandro Tonali, Enrico Alfonso dan Daniel Gastaldello. Tonali yang beberapa waktu lalu dipanggil ke Timnas Italia bahkan diincar sejumlah klub top seperti AS Roma, AC Milan dan Liverpool.

Brescia juga memiliki Alfredo Donnarumma yang merupakan pencetak gol terbanyak Seri-A saat ini. Jika bisa mempertahankan skuat intinya, bukan tak mungkin Brescia bakal menjadi kuda hitam musim depan. 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom