SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Bregada Purboyo asal Kecamatan Berbah, Sleman terpilih menjadi wakil Provinsi DIY dalam Karnaval Keprajuritan Nusantara Nusantara 2011 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (23/10).

Selain mengikuti jalannya karnaval, 68 prajurit bregada dari Berbah itu juga akan menampilkan fragmen dengan judul Darmaning Satria Utama. Fragmen tersebut menggambarkan suasana perjuangan melawan kolonial Belanda pada masa kerajaan Mataram. Kepala Bidang Peninggalan Budaya dan Nilai

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tradisional Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman Aji Wulantoro menjelaskan, kontingen Bregada Purbaya yang akan diberangkatkan ke Jakarta itu benar-benar prajurit asli.

“Bregada yang mengusung nama Propinsi DIY itu benar-benar dipilih dari prajurit asli yang memang eksis. Jadi, bukan bentukan sesaat untuk sekadar mengikuti event tersebut,” ungkapnya, Senin (17/10) siang.

Namun demikian, lanjut Aji, kejuaraan bukanlah tujuan utama untuk mengikuti event tahunan itu. Sebab, yang terpenting adalah menanamkan makna perjuangan dan kewiraan para bregada itu kepada generasi berikutnya.

Karnaval Keprajuritan Nusantara itu merupakan ajang yang cukup strategis bagi upaya revitalisasi, pelestarian, dan peningkatan apresiasi dikalangan pelaku seni budaya maupun masyarakat luas. (HARIAN JOGJA/Dinda Leo Listy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya