SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Mano Menezes. JIBI/SOLOPOS/Reuters

SAO PAULO-Karier pelatih Timnas Brazil, Mano Menezes, berakhir tragis. Konfederasi Sepak Bola Brazil (CBF) memecat pelatih 52 tahun itu di sela-sela persiapan menghadapi Piala Dunia 2014 yang hanya tinggal 18 bulan.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Keputusan mengenai pemecatan Mano Menezes seperti diungkapkan Direktur Timnas Brazil, Andres Sanchez. Sanchez menyebutkan kebijakan itu sebagai keinginan Presiden  CBF, Jose Maria Marin, yang menghendaki adanya penyegaran di tubuh Timnas Brazil.

Sebelum dipecat, Menezes membawa Brazil meraih kemenangan di enam dari delapan pertandingan terakhir skuat Tim Samba. Sementara secara keseluruhan, suksesor Carlos Dunga tersebut mencatat 27 kemenangan, enam seri, dan tujuh kekalahan dari 40 laga.

“Saya tidak berpikir itu sebagai hasil yang negatif, dan jika itu persoalannya, barangkali dia sudah akan diberhentikan sejak tahun lalu,” ungkap Andrea Sanchez dalam sebuah pernyataan menyusul pemecatan Mano Menezes, dilansir Reuters, Sabtu (24/11).

“Saya tidak sepakat kami mengubah taktik dalam situasi sperti ini, tetapi saya tidak bisa melakukan apa-apa,” lanjut Sanchez yang mengaku tak setuju pemecatan koleganya itu.

Meski sempat beberapa kali meraih hasil tidak meyakinkan, eksperimen yang dilakukan Menezes di skuat Brazil sepertinya mulai menunjukkan hasil. Brazil meraih kemenangan telak 6-0 ketika melawan Irak, membantai Jepang 4-0 dan juga menang 3-0 dari Swedia.

Di sisi lain, Mano Menezes hanya pasrah atas keputusan yang dikeluarkan CBF itu. Dia juga masih berharap Tim Samba meraih sukses di Piala Dunia 2014 meski tanpa dirinya.

“Saya selalu berharap setiap keberhasilan Timnas Brazil untuk memenuhi harapan fans menang Piala Dunia untuk yang kali keenam ,” kata Menezes yang resmi jadi pengganti Dunga setelah Brazil tersingkir dari perempat final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Sementara setelah pemecatan itu, CBF menyatakan tak akan terburu-buru mencari pelatih baru. Suksesor Mano Menezes akan ditentukan Januari 2013 dengan Luis Felipe Scholari yang membawa Brazil juara di Piala Dunia 2002 sebagai salah satu kandidatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya