SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Johannesburg – Brazil berhasil lolos ke babak 16 besar setelah menang 3-1 atas Pantai Gading di laga keduanya. Raihan tiga poin Seleccao itu diwarnai kartu merah Kaka di akhir babak kedua.

Pada laga yang dihelat di Soccer City, Senin (21/6) dinihari WIB, Luis Fabiano jadi bintang kemenangan dengan torehan dua gol di babak pertama dan kedua. Sementara Elano mencetak gol Brasil lainnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dengan kemenangan ini Brazil kokoh di puncak Grup G dengan raihan enam poin dari dua laga berlalu. Hasil ini membawa tim asuhan Dunga itu lolos ke perdelapanfinal karena raihan poin mereka tak mungkin disamai oleh Pantai Gading dan posisi terburuknya adalah runner-up.

Sementara Pantai Gading tertahan di posisi ketiga dengan satu poin. Laga lain grup ini adalah Portugal Kontra Korea Utara Senin malam nanti.

Jalannya pertandingan

Baru 50 detik laga berjalan Brazil sudah mengancam gawang Pantai Gading. Diawali serangan balik Robinho yang memegang bola dan dari jarak sekitar 25 yard ia melepaskan tembakan keras yang masih melayang di atas mistar.

Brasil baru memperoleh peluang keduanya lagi pada menit ke-25 dan langsung berbuah gol. Kerjasama segitiga antara Fabiano, Robinho dan Kaka di depan kotak penalti. Nama terakhir pun melepaskan umpan terobosan ke Fabiano yang langsung melepaskan tembakan ke pojok atas kiri gawang Boubacar Barry.

Pantai Gading mendapat kesempatan pertamanya di menit ke-38 melalui tembakan Aruna Dindane dari luar kotak penalti namun masih tepat di pelukan Julio Cesar.

Lima menit setelah restart Brasil menggandakan keunggulan dan Fabiano kembali mencatatkan namanya di papan skor. Fabiano yang mendapat bola di kotak penalti melewati hadangan tiga bek Pantai Gading dan langsung melepaskan tembakan voli rendah yang tak kuasa ditahan Barry.

Namun dilihat dari tayangan ulang sebelum Fabiano memasuki kotak penalti, dalam duel udara bola terlihat menyentuh tangan Fabiano dan luput dari pengamatan wasit.

Dua menit setelah gol tersebut Pantai Gading langsung merespon dengan sebuah serangan. Crossing ke kotak penalti disambut tandukan Didier Drogba yang masih melebar di samping gawang Cesar.

Elano menambah keunggulan Brasil di menit ke-62. Diawali akselerasi Kaka di sayap kiri dan sambil dikawal satu pemain dia melepaskan crossing datar ke kotak penalti. Sambil berlari Elano menyambut bola dan jebollah gawang Barry untuk ketiga kalinya.

Drogba! Pantai Gading akhirnya mampu mencetak gol dan memperkecil ketertinggalan jadi 1-3 di menit ke-79. Drogba yang lolos dari jebakan offside dengan mudah menanduk bola hasil crossing Yaya Toure menembus jala Cesar.

Kaka pada menit ke-88 diusir karena menerima kartu kuning kedua akibat diklaim menyikut Kader Keita. Namun dalam tayangan ulang sebenarnya Keita-lah yang menabrakan diri ke Kaka saat pemain Brasil itu tengah berjalan dan meringis saat jatuh.

Susunan Pemain

Brasil: 1-Julio Cesar; 2-Maicon, 3-Lucio, 4-Juan, 6-Michel Bastos, 5-Felipe Melo, 8-Gilberto Silva, 7-Elano (15-Dani Alves 66′), 10-Kaka, 11-Robinho (18-Ramires 92′), 9-Luis Fabiano.

Pantai Gading: 1-Boubacar Barry; 21-Emmanuel Eboue, 4-Kolo Toure, 20-Guy Demel, 17-Siaka Tiene, 5-Didier Zokora, 19-Yaya Toure, 9-Cheik Tiote, 8-Salomon Kalou (18-Kader Keita 67′), 11-Didier Drogba, 15-Aruna Dindane (10-Gervinho 53′).

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya