Brati Grobogan Masih Banjir, Kades Lemahputih Usulkan Sudetan Sungai

Banjir yang melanda Desa Lemahputih, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, hingga Selasa (7/12/2021) belum surut. Jumlah rumah dan sawah terdampak bertambah.

 Sekdes Lemahputih Darja menunjukan Kantor Desa Lemahputih yang masih terendam banjir, Selasa (7/12/2021). (Arif Fajar S)

SOLOPOS.COM - Sekdes Lemahputih Darja menunjukan Kantor Desa Lemahputih yang masih terendam banjir, Selasa (7/12/2021). (Arif Fajar S)

Solopos.com, PURWODADI – Banjir yang melanda Desa Lemahputih, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, hingga Selasa (7/12/2021) belum surut. Bahkan jumlah rumah dan areal sawah yang terdampak, berdasar pendataan pihak desa malah bertambah.

Kepala Desa Lemahputih, Hartoyo mengatakan pada awal pendataan diperkirakan rumah warga yang terdampak mencapai 150 rumah berada di tiga dusun. Yakni di Dusun Mlakas, Dusun Lemahputih dan Dusun Kepuhrubuh.

“Iya pendataan awal ada 150 rumah yang terendam banjir di tiga dusun di Desa Lemahputih. Namun setelah dilakukan pendataan ulang, jumlahnya mencapai 208 rumah,” jelas Kades Lemahputih, Hartoyo kepada wartawan, Selasa(7/12).

Baca juga: Dua Nelayan Hilang di Perairan Mandalika Jepara, Pencarian Dilakukan

Selain rumah warga, lanjut Hartoyo, akibat banjir yang belum surut dan hujan yang kembali mengguyur Desa Lemahputih, areal persawahan terdampak juga bertambah. Jika awal pendataan sekitar 200 hektare, setelah didata ulang menjadi 293 hektare.

Tanaman padi yang terendam berusia 1 pekan hingga 1 bulan. Menurut Hartoyo dipastikan tanaman padi milik para petani tersebut busuk. Selain itu akibat banjir yang masih merendam persawahan, petani tidak bisa tanam padi.

Ditambahkan Sekretaris Desa (Sekdes) Lemahputih, Darja, hingga saat ini sebagian besar warga yang terdampak banjir masih bertahan di rumahnya. Tidak hanya rumah dan areal pertanian, dua SD di Desa Lemaputih terpaksa diliburkan. Yakni SDN 1 dan SDN 3 Lemahputih.

“Banjir di persawahan Desa Lemahputih selalu terjadi di setiap musim penghujan, ini merugikan petani. Karena itu pemerintah desa sudah mengusulkan agar dilakukan penyodetan sungai untuk mengatasinya. Sodetan Sungai Satreyan di Dusun Karangasem, Desa Kronggen, Brati,” jelas Kades Hartoyo.

Banjir Desa Lemahputih
SDN 1 Lemahputih, Brati, Grobogan diliburkan akibat banjir. (Arif Fajar S)

Baca juga: Banjir Landa Brati Grobogan, 150 Rumah dan 200 Hektare Sawah Terendam

Sebenarnya usulan penyodetan sungai tersebut sudah disampaikan sejak lama sekitar empat tahun lalu. Namun hingga saat ini, lanjutnya belum terealisasi. Informasinya Sungai Satreyan masuh dalam wilayah Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan, Endang Sulistyoningsih, Selasa (7/12) mendatangi lokasi banjir di Desa Lemahputih. Selain untuk berkoordinasi dengan Kades Lemahputih juga untuk menyampaikan bantuan.

“Curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir di Desa Lemahputih, Kecamatan Brati, belum surut. Selain berkoordinasi untuk penanganan lebih lanjut, kita menyampaikan bantuan beras 1 kuintal, 20 kardus mi instan, kecap, minyak goreng,” jelas Endang.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Siswi SD di Grobogan Ditemukan Meninggal di Irigasi, Ini Penyebabnya

Putri Anjani berusia 6 tahun, warga Desa Karanggeneng RT 003, RW 001 Kecamatan Godong ditemukan meninggal dunia di saluran irigasi.

Korban Meninggal Kecelakaan di Balikpapan Warga Cilacap

Kecelakaan maut di Balikpapan menyebabkan satu orang warga Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), meninggal dunia.

Horok-horok, Kuliner Khas Jepara yang Lahir pada Masa Penjajahan

Horok-horok merupakan makanan atau kuliner khas Kabupaten Jepara yang bisa dijadikan pengganti nasi.

Ayo Ikut! Polda Jateng Sediakan 1.000 Vaksin Booster di CFD Semarang

Polda Jateng menyediakan 1.000 dosis vaksin booster untuk warga yang ingin menjalani vaksinasi ketiga saat acara car free day atau CFD di Semarang.

Diadukan Warga, Warung & Kafe Miras di Semarang Digerebek Satpol

Satpol PP Kota Semarang menggerebek warung dan kafe yang menjajakan minuman keras atau miras.

Asyik! Kapal ke Karimunjawa Kembali Beroperasi

Kapal penyeberangan yang biasa melayani wisatawan ke Karimunjawa kembali beroperasi.

Kisah Bandeng Juwana Elrina yang Tetap Eksis Selama 41 Tahun

Kisah inspiratif kali ini hadir dari bisnis kuliner Bandeng Juwana Elrina di Kota Semarang yang mampu menjaga eksistensi selama 41 tahun.

Kronologi Terdeteksinya Omicron di Kota Semarang

Covid-19 varian Omicron terdeteksi masuk ke wilayah Kota Semarang, di mana ada empat warga dari lingkungan satu keluarga yang terpapar.

Jateng Catat Perdana Kasus Omicron, Gubernur Ganjar: Tidak Perlu Panik

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta masyarakat tidak panik dalam menyikapi masuk atau terdeteksinya Covid-19 varian Omicron di Jateng.

Pantai Tanjung Gelam, Maldives-nya Indonesia di Karimunjawa

Pantai Tanjung Gelam di Karimunjawa menyuguhkan pemandangan sunset yang memesona selayaknya di Maldives.

Sumur Jalatunda, Sumur Keramat Pengabul Keinginan

Berdasarkan kepercayaan masyarakat sekitar, jika seseorang bisa melempar batu dan mengenai dinding Sumur Jalatunda, maka segala keinginan dan cita-citanya akan terkabul.

6 Kepala Daerah di Jateng Habis Masa Kerjanya di 2022, Siapa Saja?

Sebanyak enam kepala daerah di Jawa Tengah (Jateng) akan mengakhiri masa kerja atau jabatannya pada tahun 2022 ini.

Ini Isi Ramalan Sabdo Palon yang Terbukti Benar

Sabdo Palon dikenal sebagai peramal ulung yang beberapa ramalannya dikaitkan dengan peristiwa besar di Indonesia.

Varian Omicron Masuk Jateng, Kapolda: Waspada & Taat Prokes

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, meminta masyarakat Jateng untuk mewaspadai persebaran Covid-19 varian Omicron yang sudah terdeteksi di Jateng.

Wow, Tangkapan Ikan Hiu di Cilacap Capai 90 Ton

Jumlah tangkapan ikan hiu oleh nelayan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mencapai 90 ton.

Waspada! Omicron Sudah Masuk Jateng, 9 Orang Terpapar

Covid-19 varian Omicron telah terdeteksi menyebar di wilayah Jawa Tengah (Jateng), di mana 9 orang telah terpapar.