Tutup Iklan

Brasil Vs Argentina: Final Dini di Belo Horizonte

El Clasico dari Amerika Selatan. Itulah predikat yang dilekatkan pada duel dua kutub utama sepak bola di Amerika Latin, Argentina dan Brasil. Rivalitas kedua tim memang sudah mencapai seabad lebih.

Brasil Vs Argentina: Final Dini di Belo Horizonte

SOLOPOS.COM - Timnas Argentina (Reuters-Sergio Moraes)

Solopos.com, RIO DE JANEIRO — El Clasico dari Amerika Selatan. Itulah predikat yang dilekatkan pada duel dua kutub utama sepak bola di Amerika Latin, Argentina dan Brasil. Rivalitas kedua tim memang sudah mencapai seabad lebih, dimulai saat Argentina menang telak atas Tim Samba dengan skor 3-0 dalam laga persahabatan di Buenos Aires, tahun 1914.

Rivalitas yang bertahan hingga 105 tahun ini bakal berlanjut saat Brasil bersua Argentina dalam semifinal Copa America 2019 di Estadio Governador Magalhaes Pinto, Belo Horizonte, 3 Juli 2019. Ini setelah La Albiceleste, julukan Argentina, melewati hadangan Venezuela di perempat final dengan kemenangan 2-0 di Maracana, Sabtu (29/6/2019) dini hari WIB.

Duel yang juga berjuluk “Batlle of The South Americans” ini jelas ditunggu-tunggu publik sepak bola karena bisa dibilang final kepagian. Terlepas dari langkah tak meyakinkan Argentina di turnamen, laga nanti dipastikan tetap panas lantaran mempertaruhkan gengsi sebagai negara terbaik di Amerika Latin.

Publik kedua negara bisa sangat sensitif apabila dikalahkan oleh musuh bebuyutan. Kata-kata “malu sebagai warga Brasil” atau sebaliknya seringkali terucap dari suporter yang menelan kekalahan. Sejarah mencatat rivalitas kedua tim amat sengit selama 10 dekade terakhir.

Dari 109 laga yang telah dijalani, Brasil memenangi 45 laga sedangkan jumlah kemenangan Argentina hanya selisih enam laga (39). Jumlah gol yang diciptakan pun amat ketat, Brasil memasukkan 165 sedangkan Argentina 166. Striker Argentina, Sergio Aguero, mengaku selalu merindukan laga El Clasico melawan Selecao.

“Argentina-Brasil membuat dunia sangat bergairah. Ini merupakan pertandingan yang tak bisa Anda mainkan setiap hari,” ujar Aguero dilansir Reuters, Sabtu.

Kali ini Tim Samba tampaknya kembali diunggulkan untuk membungkam Argentina. Catatan Gabriel Jesus dkk. yang tak pernah kalah sejak fase grup, plus belum pernah kemasukan gol, jelas menjadi modal positif untuk menghadapi Albiceleste yang kerap inkonsisten.

Selain itu, Brasil memiliki rekor apik saat bersua Argentina di Copa America dalam tiga kali kesempatan yakni tahun 1989, 2004, dan 2007. Semuanya berhasil dimenangi Selecao, termasuk kemenangan 3-0 di final Copa America 2007 yang membuat publik Argentina menderita.

Pelatih Argentina, Lionel Scaloni, tak mau mengistimewakan laga melawan Brasil meski kedua tim punya riwayat rivalitas panjang. “Kami akan bermain dengan cara yang sama, tak berpikir ini adalah duel rival klasik. Ini akan menjadi laga untuk kehidupan para pecinta sepak bola,” ujar Scaloni dilansir Sportsnet.

Pelatih Brasil, Tite, mengaku siap menghadapi Argentina yang notabene diisi pemain bernama besar seperti Lionel Messi, Sergio Aguero hingga Angel di Maria. “Kualitas teknis individu mereka sangat besar. Messi tak perlu dipertanyakan lagi,” ujar pelatih bernama lengkap Adenor Leonardo Bacchi itu. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Vaksinasi Covid-19 Sasar Pedagang Pasar Grogol Sukoharjo

Vaksinasi Covid-19 digelar di Pasar Grogol, Sukoharjo, dengan sasaran pedagang, Rabu (9/6/2021). Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, langsung memantau proses vaksinasi tersebut.

Hadapi Ancaman Covid-19 Varian India, Pemkot Solo Siapkan STP Untuk Isolasi Terpusat

Pemkot Solo berencana menggunakan Solo Technopark sebagai tempat isolasi terpusat guna antisipasi persebaran Covid-19 varian India.

Dewi Corona Jadi Asa Warga Desa di India Hadapi Covid-19

Religiusitas warga India membuat mereka mengandalan asa kepada dewi corona saat serangan pandemi virus corona pemicu Covid-19.

Sanksi Untuk McD, Satpol PP Solo: Sekali Lagi Langgar Prokes Bakal Ditutup!

Satpol PP Solo memberikan sanksi kepada manajemen McD berupa SP II yang artinya jika sekali lagi melanggar prokes akan ditutup sementara.

Covid-19 Varian India Rambah Kudus, Gubernur Jateng Usul 5 Hari di Rumah

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengusulkan gerakan lima hari di rumah bagi masyarakat menyusul terdeteksinya varian Covid-19 India di Kudus.

4 Zodiak Ini Konon Manipulator, Benarkah?

Astrologi menengarai adanya para pemilik tanda zodiak yang cenderung bersifat manipulator dalam kehidupannya.

Polisi Periksa 6 Saksi Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap

Kebakaran yang melanda kilang milik Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah diklaim berhasil dipadamkan, namun enam saksi dipemeriksa oleh polisi.

Begini Cara Mengetahui Hasil SNMPTN 2021

LTMPT mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2021, Senin pukul 10.00 WIB.

Kapolresta Solo: Driver Ojol Bawa Pesanan Miras Hanya Sebagai Saksi

Kapolres Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menjelaskan perihal driver ojol yang dibawa ke Mapolresta karena bawa pesanan berisi miras.

Bukan Persis Solo, Ini Klub Tujuan Pemain Naturalisasi Diego Michiels

Diego Michiels dihubungkan dengan sejumlah klub, termasuk Persis Solo, setelah dipastikan berpisah dengan Borneo FC. Namun, Arema FC yang diyakini menjadi pelabuhan Diego selanjutnya.

Angka Covid-19 Indonesia Melonjak, Begini Reaksi Jokowi...

Angka penularan virus corona pemicu Covid-19 Indonesia melonjak drastis sehingga Presiden Joko Widodo alias Jokowi angkat bicara.

94 Orang Positif Covid-19 Dari Klaster Masjid di Paulan Karanganyar, Ini Sebarannya

Sebanyak 94 kasus konfirmasi positif Covid-19 dari klaster masjid Desa Paulan, Colomadu, Karanganyar, tersebar di sekitar enam RW.