SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Johannesburg–Brasil harus bersusah payah lolos dari hadangan Korea Utara di laga perdananya, Rabu (16/6) dinihari WIB. Tim Samba hanya mampu menang dengan skor tipis 2-1.

Dalam laga yang dihelat di Ellis Park Stadium itu Brasil memegang dominasi sejak awal laga. Namun dua gol kemenangan Pasukan Dunga itu baru diraih di babak kedua lewat Maicon dan Elano. Sementara itu Korut meraih gol hiburan dari kaki Ji Yun Nam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dengan kemenangan ini Seleccao berada di puncak Grup G dengan tiga poin. Pertandingan selanjutnya adalah melawan Pantai Gading 21 Juni. Korut yang dijuluki Chollima jadi juru kunci dan akan menghadapi Portugal 22 Juni.

Jalannya pertandingan

Di tujuh menit pertama laga berjalan Brasil memperoleh dua peluang masing-masing lewat tendangan jarak jauh Robinho dan Elano Blumer. Sayang belum ada yang menemui sasaran.

Justru Korut yang memperoleh shot on goal pertama di menit ke-10. Jong Tae Se yang berlari sendirian ke kotak penalti sambil dikawal tiga pemain melepaskan tembakan yang masih tepat ke pelukan Julio Cesar.

Di menit ke-17 Chan Jong Hyok mendapat peluang lewat sepakan melengkungnya yang masih melebar dari gawang Cesar. Dan Jong pada menit ke-26 tembakannya masih menyamping juga di sisi kanan jala Brasil.

Pada menit ke-34 Kaka mengoper bola kepada Robinho dan penyerang Santos itu menempatkan bola di sisi kanan yang ditempati Maicon. Maicon mengarahkannya kepada Michel Bastos yang langsung melepaskan tembakan keras kaki kiri dan bola masih melayang di atas mistar Korut.

Enam menit setelah restart Brasil punya peluang emas lewat eksekusi tendangan bebas di depan kotak penalti lawan. Bastos yang jadi eksekutor gagal menunaikan tugasnya setelah sepakannya hanya melebar.

Di menit ke-55 Brasil akhirnya mampu memecah kebuntuan. Maicon yang mendapat bola terobosan Elano berlari menyongsongnya dan langsung melepas tembakan melengkung dari sudut sempit yang menembus Ri Myong Guk.

Di menit ke-63 serangan balik Brasil yang digawangi Robinho berhasil membelah pertahanan Korut. Robinho mengumpan lambung ke Luis Fabiano di kotak penalti dan usai lolos dari pengawalan Fabiano gagal menjaga akurasi tembakannya sehingga bola melambung jauh.

Elano menggandakan keunggulan di menit ke-71. Umpan terobosan menyilang ke tiang jauh yang dilepaskan Robinho disambut tendangan first time mendatar Elano yang menembus jala Korut.

Korut berhasil memperkecil kedudukan dua menit menjelang laga usai. Kurangnya komunikasi di lini belakang Brasil membuat Ji Yun Nam merangsek ke pertahanan dan melepaskan tembakan yang mejebol gawang Cesar.

Susunan pemain

Brasil: 1-Julio Cesar; 2-Maicon, 3-Lucio, 4-Juan, 6-Michel Bastos, 5-Felipe Melo (18-Ramires 83′), 8-Gilberto Silva, 7-Elano (15-Dani Alves 72′), 10-Kaka (21-Nilmar 78′), 11-Robinho, 9-Luis Fabiano.

Korea Utara: 1-Ri Myong-guk; 5-Ri Kwang-chon, 2-Cha Jong-hyok, 13-Pak Chol-jin, 3-Ri Jun-il, 8-Ji Yun-nam, 11-Mun In-guk (6-Kim Kum il 80′), 17-An Yong-hak, 4-Pak Nam-chol, 10-Hong Yong-jo, 9-Jong Tae-se.

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya