SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan lalu lintas. (Dok Solopos)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Dua orang pemuda meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas yang melibatkan dua sepeda motor di Jalan Raya Wonosari-Karangmojo, Dusun Selang 1, Selang, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dua sepeda motor yang terlibat dalam kecelakaan maut tersebut adalah Honda GL berpelat nomor AB 2609 PZ yang dikendarai Guntur Aji Riski, 22, warga Kalurahan Wiladeg, Karangmojo, dan sepeda motor Honda Beat berpelat nomor AB 2752 RI yang dikendarai Virza Gutama, 22, warga Kalurahan Jatiayu, Karangmojo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kedua pemuda yang menjadi pengendara sepeda motor itu meninggal dunia dalam kecelakaan yang terjadi pada Senin (20/3/2023) sekitar pukul 21.30 WIB. Selain dua orang yang meninggal itu, satu pemuda lainnya mengalami luka parah yaitu Vandi Dwi Yuliansyah, 19, warga Wiladeg, Karangmojo.

Kepala Unit Penegakkan Hukum Satlantas Polres Gunungkidul, Iptu Darmadi, mengatakan kecelakaan maut ini bermula saat sepeda mootr Honda GL berpelat nomor AB 2609 PZ yang dikendarai Guntur dan berboncengan dengan Vandi melaju kencang dari arah Karangmojo menuju Wonosari.

Ekspedisi Mudik 2024

Setibanya di lokasi kejadian, dari arah selatan ada sepeda mootr Honda Beat berpelat nomor AB 2752 RI yang dikendarai Virza hendak menyeberang. Namun, karena jarak yang terlalu dekat membuat kecelakaan itu tidak bida dihindari.

“Kami juga sudah mengamankan dua sepeda motor yang terlibat kecelakaan. Untuk kondisinya ringsek dengan total kerugian material sekitar Rp1 juta,” kata Darmadi kepada wartawan, Selasa (21/3/2023).

Dia menjelaskan, akibat kejadian ini dua pengendara motor meninggal dunia. Guntur meninggal di lokasi kejadian karena luka serius di bagian kepala.

Sedangkan, Virza sempat dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. Akan tetapi, dikarenakan luka serius di bagian kepala membuat pemuda itu kehilangan nyawa.

“Ada satu korban lagi Vandi yang mengalami patah tangan sehingga harus mendapatkan perawatan di rumah sakit,” katanya.

Darmadi menambahkan peristiwa ini menjadi pelajaran bersama sehingga kasus yang sama tidak terulang lagi.

“Harus berhati-hati saat berkendara dan yang terpenting harus menaaati semua peraturan dalam berlalulintas,” katanya.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, A Purwanto mengungkapkan, tertib berlalulintas sangat penting untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalaanan.

“Upaya sosialisasi ke masyarakat maupun anak sekolah terus dilakukan agar angka kecelakaan dapat dikurangi,” kata Purwanto.

Dia juga berharap kepada pengguna kendaraan untuk terus berhati-hati dan tidak ugal-ugalan pada saat di jalan raya. Selain mematuhi segala peraturan, pengendara diimbau untuk memakai alat pelindung diri.

“Alat pelindung ini penting untuk mengurangi risiko fatalitas saat terjadi kecelakaan. Jadi, memakai helm bagi pengendara motor dan sabuk pengaman untuk pengendara mobil waji hukumnya,” kata dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Sepeda Motor Bertabrakan di Gunungkidul, 2 Pengendara Meninggal Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya