BPS Wonogiri Adakan Sensus Penduduk Lanjutan, untuk Apa?

Badan Pusat Statistik (BPS) Wonogiri mengadakan sensus penduduk lanjutan pada Mei-Juni 2022. Sensus tersebut merupakan tahapan kedua sensus penduduk 2020.

 Ilustrasi pendataan penduduk. (Solopos/Dok)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pendataan penduduk. (Solopos/Dok)

Solopos.com, WONOGIRI — Badan Pusat Statistik (BPS) Wonogiri mengadakan sensus penduduk lanjutan pada Mei-Juni 2022. Sensus tersebut merupakan tahapan kedua sensus penduduk 2020.

Pengendali Teknis Statistik BPS Wonogiri, Suwandi, mengatakan sensus penduduk yang sudah mulai berjalan tersebut merupakan rangkaian dari sensus penduduk 2020 lalu. Sensus penduduk yang saat ini berjalan dinamakan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan (SP2020 Lanjutan).

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Pada SP2020 penduduk dicatat dengan menggunakan kuisioner sederhana (short form). Sedangkan pada SP2020 Lanjutan pendataan penduduk dilakukan secara lebih rinci (long form).

“Tujuan SP2020 Lanjutan ini untuk menyediakan parameter demografi dan karakteristik penduduk lainnya. Hal itu akan berguna sebagai bahan perencanaan dan evaluasi pembangunan,” kata Suwandi saat ditemui Solopos.com di kantor BPS Wonogiri, Selasa (17/5/2022).

Guna menyiapkan agenda tersebut, BPS Wonogiri telah merekrut sebanyak 165 petugas sensus sebagai mitra BPS. Sebelum terjun ke lapangan, mereka melakukan pelatihan terlebih dahulu.

Baca Juga: Bonus Demografi di Tengah Pandemi

Pelatihan petugas dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang I dilaksanakan pada 7-11 Mei 2022. Sementara gelombang II dilaksanakan pada 11-15 Mei 2022.

Lebih lanjut, Suwandi menjelaskan sensus tersebut akan dilakukan di 821 blok sensus yang tersebar di 25 kecamatan dan 294 keluarahan/desa di Kabupaten Wonogiri. Proses pemutakhiran data rumah tangga dilaksanakan pada 15-31 Mei 2022.

Kemudian pendataan rumah tangga yang terpilih dimulai pada 1-30 Juni 2022. Sementara target rumah tangga yang akan didatangi petugas pendata lapangan berjumlah 13.136.

Adapun data yang akan dikumpulkan BPS sebanyak delapan kategori. Masing-masing, karakterisitik penduduk, perpindahan penduduk, pendidikan dan komunikasi, dan disabilitas. Selain itu, ketenagakerjaan, kelahiran, kematian, dan perumahan.

Baca Juga: Tingkat Pengangguran Terbuka Wonogiri 2021 Terendah se-Jateng

“Bagi rumah tangga yang terpilih menjadi sampel, kami mengharapakan kedatangan petugas sensus dapat diterima dengan baik oleh masyarakat,” kata Suwandi.

Kepala BPS Wonogiri, Heru Prasetyo, menuturkan masyarakat yang menjadi sampel sensus penduduk tidak perlu takut atau khawatir dalam memberikan jawaban. Sebab data yang akan diambil tidak akan dipublikasikan secara pribadi, melainkan kolektif.

“Silakan masyarakat dapat memberikan jawaban yang jujur dan apa adanya. Kami tidak akan menyebarkan data pribadi ke publik. Pun data yang diberikan tidak akan berpengaruh secara pribadi, misalnya berkaitan dengan pajak,” imbuh dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Temuan Benda Ritual di Candi Kethek, Tempat Pembebasan Dosa

+ PLUS Temuan Benda Ritual di Candi Kethek, Tempat Pembebasan Dosa

Penelitian di Candi Kethek yang berlokasi di lereng Gunung Lawu menemukan sejumlah benda-benda dan alat ritual yang terkait dengan upacara pemujaan, ruwatan, dan pembebasan kutukan serta dosa.

Berita Terkini

Temuan Benda Ritual di Candi Kethek, Tempat Pembebasan Dosa

Penelitian di Candi Kethek yang berlokasi di lereng Gunung Lawu menemukan sejumlah benda-benda dan alat ritual yang terkait dengan upacara pemujaan, ruwatan, dan pembebasan kutukan serta dosa.

BRT Trans Jateng Rute Solo-Wonogiri: Murah, Aman, & Nyaman

BRT Trans Jateng rute Solo-Wonogiri bakal menjadi sarana transportasi yang murah, mudah, aman, dan nyaman.

Hore! PTM 100 Persen Digelar di Boyolali Mulai Pekan Depan

PTM 100% tersebut akan dimulai pada tahun ajaran 2022/2023 pada seluruh sekolah dari tingkat PAUD hingga SMP.

Rute BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri: Keliling 3 Kota Cuma Bayar Rp4.000

Rute BRT Trans Jateng rute Solo-Wonogiri yang bertarif Rp4.000 akan melintasi tiga wilayah sekaligus dengan jarak tempuh 68 menit

Kecamatan Terkecil di Sragen: Paling Padat Dibanding Lainnya

Memiliki dua desa dan enam kelurahan, kecamatan terkecil di Sragen diklaim terpadat di Bumi Sukowati.

Harga Tiket BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri Murah, Fasilitas Ciamik

Harga tiket BRT Trans Jateng jurusan Solo-Wonogiri lebih murah dari bus bumel dan dilengkapi fasilitas ciamik.

Begini Kronologi Penemuan Mayat Pria di Sawah di Cangkol Mojolaban

Korban ditemukan di area persawahan di Dukuh Cangkol, Desa Cangkol, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo. Korban merupakan warga sekitar bernama Mulyosuwito, 73. Berdasarkan keterangan dokter, korban meninggal karena terjatuh dan terjadi pendarahan dalam

Jaga Kewan, Cara Pemkab Boyolali Atasi Wabah PMK

Jaga Kewan merupakan upaya Pemkab Boyolali dalam menangani wabah PMK di Boyolali.

Kecamatan Terkecil di Sragen Ternyata Hanya Punya 2 Desa

Kecamatan terkecil di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, ternyata hanya memiliki dua desa dan enam kelurahan saja.

Solopos Hari Ini: Aglomerasi Transportasi

Moda transportasi dengan wilayah operasi aglomerasi Soloraya membuka harapan sejumlah pihak, salah satunya pelaku wisata.

Mantap, Vaksinasi PMK Tahap I di Boyolali Selesai

Sebanyak 1.896 dosis telah disuntikkan untuk 1.400 sapi perah dan 500 sapi potong.

LPK di Karanganyar Harus Siap Hadapi Perubahan Pendidikan, Ini Caranya

Perubahan pola pendidikan saat ini begitu cepat dan berubah-ubah. Selain itu, globalisasi juga memunculkan persaingan di bidang jasa pendidikan.

Harga Tanah di Solo Capai Rp65 Juta/M2, di Mana Lokasinya?

Harga tanah per meter persegi di Kota Solo mencapai Rp65 juta. Kira-kira di mana lokasinya?

Siap-Siap, BRT Jateng Jalur Solo-Wonogiri Bertarif Rp4.000 Per Orang

BRT Trans Jateng rute Solo-Wonogiri bertarif Rp4.000 per orang dan Rp2.000 per pelajar dengan jarak tempuh 68 menit

Begini Cara Siswa Muhi Klaten Isi Liburan Sekolah Bersama UNS Solo

Kegiatan itu digelar dengan menggandeng tim pengabdian masyarakat Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Selasa (5/7/2022).

3 Menteri dan Gubernur Ganjar Bakal Ramaikan KTNA The Exporience 2022

Tiga menteri yang dijadwalkan hadir itu terdiri atas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo; Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi A. Halim Iskandar; dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno.