BPS Sebut Indonesia Telah Keluar dari Resesi, Ini Indikatornya

BPS menyebut produk domestik bruto (PDB) RI pada kuartal II/2021 sebesar 7,07 persen (year on year/yoy) yang menunjukkan Indonesia keluar dari resesi.

 Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Margo Yuwono. (Istimewa/BPS)

SOLOPOS.COM - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Margo Yuwono. (Istimewa/BPS)

Solopos.com,, JAKARTA – Pandemi Covid-19 gelombang kedua dengan munculnya varian Delta membuat banyak pengusaha menjerit. Terlebih dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga Level 4 yang terus diperpanjang, banyak usaha yang akhirnya tak mampu lagi bertahan.

Kondisi ini menunjukkan kondisi ekonomi yang kian sulit. Namun, keterangan berbeda disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS). Mereka  justru mengumumkan Indonesia resmi keluar dari resesi.

Kondisi ini ditunjukkan dari produk domestik bruto (PDB) RI pada kuartal II/2021 sebesar 7,07 persen (year on year/yoy). Adapun secara kuartalan, ekonomi tumbuh sebesar 3,31 persen. Sejalan dengan kinerja tahunan, realisasi pertumbuhan ekonomi secara kuartalan juga menunjukkan perbaikan.

Baca Juga: Ladiid’s Cake and Cookies, Passion Guru Bimbel Sukoharjo yang Jadi Pebisnis Kuliner

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan pertumbuhan kuartal II/2021 juga sejalan dengan pola perbaikan ekonomi di sejumlah negara mitra dagang Indonesia. “Meski triwulan II/2021mengalami peningkatan, tetapi pertumbuhannya masih di bawah rata-rata triwulan II pada tahun-tahun sebelumnya ketika ekonomi dalam kondisi normal,” kata Margo, Kamis (5/8/2021).

Sebagaimana diketahui, kuartal II/2020 Indonesia mengalami kontraksi sangat dalam sebesar minus 4,19 persen. Adapun, sekitar 64,85 persen PDB Indonesia berasal dari sektor industri, pertanian, perdagangan, konstruksi, dan pertambangan. Per kuartal II/2021, kelima sektor utama ini menunjukkan pertumbuhan positif.

“Dari 17 lapangan usaha, semuanya mengalami pertumbuhan positif, transportasi pergudangan sampai pertanian,” jelasnya.

Berita Terkait

Espos Premium

PPKM Makin Longgar, Jangan Buru-Buru "Balas Dendam" Berwisata!

PPKM Makin Longgar, Jangan Buru-Buru "Balas Dendam" Berwisata!

Pelonggaran kegiatan seusai pembatasan ketat berbulan-bulan demi menurunkan penularan Covid-19 memicu munculnya revenge travel atau revenge tourism atau biasa disebut wisata balas dendam. Kedisiplinan terhadap protokol kesehatan selama revenge travel menjadi kunci mencegah lonjakan kasus berikutnya. Revenge travel terjadi ketika masyarakat merasa haus mendapatkan hiburan atau refreshing setelah pengetatan aktivitas di rumah saja dalam periode yang lama.

Berita Terkini

Penangkapan Terukur Tingkatkan Daya Saing Perikanan Indonesia di Pasar Dunia

Kebijakan penangkapan ikan secara terukur yang segera diterapkan KKP diharapkan akan meningkatkan daya saing perikanan Indonesia di pasar dunia.

BJB Solo Local Festival Dorong Generasi Muda Majukan Wirausaha

Sebagai wujud nyata apresiasi terhadap insan wirusaha Indonesia, Bank BJB menggelar BJB Solo Local Festival di Kota Solo,

Ekonomi Menggeliat, PLN Langsung Jalankan 4 Strategi Ini

Salah satu indikasi pertumbuhan ekonomi saat ini adalah realisasi konsumsi listrik mencapai 166,17 TWh hingga Agustus 2021. Atau tumbuh 4,5 persen dibandingkan tahun lalu

Kunjungi Edupark, Menteri Desa Apresiasi Sinergi Semen Gresik dengan BUMDes

Menteri Abdul Halim Iskandar mengapresiasi sinergi yang dibangun PT Semen Gresik (PTSG) terhadap enam BUMDes di area dekat perusahaan.

Jumlah Unikorn Indonesia Kalah Jauh Dibanding China dan Amerika, Apa Penyebabnya?

Pemangku kepentingan lokal dinilai terlambat dalam menyadari potensi industri perusahaan rintisan menjadi salah satu penyebabnya.

Perbankan Terus Turunkan Bunga Deposito, Bank Apa Saja?

Suku bunga simpanan perbankan menunjukkan tren penurunan. Beberapa bank besar juga baru saja mengumumkan penyesuaian suku bunga deposito terbarunya.

Lagi Turun Nih! Cek Harga Emas Pegadaian Hari Ini Selasa 21 September 2021

Harga emas batangan Pegadaian pada hari ini, Selasa (21/9/2021) terpantau turun dibandingkan dengan harga kemarin, baik cetakan UBS maupun Antam.

AS Izinkan Masuk Wisatawan dari 33 Negara, Indonesia Masuk Enggak Ya?

Amerika Serikat (AS) akan menyambut wisatawan yang menggunakan jalur penerbangan dari 33 negara termasuk China, India, Brasil, dan sebagian besar Eropa.

Dukung Pariwisata Prioritas Nasional, Pemkot Malang Percepat Smart City

Pemkot Malang mempercepat realisasi smart city untuk mendukung keberadaan Bromo Tengger Semeru atau BTS sebagai kawasan pariwisata prioritas nasional.

Penting Dilakukan, Bagaimana Cara Mendapatkan Mentor Bisnis bagi Pelaku UMKM?

Mempunyai peran yang begitu besar dalam suksesnya usaha, bagaimana sih cara mendapatkan mentor bisnis yang tepat bagi pelaku UMKM?

Sempat Protes Pakan Ternak Mahal, Suroto Terima Bantuan 20 Ton Jagung dari Jokowi

Presiden Jokowi mengirimkan bantuan jagung untuk Suroto, peternak ayam dari Kabupaten Blitar, Jawa Timur, yang aksinya sempat viral.

E-Meterai untuk Kalangan Terbatas, Siap Dikembangkan untuk Masyarakat Luas

Peruri dan PT Telkom meluncurkan meterai elektronik atau e-meterai yang akan digunakan di lingkungan perusahaan pelat merah.

Pertashop Perdana di Kota Jogja Mulai Beroperasi, Ini Targetnya

Pertamina mulai mengoperasikan Pertashop perdana di Kota Jogja. Pertashop membantu menghadirkan energi berkualitas, lebih dekat ke masyarakat.

Stok Jagung Surplus 2,37 Juta Ton Tapi Harga Pakan Ternak Tetap Meroket, Kok Bisa?

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi memastikan stok jagung lokal mengalami surplus mencapai 2,37 ton hingga pekan kedua September 2021.

Jangan Kalap Belanja, Simak Tips Aman Menggunakan Paylater

Dengan paylater, konsumen dapat dengan mudah membeli sebuah barang yang diinginkan, bahkan tanpa mengeluarkan uang muka atau down payment.

Inovatif, Bank Sampah Salingsih Jogja Mengubah Minyak Jelantah Jadi Sabun

Bank sampah Salingsih Kelurahan Bener, Tegalrejo, Jogja, DIY mengubah bekas minyak goreng atau yang biasa disebut minyak jelantah (mijel) untuk diolah menjadi sabun.