SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan ajang Piala Dunia 2010 belum akan memberikan pengaruh pada peningkatan inflasi periode Juni 2010.

Peningkatan inflasi diperkirakan bakal terjadi pada periode Juli 2010. “Saya kira untuk periode Juni 2010, ajang Piala Dunia belum berpengaruh besar terhadap peningkatan inflasi, karena masih babak penyisihan juga ya. Jadi orang-orang belum terlalu sibuk menonton sampai pagi dan sebagainya,” ujar Kepala BPS, Rusman Heriawan saat dihubungi, Minggu (13/6).

Promosi Keren! BRI Raih Enam Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

Rusman mengatakan, pada periode Juni 2010, ajang Piala Dunia masih berada dalam periode babak penyisihan, sehingga diperkirakan aktivitas masyarakat yang berkaitan dengan nonton bareng, peningkatan konsumsi rumah tangga, serta peningkatan konsumsi listrik belum terlalu membengkak.

“Memang kita tidak ada data dan perhitungan yang pasti soal dampak Piala Dunia terhadap inflasi. Tapi kelihatannya, peningkatan konsumsi rumah tangga, listrik dan sebagainya belum kelihatan signifikan di bulan Juni,” ujarnya.

Menurut Rusman, peningkatan konsumsi rumah tangga dan listrik baru akan terjadi pada saat Piala Dunia sudah memasuki babak semi final hingga babak final yang diperkirakan terjadi pada awal Juli 2010.

“Nanti kalau sudah babak semi final, apalagi babak final, kemungkinan akan terjadi peningkatan konsumsi rumah tangga dan listrik. Orang-orang juga mulai fokus menonton sampai pagi dan sebagainya. Jadi saya kira pengaruhnya pada inflasi baru kelihatan di bulan Juli,” ujarnya.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya