SOLOPOS.COM - Badan Pusat Statistik. (istimewa)

Solopos.com, JAKARTA–Badan Pusat Statistik (BPS) merilis belanja kebutuhan sehari-hari kuartal I/2022 meningkat 27,46% dibandingkan kondisi normal.

Indeks penjualan eceran riil yang tumbuh 12,17% juga mengalami hal sama seperti belanja kebutuhan sehari-hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan pergerakan mobilitas masyarakat yang diolah google mobility pada kuartal awal tahun ini menggambarkan mobilitas terbaik sepanjang pandemi.

Menurut dia, hampir semua aktivitas penduduk di beberapa tempat kegiatan sudah melebih kondisi normal.

“Demikian juga aktivitas masyarakat di pusat rekreasi meningkat. Dalam grafik ini hanya di tempat transit yang belum pulih namun lebih baik dibanding triwulan IV/2021. Di Q1 ini sudah cukup bagus,” ujar Margo dalam siaran pers virtual, Senin (9/5/2022).

Baca Juga: BPS: Nilai Ekspor Maret 2022 Catat Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah

Menurut dia, aktivitas penduduk seperti ini akan berdampak pada kegiatan produksi, konsumsi, dan prestasi.

“Sebut saja dari laporan Bank Indonesia bahwa kapasitas produksi di pengolahan itu terpakai sebesar 72,45%. Indeks penjualan eceran riil tumbuh meyakinkan 12,17% [yoy],” kata Margo.

Kemudian, kata dia, Promt Manufacturing Indeks tumbuh mencapai 51,77%, lebih tinggi dari 50,01% pada kuartal I/2021.
Selanjutnya, konsumsi listrik segmen industri juga tumbuh 15,44% dan impor barang modal, bahan baku serta barang konsumsi masing-masing tumbuh 30,68%, 33,44%, dan 11,77%.

“Penjualan mobil penumpang tumbuh sebesar 45,95%, jumlah penumpang angkutan udara tumbuh 58,13%, jumlah wisatawan mancanegara tumbuh sebesar 228,24%, penerimaan PPH pasal 21 tumbuh 18,8%, dan penerimaan PPH Badan tumbuh 136,0%,” tutur Margo.

Margo menambahkan seiring dengan membaiknya kondisi pandemi, belanja barang dan bantuan sosial khususnya untuk penanganan pandemi Covid-19 dan terdampak turun, masing-masing sebesar 33,9% dan 30,22%.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Mobilitas Membaik, BPS: Konsumsi Masyarakat Naik

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya