SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah meyakini momentum kampanye pemilu berdampak positif terhadap persepsi masyarakat atas peningkatan perekonomian provinsi ini pada triwulan pertama 2019.

Kepala BPS Jawa Tengah Sentot Bangun Widoyono mengatakan indeks tendensi konsumen pada triwulan pertama 2019 diperkirakan mencapai 105,07 poin. “Indeks tendensi konsumen diperkirakan meningkat meskipun tidak seoptimis triwulan keempat 2018,” katanya di Kota Semarang, Jateng, Sabtu (9/2/2019).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain momentum pemilu, kata dia, peningkatan indeks tendensi konsumen pada tiga bulan pertama 2019 itu terutama disebabkan oleh optimisme rumah tangga untuk mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi. Kenaikan upah minimum kabupaten/ kota, lanjut dia, akan mulai berlaku pada awal 2019.

“Selain itu pada tiga bulan pertama 2019 ini akan terjadi panen raya,” katanya.

Kondisi tersebut, menurut dia, ditambah dengan tidak adanya rencana masyarakat melaksanakan rekreasi maupun menggelar hajatan di awal tahun. “Secara umum kondisi ekonomi masyarakat Jawa Tengah selama tiga bulan pertama 2019 akan meningkat dibanding triwulan keempat 2018, meskipun kurang optimistis,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya