SOLOPOS.COM - Sekda Karanganyar, Samsi menggunting pita saat meresmikan kantor baru BPR Pura Artha Kencana di Jatipuro, Rabu (27/2/2013). (JIBI/SOLOPOS/Bony Eko Wicaksono)

Sekda Karanganyar, Samsi menggunting pita saat meresmikan kantor baru BPR Pura Artha Kencana di Jatipuro, Rabu (27/2/2013). (JIBI/SOLOPOS/Bony Eko Wicaksono)

KARANGANYAR – Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Pura Artha Kencana membidik Usaha Kecil Mikro Menengah (UKMK) atau usaha skala kecil. Mayoritas nasabah pinjaman kredit merupakan pedagang kecil yang berdomisili di pedesaan.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Direktur Utama BPR Pura Artha Kencana, Riyanto, mengatakan jumlah debitur yang meminjam dana sebanyak 1.200 orang. Sementara jumlah nasabah tabungan sebanyak 6.000 nasabah yang tersebar di sejumlah wilayah di Karanganyar. “Kami ingin mengembangkan perekonomian terutama masyarakat kecil. Jadi mayoritas nasabah kredit memang para pedagang kecil,” katanya di sela-sela peresmian kantor baru bank tersebut di Jatipuro, Rabu (27/2/2013).

Aset bank yang beroperasi sejak 1998 tersebut meningkat setiap tahun. Kini, aset bank mencapai Rp15 miliar. Kondisi ini dipicu berbagai produk layanan unggulan dalam membantu para pengusaha kecil untuk mengembangkan usahanya.
Untuk melayani para nasabah, pihaknya membuka tiga kantor kas di Jumapolo, Jumantono dan Karanganyar. Pihaknya juga menargetkan pendirian kantor kas di setiap kecamatan di Karanganyar secara bertahap. “Targetnya didirikan kantor kas di setiap kecamatan, sekarang baru tiga kantor kas dan satu kantor pusat,” ungkapnya.

Laba kotor bank hingga Desember 2012 mencapai Rp605 juta. Rinciannya, laba bersih mencapai Rp530 juta ditambah pajak senilai Rp75 juta sehingga laba kotor menjadi Rp605 juta.

Sementara Sekda Karanganyar, Samsi, menuturkan adanya BPR di wilayah pedesaan dapat membantu para pelaku usaha skala kecil. Mereka dapat meminjam dana yang digunakan untuk mengembangkan usahanya. Sehingga perekonomian terutama di pedesaan dapat berkembang secara signifikan.

Pihaknya juga mendukung pengembangan perekonomian yang dipelopori BPR. Bank tersebut mempunyai peran dalam memajukan perekonomian di wilayah pedesaan. “Kami mendukung keberadaan BPR yang membantu para pengusaha kecil,” tambahnya. Kantor baru BPR Pura Artha Kencana diresmikan langsung Sekda Karanganyar, Samsi. Acara itu juga dimeriahkan dengan pembagian doorprize dan undian berhadiah berupa cincin dan kalung emas serta sepeda motor kepada nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya