SOLOPOS.COM - Ilustrasi permen (Candy.com)

BPOM memastikan permen jari aneka warna yang beredar di masyarakat tidak mengandung narkoba.

Solopos.com, JAKARTA — Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan permen jari aneka warna yang beredar di masyarakat negatif mengandung narkoba.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Biro Hukum dan Humas BPOM melalui siaran persnya di Jakarta, Sabtu (15/10/2016), menyebutkan berdasarkan hasil uji laboratorium, permen jari negatif dari kandungan narkoba.

BPOM melalui Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia telah menelusuri dan mengambil sampel permen jari di wilayah masing-masing. Sampel-sampel tersebut kemudian diuji di laboratorium untuk mengetahui kemungkinan adanya kandungan narkoba. Baca juga: Emoh Gegabah, BNN Jateng Tunggu Hasil Tes Permen Jari dari Pusat.

Hasil pengujian terhadap sampel dari beberapa wilayah di Indonesia, antara lain Jakarta, Serang, Pontianak, Bandung, Padang, dan Banjarmasin itu menunjukkan semua hasil negatif. Dengan kata lain, sampel produk permen jari tersebut tidak terdeteksi mengandung narkoba.

BPOM akan terus mengawasi untuk melindungi masyarakat dari produk yang berisiko terhadap kesehatan. Masyarakat diimbau tidak mudah percaya terhadap isu-isu di media sosial terkait obat dan makanan.

Kepada masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut dapat menghubungi pusat pengaduan HALO BPOM di nomor telepon 1-500-533, pesan singkat 0-8121-9999-533 atau surat elektronik di halobpom@pom.go.id.

Masyarakat diharapkan juga dapat menyampaikan pengaduan lewat Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, informasi mengenai produk permen jari mengandung narkoba ini berasal dari laporan masyarakat kepada Puskesmas di Ciledug soal anak yang tidur selama lima jam setelah mengonsumsi permen tersebut pada hari kedua.

Produk Permen Jari Aneka Warna terdaftar di BPOM dengan Nomor Izin Edar BPOMRI ML 824409085492, importir PT Rizky Abadi Anugerah, Jakarta Utara, dengan produsen Chaozhou Chaoan Wangqing Foods China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya