BPOM Didesak Semestinya Sikapi Vaksin Nusantara

Vaksin Nusantara yang digagas mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto terus kontroversial dan mendesak BPOM netral.

BPOM Didesak Semestinya Sikapi Vaksin Nusantara

SOLOPOS.COM - Eks Menkes, Terawan Agus Putranto, yang menggagas Vaksin Nusantara. (detik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Vaksin Nusantara yang sempat dikembangkan RSUP dr. Kariadi Semarang tak putus kontroversi. Vaksin yang digagas mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto itu banyak didukung tokoh nasional meskipun disudutkan kalangan tertentu. Bahkan di tengah upaya menyudutkan vaksin Nusantara itu, muncul desakan agar Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM netral menjalankan tugas sebagaimana mustinya.

Aspek pemenuhan good clinical practice (GCP) menjadi salah satu sorotan dalam laporan yang dipublikasikan oleh BPOM sebagai landasan penolakan terhadap vaksin Nusantara itu. Menurut BPOM, persetujuan Lolos Kaji Etik penelitian tidak dilakukan oleh Komite Etik (KE) tempat dilakukan penelitian.

Dikatakan, tidak ada notifikasi dan penyerahan protokol kepada KE di RSUP Dr. Kariadi terkait penelitian ini, sehingga tidak ada kajian dari KE setempat. "Hal tersebut merupakan hal yang Kritikal karena tugas utama KE adalah mengawasi hak dan keamanan subjek penelitian," tulis BPOM dalam pointers resmi yang dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Kamis (15/4/2021).

Baca Juga: Begini Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi...

Dalam wawancara BPOM dengan ketua Komite Etik RSUP Dr. Kariadi, disampaikan bahwa Ketua KE melakukan monitoring dengan melihat proses pengambilan informed consent, tetapi tidak melakukan kajian dan pengawasan terhadap keamanan subjek selama penelitian

Selanjutnya, terdapat data-data keamanan yang diganti oleh peneliti dengan menghilangkan data yang lama, sehingga tidak dapat ditelusur keaslian data dan tidak dapat diketahui penyebab perubahan data tersebut.

Inkonsistensi pencatatan data pada dokumen sumber, worksheet, dan case report form terhadap Kejadian Tidak Diinginkan (KTD) yang dialami oleh subjek juga terlacak dalam monitoring tersebut sehingga tidak dapat diketahui mana data yang benar.

Baca Juga: Kata Fengsui Ada 5 Kesalahan Umum Penataan Rumah

BPOM juga melaporkan terdapat subjek yang seharusnya tidak dapat direkrut karena tidak masuk dalam kriteria inklusi (sudah memiliki antibodi), tetapi diikutkan dalam penelitian vaksin Nusantara itu. Hal tersebut tidak sesuai dengan protokol dan menyebabkan hasil yang tidak valid.

Lebih jauh, Case Report Form (CRF) menggunakan sistem elektronik dengan nama Redcap Cloud yang dikembangkan oleh AIVITA Biomedical Inc. dengan server di Amerika. Keberadaan AIVITA Biomedical Inc. tidak disinggung dalam perjanjian kerjasama yang ada dengan Badan Litbangkes, Kementerian Kesehatan.

"Beberapa tahapan proses pembuatan dan pengujian vaksin sel dendritik dilakukan oleh AIVITA Biomedical Inc., dan dilaksanakan oleh tenaga dari warga negara asing. Terkait dengan hal itu, belum ada kontrak antara Aivita Biomedical dengan RSUP Dr. Kariadi," sebut laporan tersebut.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Konon Tidak Suka Berbagi, Benarkah?

Adapun, perjanjian kerja sama yang ada antara Badan Litbangkes dengan PT Rama Emeralds tidak menyebutkan apa yang menjadi kewajiban dari Aivita Biomedical Inc. dalam uji klinik vaksin dendritik yang dilakukan di Indonesia dan lingkupnya hanya untuk uji klinik fase II dan fase III. Dengan perjanjian seperti ini, menurut BPOM, membuat pihak AIVITA Biomedical merasa tidak punya kewajiban untuk bekerja sesuai standar dan peraturan di Indonesia.

Di sisi lain, sejumlah kalangan akademisi, cendekiawan, dan lainnya dalam pernyataan tertulisa mereka, Sabtu (17/4/2021) sore, menyampaikan pernyataan terbuka dengan judul, Tim BPOM, Majulah Terus! Alasan dukungan itu karena penelitian vaksin perlu diputuskan oleh lembaga yang memiliki otoritas yakni.

"Kami, yang nama-namanya tercantum di bawah ini, bersikap berpegang pada pendirian BPOM yang merupakan badan resmi di Indonesia dan bekerja berdasarkan prosedur-prosedur, disiplin, dan integritas ilmiah." Demikian bunyi surat terbuka tersebut.

Baca Juga: Ini 5 Zodiak Jago Berimajinasi, Kamu Termasuk?

Mereka meminta BPOM tetap bekerja tenang bersama tim pakarnya. "Kami percaya pada integritas keilmuan dan independensi mereka. Selama ini, BPOM telah mengabdi untuk menjaga kesehatan masyarakat di Negara Kesatuan Republik Indonesia."

Lebih lanjut, mereka menilai bahwa BPOM telah membuktikan diri sebagai patriot tanpa banyak retorika, teguh menghadapi tekanan dari mana saja. "Kami, warga Republik, berdiri bersama mereka. Setiap penelitian dan pengembangan vaksin dan obat, kami hargai sebagai ikhtiar membuka kemungkinan baru melawan pandemi. Tentu dengan tetap mengindahkan asas-asas ilmiah. Mari kita ingat bahwa hidup mati jutaan rakyat adalah taruhannya," tegasnya.

Seperti diketahui vaksin Nusantara yang diinisiasi Terawan menjadi ramai di publik karena didukung nama-nama besar seperti eks Ketua Umum Golkar Abu Rizal Bakrie, eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo, politisi Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, politisi PDI Perjuangan Adian Napitupulu hingga Siti Fadillah Supari, Mantan Menteri Kesehatan era Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca Juga: Turn Back Hoax: Ekstrak Nanas Obat Covid-19?

Adapun, sejumlah nama tokoh-tokoh penting yang menyampaikan dukungan kepada BPOM untuk bersikap sewajarnya terkait vaksin Nusantara itu, mulai dari cendekiawan muslim Mustofa Bisri atau Gus Mus, mantan Ketua PP Muhammadiyah Ahmad Syafi'i Maarif hingga mantan Wapres Boediono. Berikut ini nama-nama yang mendukung BPOM terkait dengan hal itu:

1. A. Mustofa Bisri
2. Abdillah Toha
3. Ade Armando
4. Adi R. Adiwoso
5. Ahmad Syafi’i Maarif
6. Ainun Najib
7. Akmal Taher
8. Alissa Wahid
9. Anak Agung Gede Ariawan
10. Ananda Sukarlan
11. Andreas Harsono
12. Andy Budiman
13. Anita Wahid
14. Anton Rahardjo
15. Arief Anshory Yusuf
16. Arief T. Surowidjojo
17. Avianti Armand
18. Azyumardi Azra
19. Betti Alisjahbana
20. Boediono
21. Budi Haryanto
22. Budiati Prasetiamartati
23. Butet Kertaradjasa
24. Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives
25. Christine Hakim
26. Dicky Budiman
27. Dicky Pelupessy
28. Djoko Susilo
29. Emil Salim
30. Erry Riyana Hardjapamekas
31. Goenawan Mohamad
32. Halik Malik
33. Harkristuti Harkrisnowo
34. Henny Supolo Sitepu
35. Herawati Supolo Sudoyo
36. Herlambang P. Wiratraman
37. Imam B. Prasodjo
38. Indang Trihandini Harun
39. Indrawati Hadi
40. Ines Irene Atmosukarto
41. Iqbal Elyazar
42. Irma Hidayana
43. Ismid Hadad
44. Isnani Suryono Salim
45. Jajang C. Noer
46. Jatna Supriatna
47. Jilal Mardhani
48. Joko Anwar
49. KawalCovid19.id
50. Kemal Azis Stamboel
51. Komaruddin Hidayat
52. Kresna Astraatmadja
53. Kuntoro Mangkusubroto
54. Lelyana Santosa
55. Lenny Ekawati
56. Lies Marcoes
57. Lukiarti Rukmini
58. Lukman Hakim Saifuddin
59. Manik Marganamahendra
60. Manneke Budiman
61. Mardiana Oemar
62. Maria Hartiningsih
63. Mayling Oey
64. Metta Dharmasaputra
65. Mochtar Pabottingi
66. Multamia Lauder
67. Nachrowi D. Nachrowi
68. Natalia Soebagjo
69. Nida P.H. Nasution
70. Nina Mutmainah
71. Nuning W. Wiradijaya
72. Olga Lydia
73. Omi K. Nurcholish Madjid
74. Pandu Riono
75. Pratiwi Sudarmono
76. Purwantyastuti
77. R. Hario Soeprobo
78. R. Woodrow Matindas
79. Rachmat Irwansjah
80. Ratna Djuwita
81. Ratna Sitompul
82. Riris K. Toha Sarumpaet
83. Rochmat Wahab
84. Sandra Hamid
85. Saparinah Sadli
86. Sarwono Kusumaatmadja
87. Shanti L. Poesposoetjipto
88. Sidrotun Naim
89. Sigit Pramono
90. Siti Annisa Nuhonni
91. Siti Masmuah
92. Sjamsiah Achmad
93. Suryono S.I. Santoso
94. Susi Dwi Harijanti
95. Suwarno Wisetrotomo
96. Syakieb Sungkar
97. Tini Hadad
98. Tirta Mandira Hudi
99. Tunggal Pawestri
100. Ulil Abshar Abdalla
101. Unggul Budi Husodo
102. Usman Hamid
103. Wien Kusharyanto
104. Zainal Arifin Mochtar
105. Zumrotin K. Susilo

Narahubung: Alif Iman Nurlambang (081299078234)

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 

Berita Terkait

Espos Premium

Kok Bisa, Penumpang Positif Covid-19 Bisa Ikut Terbang?

Kok Bisa, Penumpang Positif Covid-19 Bisa Ikut Terbang?

Ganjar Ganjar Pranowo menyatakan standar operasional prosedur (SOP) petugas Bandara Ahmad Yani salah. Saat penumpang ketahuan positif Covid-19 seharusnya ditahan dan tidak diizinkan bepergian.

Berita Terkini

UNS Raih Pendanaan PKM Terbanyak ke-6 Tingkat Nasional

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil menempati urutan ke-6 dalam pendanaan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Kemendikbud.

Ada Apa dengan KPK?

Sekjen KPK Cahya Hardianto Harefa menyatakan ke-75 pegawai yang tidak memenuhi syarat tidak akan diberhentikan sebelum ada hasil koordinasi dengan Kemenpan-RB dan BKN.

Mudik Lokal Dilarang, Pintu WNA Terbuka Lebar

“Jangan salahkan rakyat, tapi salahkan komunikasi publik pemerintah yang tidak konsisten."

Heboh Isu Bumi Datar dalam Soal Siswa SD, Begini Jawaban Dinas Pendidikan Cimahi

Disdik Cimahi menyebut pemasangan gambar ilustrasi bumi datar tidak dimaksudkan untuk menyebarkan pemahaman bumi datar. Namun sekadar kesalahan dalam pemilihan gambar ilustrasi oleh guru.

10 Berita Terpopuler : Pekerja di Boyolali Protes Gaji & THR Dicicil - Mudik Lokal Dilarang

Akasi unjuk rasa pekerja di Boyolali hingga pemerintah melarang mudik lokasi menjadi berita terpopuler Solopos.com Jumat pagi.

Ada Sanksi Bagi Pelanggar Larangan Mudik, Apa Itu?

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menyebut bakal ada sanksi bagi pelanggar larangan mudik. Kira-kira apa ya?

Heboh Pertanyaan "Tak Biasa" dalam Seleksi ASN Pegawai KPK

Munculnya pertanyaan seputar qunut dalam tes ASN pegawai KPK disorot sejumlah pihak, MUI menilai pertanyaan tersebut berpotensi memecah belah umat.

Apa Hubungan Sunda Empire dan Kekaisaran Sunda Nusantara? Ini Jawabannya

Petinggi Sunda Empire, Raden Rangga Sasana, menyebut ada kesamaan garis lurus "pemerintahannya" dengan Kekaisaran Sunda Nusantara.

Solopos Hari Ini: Mudik Soloraya Dilarang

Koran Solopos Hari Ini edisi Jumat (7/5/2021) mengulas tentang mudik Soloraya dilarang untuk mencegah persebaran Covid-19.

Tes Wawasan Kebangsaan Gergaji Penyidik Kasus Kakap KPK?

Kecurigaan publik atas kegagalan tes wawasan kebangsaan atas TWK para karyawan Komisi Pemberantasan Korupsi alias KPK merebak.

KAI Emoh Ikut-Ikut Citilink Kebobolan Penumpang Covid-19

Kelalaian maskapai penerbangan yang kebobolan penumpang positif Covid-19 di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang bikin jera PT KAI.

Tak Henti KSP Moeldoko Klaim Kepengurusan Partai Demokrat

KSP Moeldoko tak henti mengklaim kepengurusan Partai Demokrat yang sah dari Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Pemulihan Ekonomi Diperkirakan Terakselerasi Lebih Tinggi di Triwulan II

Perbaikan kondisi ekonomi pada Triwulan I tentu tak lepas dari intervensi yang dilakukan oleh pemerintah.

Sepekan Lagi Lebaran, Ini Panduan Takbiran dan Salat Idulfitri dari Kemenag

Dalam surat edaran itu, salat Idulfitri tetap dilaksanakan di rumah bagi warga yang tinggal di Zona Oranye dan Zona Merah Covid-19.

Kunut Ada di Soal Tes ASN KPK, Muhammadiyah: Untuk Mengukur Apa?

Dadang mengatakan bacaan kunut dalam salat adalah salah satu praktik yang beragam dalam ajaran Islam.

Tetap Ingin Mudik? Baca Dulu Sanksinya Menurut Satgas Covid-19

Wiku menjelaskan penyedia jasa transportasi yang tetap nekat mengangkut pemudik, kendaraannya akan disita oleh polisi sampai periode larangan mudik selesai, yakni 17 Mei 2021.

Tok! Pemerintah Larang Mudik Lokal, Termasuk di Solo Raya

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan untuk memecah kebingungan masyarakat terkait mudik lokal di wilayah aglomerasi, pemerintah melarang apa pun bentuk mudik, baik lintas provinsi maupun dalam satu wilayah kabupaten/kota aglomerasi.

Tol Cikarang Utama Macet 4 Km, Penyekatan Larangan Mudik Dibuka

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan kemacetan di Cikarang Utama mencapai 4 kilometer. Dia belum bisa memastikan sampai kapan penyekatan akan ditutup.

Rusdi Sebut Kekaisaran Sunda Nusantara Dipimpin Alex Ahmad Hadi Ngala, Pusatnya di Depok

Rusdi Karepesina menyebut pemimpin Kekaisaran Sunda Nusantara adalah Panglima Majelis Agung Archipelago yang bernama Alex Ahmad Hadi Ngala.

UNS Jalin Kerja Sama dengan Kedubes Indonesia untuk Afghanistan

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menandatangani nota kesepahaman dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia untuk Afghanistan,

Dinas Pertanian Banjarnegara Bagikan 300 Paket Sembako

Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara menyelenggarakan kegiatan bakti sosial berbagi paket sembako untuk masyarakat kurang mampu.

Merasa Sia-Sia, Anggota DPR Usul Komisi VII DPR Dibubarkan

Roro mengatakan Komisi VII akan sulit jika hanya bermitra dengan Kementerian ESDM.

Kepemilikan Senjata di Papua Barat Tinggi, Ternyata Senpi Sering Jadi Mahar Perkawinan

Irjen Tornagogo mengatakan selama ini senjata api yang disita di wilayah hukumnya berasal dari luar Papua Barat dengan tujuan untuk mahar perkawinan.

Ribuan Orang Telanjur Mudik, Negara Bisa Apa?

“Enggak apa-apa hari ini kita lelah, kita dianggap cerewet, daripada korban Covid-19 berderet."

Mudik Dilarang, Buruh Protes Bus Karyawan Tertahan di Penyekatan Tol Cikarang

Para penumpang bus protes meminta diizinkan melintas lantaran mereka masuk ke tempat kerja bukan mudik.

Heboh, Truk Sayuran Angkut Pemudik Terjaring Razia di Cikampek

Berdasar foto yang diunggah akun Instagram @tmcpoldametro terlihat lima penumpang atau calon pemudik terjaring operasi. Mereka terlihat diperiksa anggota polisi seusai terpergok bersembunyi di antara tumpukan sayuran.

Tak Perlu Lagi Izin Dewas Lakukan Penyadapan, KPK Sambut Baik Putusan MK

KPK sambut baik putusan MK yang menyebut tak perlu lagi izin Dewan Pengawas untuk penyadapan dan penggeledahan.

Positif Covid-19, Mahasiswa Semarang Lolos Naik Pesawat ke Pangkalan Bun

Seorang mahasiswa di Semarang lolos naik pesawat ke Pangkalan Bun padahal hasil swab test PCR Covid-19 nya positif.

8,6 Juta Pelaku UMKM Sudah Peroleh Bantuan dari Pemerintah

Pemerintah telah menyalurkan 8,6 juta bantuan untuk pelaku UMKM atau sebanyak Rp10,4 triliun, sekitar 88 persen dari target.

Terkait Kekaisan Sunda Nusantara, PKS Minta Polisi Lakukan Pendekatan Literasi dan Dialog

PKS meminta polisi melakukan pendekatan literasi dan dialog dalam menangani kasus Kekaisaran Sunda Nusantara.

Solopos Hari Ini: Awasi yang Telanjur Mudik

Koran Solopos edisi Kamis (6/5/2021) mengulas tentang awasi yang telanjur mudik. ribuan orang telah mudik dan berpotensi meningkatkan persebaran Covid-19.,

Kemenhub Siagakan Posko Pengendalian Transportasi

Sejalan diberlakukannya periode peniadaan mudik Lebaran 2021, Kementerian Perhubungan mengoperasikan posko pengendalian transportasi.

Satgas Penanganan Covid-19: Jangan Maksa Mudik!

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyarankan agar masyarakat tidak memaksakan diri untuk mudik Lebaran 2021.

Waspada, 18 Juta Orang Nekat Mudik Lebaran!

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan berdasarkan survei masih ada sekitar 7% warga yang akan memaksakan diri mudik Lebaran 2021.

Larangan Mudik Dimulai, Jalan Tol Layang MBZ Ditutup

Vera mengatakan penutupan Jalan Layang MBZ dilakukan untuk pengendalian transportasi yang bertujuan membatasi pergerakan arus lalu lintas keluar dan masuk Jabotabek.

Festival Pendidikan Astra: Transformasi Pendidikan Mencapai SDGs

Pendidikan menjadi salah satu pilar pendukung untuk mencapai kesejahteraan masyarakat pada 2030.

Bahaya! Negara Ini Bakal Kesulitan Vaksin Virus Corona Selama 2 Tahun

Selain India yang kehabisan anggaran untuk membeli vaksin karena lonjakan korban virus corona. Negara lain yang berpendapatan rendah kesulitan untuk memasok vaksin.

Rusdi, Jenderal Kekaisaran Sunda Nusantara Dikenal Baik Oleh Tetangga

Rusdi tinggal di Jl. Mayang VA Blok AH.2/3, RT 006 RW 007, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kemenko Perekonomian dan BPJS Optimalkan Program Jamsostek

Menko Airlangga mengapresiasi langkah-langkah BP Jamsostek yang telah berkolaborasi dengan pemerintah dalam melakukan pemulihan ekonomi nasional.

Amazing, Wanita Mali Melahirkan Bayi Kembar Sembilan di Maroko

Perempuan tersebut telah melahirkan lima bayi perempuan dan empat bayi laki-laki melalui operasi caesar.

Ditilang Polisi, Pengemudi Tunjukkan SIM Negara Kekaisaran Sunda Nusantara Berpangkat Jenderal

Di kartu identitas itu tertera keterangan Imperial Army of The Empire of The Sunda Archipelago atau Tentara Kekaisaran Sunda Nusantara (TKSN).

Ribuan Pemudik Jateng Datang, Memori 2020 Terulang

Ribuan pemudik masuk Jateng menjelang larangan mudik Lebaran 2021 6-17 Mei 2021.

Ditilang karena Pakai Pelat Nomor Aneh, Pengemudi Mengaku Warga Kekaisaran Sunda Nusantara

Mobil itu diberi tilang karena memiliki pelat nomor nyeleneh, SN 45 RSD warna biru.

Awas, Palsukan Dokumen Perjalanan Mudik akan Diproses Pidana

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Istiono, mengatakan akan mengawasi ketat dokumen warga yang mudik dalam pengecualian.

Revisi Sistem Penyuluhan Pertanian, DPD RI Jaring Aspirasi ke UNS

UNS dipilih sebagai salah satu lokasi seminar karena dinilai memiliki sumber daya manusia (SDM) di bidang penyuluhan pertanian yang diperhitungkan di tingkat nasional.

Cakupan Vaksinasi Rendah dan Lebaran Picu Kecemasan Pemerintah

Cakupan vaksinasi yang rendah dan liburan Lebaran memicu kecemasan pemerintah. Tren kenaikan kasus belakangan ini berpotensi menimbulkan ledakan menyusul masuknya sejumlah varian baru virus SARS-CoV-2 ke Indonesia.

Usman Hamid: Tes Wawasan Kebangsaan Jangan Jadi Alat untuk Singkirkan Pegawai KPK Yang Berseberangan

Sejumlah pegawai KPK termasuk Novel Baswedan dinyatakan tak lolos tes wawasan kebangsaan. Tes ini dituding jadi alat untuk menyingkirkan pegawai yang berseberangan dengan pemerintah.

Kasus Positif Covid-19 Indonesia Meningkat, Kemenkes Khawatir

Di minggu-minggu ini kasus positif Covid-19 di Indonesia meningkat. Hal ini membuat Kemenkes khawatir apalagi sebentar lagi ada Lebaran.

Ini 3 Langkah Darurat yang Bisa Selamatkan Nyawa Saat Keracunan Sianida

Ahli toksikologi menyebut ada tiga hal yang harus segera dilakukan dalam penanganan orang yang keracunan sianida. Salah satu di antaranya dengan mengonsumsi karbon aktif.

10 Berita Terpopuler : Sosok Aiptu Tomi Target Sate Beracun - Video Remaja Berlarian Adang Mobil

Ulasan tentang Aiptu Tomi yang menjadi target sate beracun Bantul hingga video viral remaja berlarian mengadang mobil di Solo Baru menjadi berita terpopuler pagi ini.

Video Karya Mahasiswa UNS Juara di Wonderfull Village Video’s

Wonderfull Village Video’s Contest 2021 merupakan rangkaian event Festival Online Desa Wisata 2021 dari mata kuliah Event Manajemen FEB UKSW.

Solopos Hari Ini: Jateng Dijaga Berlapis

-Koran Solopos Hari Ini edisi Rabu (5/5/2021) mengulas tentang Jateng yang dijaga berlapis untuk mengantisipasi arus mudik.

Bukan Hanya Pusat Belanja di Jakarta Sebabkan Kerumunan!

Kentalnya nuansa politik menjadikan kerumunan di pusat perbelanjaan Jakarta jadi sorotan nasional padahal bukan satu-satunya provinsi. 

Pejabat dan ASN Dilarang Open House saat Lebaran

Hal itu dilakukan setelah berkaca dari perayaan Lebaran dan libur Natal tahun lalu yang mengalami peningkatan persebaran Covid-19.

Viral! Video Wanita Melahirkan Di Pesawat Saat Terbang

Seorang wanita bernama Lavinia Mounga melakukan persalinan di kamar mandi pesawat dengan lancar. Awalnya,   Mounga tidak menyangka akan melahirkan ketika naik pesawat dari kota asalnya, Utah untuk pergi ke Hawai

Kementerian Pertahanan Mulai Rekrut Komcad

Kementerian Pertahanan segera membuka pendaftaran komponen cadangan pertahanan atau komcad alias "wajib militer" versi Indonesia.

Bertambah, Kini Pos Penyekatan Mudik Lebaran Jadi 381 Titik

Penyekatan mudik Lebaran 2021 Polri yang semula 333 pos, kini menjadi 381 pos untuk menyekat semua kendaraan pemudik.

8 Singa di Kebun Binatang India Diduga Tertular Covid-19

Delapan ekor singa di Nehru Zoological Park India yang diterpa tsunami virus corona diduga kuat positif Covid-19.

Keren, Mahasiswa UNS Raih Most Intelligent Kece Cari Presenter Unesa

Bima Maulana Rahmad Hidayat mahasiswa Fisip UNS Solo berhasil menyabet juara Most Intelligent dalam Kece Cari Presenter.

Pilih Bercerai, Melinda Pernah Ungkap Sulitnya Bersuamikan Bill Gates yang Gila Kerja

Melinda Gates dan Bill Gates mengumumkan akan bercerai, setelah mengarungi bahtera pernikahan selama 27 tahun.

Uji Materi UU KPK: Penyadapan, Penggeledahan, dan Penyitaan Tak Lagi Izin Dewas

Dengan dikabulkannya sebagian permohonan pengujian materiil UU KPK itu, MK menyatakan Pasal 1 angka 3 bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat secara bersyarat sepanjang tidak dimaknai.

Unggah 3.500 Konten Porno Anak di Situs Online, Lansia Ditangkap

Tersangka berumur 64 tahun yang menjadi kontributor utama dengan menggunggah lebih dari 3.500 video dan gambar porno.

Minibus Terjun ke Sungai karena Sopir Mengantuk, 3 Penumpang Hilang

Kapolsek Sumarorong, Iptu Hendrik, menduga kecelakaan akibat kelalaian sang sopir yang mengantuk saat mengemudi.

Di Ambang Perceraian, Ini Deretan Aset Bill Gates dan Melinda yang Mencapai Rp1.885 Triliun

Pembagian harta gono gini antara Bill dan Melinda Gates akan menjadi perkara aset terbesar sejak Jeff Bezos dan istrinya MacKenzie berpisah pada pertengahan 2019 lalu.

Menko Airlangga Yakin Ekonomi Indonesia Bakal Tumbuh Positif di Triwulan II 2021

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meyakini ekonomi Indonesia menuju tren positif pada triwulan II-2021 dibanding triwulan I.

Digosipkan di Instagram, Nabila Javanica Kekasih Baru Kaesang?

Kabar kedekatan Nabila Javanica ini mencuat kala beredar sebuah unggahan Insta Stories milik @zenthajvnc yang mengabadikan momen kebersamaan dengan Kaesang.

Pandemi Covid-19, Pembangunan Keberlanjutan Tetap Berjalan

Meski Indonesia sedang dihadapkan dengan pandemi Covid-19 hingga saat ini, pembangunan keberlanjutan berbasis lingkungan tetap berjalan.

Survei Litbang Kompas: Jokowi, Prabowo, dan Anies 3 Besar Favorit Capres

Menurut survei Litbang Kompas, Joko Widodo meraih 24%, Prabowo Subianto 16%, dan Anies Baswedan: 10%.

Sudah Bulat! Ini 5 Alasan Pemerintah Larang Mudik Lebaran 2021

Di bawah ini ada lima alasan pemerintah yang sudah bulat melarang mudik saat momen Lebaran 2021. Kira-kira apa saja? Cari tahu di sini!

10 Berita Terpopuler : Sosok Nani Nurjaman Pelaku Sate Beracun - Pasar Tirtomoyo Wonogiri Lockdown

Sosok pelaku sate beracun yang ditangkap polisi hingga Pasar Tirtomoyo Wonogiri lockdown menjadi berita terpopuler Solopos.com Selasa pagi ini.

Solopos Hari Ini: Tinggal Tunggu Waktu

Koran Solopos Hari Ini edisi Selasa (4/5/2021) mengulas tentang potensi gelombang kedua Covid-19 tinggal tunggu waktu.

Menilik Etlo.id, Industri Kreatif Produk Ecoprint Pendidikan Biologi UNS

Berawal dari Digitalpreneur UNS 2020, kini produk-produk Etlo.id sudah dipasarkan secara luring maupun daring.

Boleh Naik Kereta Jarak Jauh saat Larangan Mudik, Ini Syaratnya

Masyarakat yang diperbolehkan naik kereta selama mudik dilarang adalah pekerja untuk perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, dan kunjungan duka anggota keluarga meninggal.

Covid-19 di India, Diduga Frustasi Tangani Pasien Dokter Bunuh Diri

Pemerintah India pada Kamis (22/4) ini melaporkan lebih dari 300.000 kasus infeksi virus Corona selama 24 jam terakhir.

Dosen Psikologi UNS Paparkan Bantuan Psikologis Pada Kekerasan Seksual

Bantuan psikologis yang diberikan secara tepat bertujuan untuk membuat korban merasa lebih aman, terhubung dengan orang lain, dan memiliki harapan.

PDIP Masih Memimpin, Partai Ummat Menyalip PAN

Jika memperhitungkan margin of error, Partai Ummat lebih berpeluang lolos parliamentary threshold, empat persen dibandingkan PAN.

Airlangga Hartarto: Vaksinasi Gotong Royong Mengacu Daftar di Kadin

Vaksinasi dengan skema gotong royong akan menggunakan vaksin Covid-19 produksi Sinopharm.

Status Laki-Laki Dikabulkan, Syifa Ganti Nama Jadi Afif

Perubahan mulai muncul saat Syifa memasuki usia SD. Ia lebih suka bermain bola, kelereng, layangan serta senang bermain dengan kawan laki-laki.

Akui Langgar Prokes di Petamburan, Habib Rizieq Batalkan Keliling Indonesia

Habib Rizieq Shihab mengakui ada kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan anaknya di Petamburan, Jakarta.

Survei Litbang Kompas: Tren Kepuasan Responden terhadap Jokowi-Ma’ruf Naik

Dalam survei Litbang Kompas yang dirilis Senin (3/5/2021), 69,1 persen responden menyatakan puas terhadap kinerja pemerintahan Presiden Jokowi-Wapres Ma'ruf Amin.

Airlangga Paparkan 5 Strategi ACRF untuk Integrasikan Ekonomi ASEAN

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memaparkan lima strategi kerangka kerja pemulihan ekonomi yang diberi nama ASEAN Comprehensive Recovery Framework (ACRF).

Keberhasilan PTM, Perilaku dan Kejujuran Orang Tua

Keberhasilan pembelajaran tatap muka (PTM) memerlukan kejujuran orang tua perihal kondisi keluarga hingga keteladan perilaku. Yang anak-anak lihat di rumah akan mereka bawa ke sekolah.

Gelombang Pemudik Berkejaran dengan Larangan Mudik

Lalu saat tiba di tempat tujuan, orang-orang dari kota membawa virus dan meninggalkannya di desa.

Penyederhaaan Birokrasi, Bupati Banjarnegara Lantik Sejumlah Pejabat Baru

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, kembali melantik pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

Merapi 3 Kali Luncurkan Awan Panas Guguran dalam 6 Jam

Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 100 meter di atas puncak kawah Merapi.

Sejarah Hari Ini: 3 Mei 1993, Hari Kebebasan Pers Sedunia

Berbagai macam peristiwa bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 3 Mei.

10 Berita Terpopuler : Klaster Masjid Sukoharjo - Pungli Zakat di Solo

Informasi tentang klaster masjid di Sukoharjo serta pungli zakat di Solo masuk jajaran 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Guru Lumpuh Seusai Vaksin Diduga Alami Guillain Barre Syndrome, Apa Itu?

Guru honorer asal Sukabumi, Jawa Barat, Susan mengalami kelumpuhan dan gangguan penglihatan usai vaksinasi Covid-19 tahap dua

Solopos Hari Ini: Klimaks Tradisi Minta Sedekah

Koran Solopos Hari Ini edisi Senin (3/5/2021) mengulas tentang klimaks tradisi minta sedekah terkait kasus pungli di Kelurahan Gajahan.

Gubernur Anies Baswedan Hentikan KRL ke Tanah Abang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menarik rem darurat dengan mengubah jadwal operas.ional kereta commuter atau KRL ke Tanah Abang.

8 Hilang Akibat Tanah Longsor di Tapanuli Selatan

BNPB melaporkan masih hilangnya delapan orang dalam bencana tanah longsor di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Seret Nama Azis Syamsuddin, Begini Golkar Sikapi Suap Tanjungbalai

Kasus suap Pemkot Tanjungbalai Sumatra Utara menyeret nama wakil ketua DPR yang juga politikus Partai Gokkar Azis Syamsuddin.

Gubernur Anies Baswedan Imbau Warga Tak Belanja di Tanah Abang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warganya tak melulu berbelanja kebutuhan Lebaran 2021 di Pasar Tanah Abang.

Jelang Lebaran, Tanah Abang dan Thamrin City Padat

Menjelang akhir Ramadan dan datangnya Lebaran, Tanah Abang dan Thamrin City dilaporkan padat pengunjung hingga membikin khawatir.

Ini Harapan Presiden Jokowi di Hari Pendidikan Nasional

Presiden Joko Widodo alias Jokowi memperingari Hari Pendidikan Nasional bersama seluruh warga Indonesia lainnya, Minggu (2/5/2021).

Ganjar Pranowo Tegas: Tiada Mudik Bagimu

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dengan tegas meminta masyarakat tidak mudik menjelang Lebaran 2021.

Sejarah Hari Ini: 2 Mei 1915, Leonardo da Vinci Meninggal Dunia

Terjadi beragam peristiwa bersejarah dari berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 2 Mei.

Solopos Hari Ini: Pungutan Liar Jelang Lebaran

Koran Solopos Hari Ini edisi Minggu (2/5/2021) mengulas tentang pungutan liar jelang Lebaran yang terjadi di Kelurahan Gajahan, Solo.