SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Moderna. (opeaccesgoverment.com)

Solopos.com, JAKARTA — Indonesia mendapat bantuan vaksin Moderna dari Amerika Serikat melalui skema COVAX Facility. Kehadiran Moderna ini akan menambah keragaman vaksin untuk memerangi Covid-19 di Indonesia.

Badan Pengawan Obat dan Makanan (BPOM) telah memberikan izin penggunaan darurat vaksin Moderna di Indonesia. Jika dibandingkan dengan vaksi Sinovac yang lebih dulu digunakan, apakah Moderna lebih baik?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebenarnya banyak hal yang membedakan antara vaksin Sinovac dan Moderna.

Pertama, Sinovac merupakan vaksin yang dikembangkan dari virus yang tak aktif atau inactivated virus. Sementara Moderna dikembagkan dari mRNA. Perebdaan ini mempengaruhi teknologi penyimpanan yang berebda.

Moderna wajib disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu minus 20 derjata Celsius. Kalau suhunya di atas itu maka kualitasnya akan menurun. Maka tak heran pengiriman vaksin Moderna ini harus satu paket dengan teknologi penyimpanan dan distribusinya.

Perbedaan kedua adalah efikasinya. Efikasi vaksin Moderna lebih tinggi ketimbang Sinovac. Untuk masyarakat berusia 65 tahun ke atas, efikasi vaksin Moderna mencapai 86,4%, sementara sinovac sekitar 65,3%.

Tak hanya memiliki data yang baik untuk pengidap komorbid, Kepala BPOM, Penny K Lukito, mengungkapkan vaksin Moderna masih efektif melindungi tubuh dari varian baru Corona.

“Dan juga ada data yang menunjukkan bahwa efikasi yang masih melindungi orang yang tidak terinfeksi Covid-19 pada varian-varian virus Alpha, Beta, Gamma, dan saya kira kami juga menilai bahwa berkembangnya varian virus ini,” jelas Penny.

Hal tersebut, ujar Penny, menjadi salah satu pertimbangan BPOM memberikan EUA. Vaksin COVID-19 Moderna juga sudah masuk daftar emergency use listing (EUL) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya