BPN Semarang Terbitkan Sertifikat, Lahan PRPP Resmi Milik Pemprov Jateng

Setelah melewati proses panjang, lahan yang saat ini ditempati Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah (Jateng) akhirnya resmi menjadi milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng.

BPN Semarang Terbitkan Sertifikat, Lahan PRPP Resmi Milik Pemprov Jateng

SOLOPOS.COM - Ilustrasi lahan PRPP di Semarang. (Whatsapp.vexmd.website)

Solopos.com, SEMARANG — Setelah melewati proses panjang, lahan yang saat ini ditempati Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah (Jateng) akhirnya resmi menjadi milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng.

Lahan yang terletak di Jl. Puri Anjasmoro, Tawangsari, Semarang Barat itu, semula menjadi sengketa antara Pemprov Jateng dengan PT Indo Perkasa Usahatama (PT IPU). Sengketa lahan itu bahkan terjadi sejak kepemimpinan Gubernur Bibit Waluyo, pada 2011 silam.

Namun, dalam putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia No.790/PK/PDT/2018 tertanggal 23 Januari 2019, mengabulkan permohonan PK yang diajukan Gubernur Jateng dan PT PRPP sekaligus menyatakan gugatan PT IPU tidak dapat diterima (niet ontvankelijk verklaard).

Atas putusan itu, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Semarang menerbitkan sertifikat hak pengelolaan lahan (HPL) PRPP. Ada 8 sertifikat baru yang diterbitkan BPN Kota Semarang dan diserahkan kepada Pemprov Jateng selaku pemilik lahan yang kerap digunakan menggelar agenda Jateng Fair itu pada Rabu (7/8/2019).

“Dasar kami mengeluarkan sertifikat baru ini adalah putusan MA. Karena semua sudah clear, maka kami terbitkan sertifikat HPL ini,” ujar Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Jateng, Jonahar, saat menyerahkan sertifikat HPL PRPP kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di Semarang, Rabu.

Ganjar mengaku senang dengan terbitnya sertifikat HPL PRPP itu. Apalagi, selama ini pihaknya membutuhkan perjuangan yang panjang untuk merebut kembali aset PRPP itu.

“Ini perjuangan panjang selama lebih dari enam tahun. Setelah kami berjuang untuk menyelamatkan aset negara, alhamdulillah sekarang sudah kembali. Dengan putusan MA yang mengabulkan PK, BPN kemudian menindaklanjuti dengan cukup cepat. Sekarang, sertifikat pengganti HPL sudah terbit dan diserahkan ke kami,” kata Ganjar.

Selanjutnya, Ganjar mengaku telah menyiapkan proyek besar untuk pengembangan kawasan PRPP. Nantinya, di lokasi itu akan dibangun gedung pertemuan, hotel, dan tempat hiburan yang mewah dan representatif.

 “Karena lokasinya dekat bandara, jadi ini pasti akan menjadi tempat menarik untuk dikembangkan. Bisa jadi hall, hotel, tempat hiburan, tempat pentas musik dan lainnya,” terangnya.

Ganjar juga menyatakan ada sejumlah investor yang sejak lama berminat mengembangkan PRPP. Namun, niat investor itu urung terlaksana karena sengketa lahan tersebut.

“Sekarang saat yang tepat, saya minta pengelola PRPP mengundang lagi calon investor itu dan dilakukan pembangunan. Kalau sekarang dimulai, tahun 2020 proyek sudah jadi,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Apes! Remaja Wonogiri Baru Beli Cincin, Tapi Tak Bisa Dilepas dari Jari

Seorang remaja perempuan di Wonogiri terpaksa harus mendatangi Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Wonogiri karena cincin di jarinya tak bisa dilepas.

Stok Menipis, Pemkot Jogja Fokus Pada Vaksinasi Dosis Kedua

Stok vaksin yang tersedia di Kota Jogja tak mencukupi untuk vaksinasi dosis kedua.

Memakan Korban Jiwa, Tim Gabungan Copoti Jebakan Tikus di Ngrampal Sragen

Tim gabungan dari Forkompimcam Ngrampal, Sragen, mencopoti jebakan tikus yang teraliri listrik di area persawahan di Desa Karangudi, Selasa (3/8/2021).

Mohon Doanya, Suami-Istri Mantan Menkes Ini Positif Covid-19

Dua mantan Menteri Kesehatan, Farid Anfasa Moeloek dan Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, tengah berjuang melawan Covid-19 yang mereka derita.

1 Peleton Polisi Dikerahkan Semprot Disinfektan di Jalanan Klaten

Rute penyemprotan disinfektan Jl. Diponegoro-Jl. Veteran-Jl. Pemuda-Jl. Merbabu-Jl. Mayor Kusmanto-Jl. Ki Ageng Gribig dan kembali ke Polres Klaten.

Tragis, Terpeleset Saat Kabur Dari RS Lapangan, Pasien Covid-19 di Bantul Meninggal di Kolam ikan

Pasien Covid-19 ditemukan meninggal dunia di dasar kolam ikan setelah mencoba kabur dari RS lapangan Khusus Covid-19 Bantul.

Ikatan Cinta 3 Agustus 2021: Diubah Penampilannya, ke Mana Ricky Bawa Elsa Kabur?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Selasa, 3 Agustus 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Positif Corona Tapi Tak Percaya, Pria di Sleman Nulari Warga Sekampung

Seorang pria di Sleman yang positif Covid-19 namun tidak percaya dengan virus corona membuat puluhan warga di kampungnya tertular.

Ada Vaksinasi Gratis di Stasiun Yogyakarta dan Solobalapan, KAI: Hanya Untuk Dosis Kedua

PT KAI memberikan vaksin gratis di Stasiun Solobalapan dan Stasiun Yogyakarta namun untuk penyuntikan dosis kedua.

Lirik Lagu Lintang Sewengi – Denny Caknan feat Ndarboy Genk

Berikut ini lirik lagu Lintang Sewengi yang dinyanyikan Denny Caknan dan Ndarboy Genk yang dirilis Minggu, 1 Agustus 2021 di Youtube.

Ganjar Sebut Belum Dapat Arahan Pasang Baliho Puan Maharani, Kenapa Ya?

Ganjar Pranowo mengaku belum mendapat arahan untuk memasang baliho bergambar Puan Maharani dari PDIP.

Pandemi, Pemohon Perizinan Usaha di Sukoharjo Malah Melonjak Tajam

Kenaikan jumlah pemohon perizinan menandakan respons positif para pelaku usaha Sukoharjo terhadap beragam kemudahan secara online.