BPMKS: Akhir Maret Akan Berakhir, BPMKS Triwulan Pertama Belum Cair

SOLO -- Menjelang akhir Maret, Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Solo (BPMKS) belum kunjung cair. Padahal BPMKS triwulan pertama diperuntukkan Januari-Maret.

Ketua Persatuan Guru Swasta Indonesia (PGSI) Kota Solo, Asmuni, mengatakan sekolah sudah mengumpulkan proposal pengajuan pencairan BPMKS. “Proposal sudah kami kumpulkan. Padahal, triwulan pertama untuk Januari-Maret, sedangkan sekarang Maret sudah hampir habis dan sampai saat ini belum ada kabar lagi,” ungkapnya ketika ditemui Solopos.com di SD Islam Cokroaminoto Solo, Kamis (21/3/2013).

Akibatnya, sekolah khususnya swasta nasibnya seperti menggantung karena belum lagi memiliki pemasukan. “Sekolah nasibnya seperti menggantung, sebagai sekolah kan sulit mau bersikap bagaimana dan akhirnya memakai dana talangan yang berasal dari dana komite dahulu,” imbuhnya.

Asmuni mengatakan format baru proposal BPMKS pada 2013 sebelumnya telah diluncurkan pada akhir Februari oleh Disdikpora Kota Solo. Berdasarkan forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang di antaranya dihadiri Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo dan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kota Solo pekan lalu, menurutnya menghasilkan BPMKS siap dicairkan.

“Saya juga hadir pada rapat itu, namun hingga sekarang memang belum cair,” paparnya.

Dia juga belum tahu alasan BPMKS triwulan pertama yang belum cair. Menurutnya, Disdikpora dan DPPKA Kota Solo harus saling berkomunikasi dengan intens agar masalah molornya pencairan BPMKS itu tidak terus menjadi kendala. Sebab, yang menjadi korban saat BPMKS molor adalah sekolah yang menjadi ujung tombak pendidikan. Dia berharap BPMKS triwulan pertama itu bisa cair tepat waktu dan tidak melebihi Maret.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Kota Solo, Rakhmat Sutomo, mengatakan BPMKS untuk jenjang SD masih dalam tahap verifikasi data. Sedangkan untuk BPMKS jenjang SMP dan SMA/SMK yang masih bersifat subsidi sudah selesai diverifikasi dan ditandatangani Kepala Disdikpora Kota Solo. Dia juga mengaku semua proposal BPMKS dari sekolah sudah masuk ke Disdikpora Kota Solo.

Menurutnya, BPMKS triwulan pertama tidak akan bisa cair pada Maret karena masalah waktu yang terlalu mepet. Dia menegaskan BPMKS triwulan pertama akan dicairkan bersamaan dengan triwulan kedua.

“BPMKS triwulan pertama dan kedua akan cair bersamaan pada April, jadi cair dua triwulan sekaligus dan itu tidak masalah,” ungkapnya saat ditemui Solopos.com, Kamis.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho