SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sidoarjo— Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo mengimbau masyarakat Desa Jatirejo, Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, untuk menjauhi lokasi bangunan bagian dapur rumah yang ambles di daerah tersebut.

Kepala Humas BPLS, Achmad Zulkarnaen, Sabtu (5/6), mengatakan bahwa imbauan tersebut dikeluarkan dengan alasan kondisi tanah di sekitar amblesan dapur rumah itu bisa saja meluas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Apalagi kondisi dapur rumah yang ambles tersebut berada di tepi Jalan Raya Porong dengan arus lalu lintas yang relatif cukup tinggi,” katanya.

Ia mengatakan dapur rumah warga yang ambles tersebut membuktikan bahwa kondisi permukaan tanah yang berada di sebelah barat pusat semburan tidak stabil.

Ekspedisi Mudik 2024

“Amblesnya rumah tersebut dapat diketahui jika arah patahan di bawah tanah dari pusat semburan mengarah ke barat,” katanya.

Pria yang akrab dipanggil Izul ini menjelaskan kejadian amblasan dapur rumah warga tersebut merupakan kali kedua setelah sebelumnya kejadian serupa terjadi di Desa Siring tepatnya di Jalan Flamboyan.

“Kami juga memasang garis pembatas dengan jarak lebih dari 5 meter dari lokasi amblesan dapur rumah warga,” katanya.

Selain mengimbau warga supaya tidak mendekat ke lokasi amblasan, pihaknya juga meminta warga supaya tidak menyalakan api di dekat amblesan.

“Karena dari amblesan tanah tersebut juga mengandung gas metan yang mudah terbakar jika disulut api,” katanya.

Menurut dia, tidak hanya di kawasan Jatirejo saja yang rawan ambles, beberapa desa yang ada di sekitarnya juga rawan amblas.

“Desa tersebut di antaranya Desa Siring dan juga Desa Mindi yang saat ini memang sudah tidak layak tidak ditempati warga lagi,” katanya.

Sebelumnya, pada Rabu (2/6), bagian dapur rumah milik Abdul Rahim Nur mengalami amblas dan masuk ke dalam tanah sekitar 2 meter.

Amblesan dapur rumah tersebut sontak membuat warga sekitar kaget, karena lokasinya yang berdekatan dengan Jalan Raya Porong.

ant/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya