SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan disclaimer atas laporan keuangan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Hasil itu diperoleh BPK berdasarkan pemeriksaan atas pemeriksaan anggaran tahun 2009.

“Ada aset bermasalah senilai Rp 1,2 triliun,” kata anggota BPK Rizal Djalil saat dihubungi, Senin (28/6). Laporan itu telah diserahkan ke Kemenkokesra, selaku koordinator untuk Kemendiknas, Kemenpera, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan Kemenkes. “Ada aset begerak dan tidak bergerak yang tidak diyakini kebenarannya,” kata Rizal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain soal aset tersebut, BPK juga menemukan hal lain terkait anggaran yang dianggap bermasalah. “Persediaan dan belanja obat Rp 231 miliar tidak dilakukan stock opname dan disimpan di gudang rekanan,” terang Rizal.

Ekspedisi Mudik 2024

Bukan hanya itu saja, masih ada hal lainnya yang dinilai bermasalah. “Belanja hibah Rp 514 miliar dikelola di luar mekanisme APBN,” imbuh Rizal. BPK juga menyoroti perjalanan dinas pejabat Kemenkes yang dinilai tidak tertib. “Pengelolaan perjalanan dinas tidak akuntabel,” tutupnya.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya