BPJT Sarankan Uji Coba MLFF Tidak ke Kendaraan Pribadi

Uji coba penerapan sistem MLFF di tol terhadap golongan kendaraan nonpribadi terlebih dahulu, dikarenakan jumlah populasi kendaraan pribadi yang sangat banyak

 Sejumah personel polisi lalu lintas mengatur kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (26/4/2022). Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meniadakan transaksi kendaraan di Gerbang Tol (GT) Palimanan untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan yang mengantre untuk transaksi atau 'tapping' kartu uang elektronik, dan pengguna jalan tol bisa melakukan transaksi di gerbang tol selanjutnya. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.

SOLOPOS.COM - Sejumah personel polisi lalu lintas mengatur kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (26/4/2022). Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meniadakan transaksi kendaraan di Gerbang Tol (GT) Palimanan untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan yang mengantre untuk transaksi atau 'tapping' kartu uang elektronik, dan pengguna jalan tol bisa melakukan transaksi di gerbang tol selanjutnya. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.

Solopos.com, JAKARTA–Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ menyarankan uji coba transaksi nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di jalan tol tidak diterapkan kepada kendaraan pribadi terlebih dahulu.

“Terkait dengan uji coba, kita mungkin akan mengujicobakan untuk kendaraan-kendaraan tertentu, misalnya diterapkan pada bus dulu, kita akan melihat perilaku pengguna seperti apa dengan teknologi baru tersebut,” ujar Direktur Lalu Lintas BPTJ Sigit Irfansyah dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat (20/5/2022).

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Sigit mengatakan bahwa uji coba penerapan sistem MLFF di tol terhadap golongan kendaraan nonpribadi terlebih dahulu, dikarenakan jumlah populasi kendaraan pribadi yang sangat banyak.

“Mungkin yang lebih mudah adalah dengan (golongan kendaraan) yang jumlah populasinya lebih kecil, agar kita bisa melakukan evaluasi secara bertahap,” katanya.

Direktur Lalu Lintas BPJT tersebut mendukung penerapan sistem transaksi MLFF di jalan tol, karena sistem ini ingin menguntungkan pengguna jalan tol.

Baca Juga: Cantas, Aplikasi Sistem MLFF Jalan Tol Bebas Kuota Internet

“MLFF tujuannya adalah ingin menguntungkan pengguna jalan tol,” katanya.

Kendati demikian, Sigit juga menyarankan agar kemungkinan munculnya risiko non-buying customer atau konsumen yang tidak membayar akibat tidak adanya gerbang tol, dapat dipikirkan dan diantisipasi bersama-sama oleh semua pemangku kepentingan.

“Kalau saya melihat pengalaman di beberapa tempat, penerapan MLFF dengan skema yang berbeda seperti dengan menggunakan portal atau gentry sehingga risiko pengguna tol tidak membayar bisa dicegah. Sekarang teknologi MLFF yang dikembangkan di jalan tol Indonesia adalah tanpa pintu gerbang atau gentry tol,” katanya.

Sebelumya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan transaksi nontunai dan nirsentuh di jalan tol atau dikenal dengan layanan menggunakan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) akan diterapkan secara bertahap di beberapa ruas jalan tol pada akhir tahun ini.

Teknologi transaksi MLFF yang akan diterapkan di jalan tol di Indonesia, nantinya memungkinkan pengendara selaku pengguna jalan tol tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol, apalagi mengantre tapping kartu uang elektronik saat melakukan pembayaran.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Tiga Manfaat Penggunaan PLTS Atap di Sektor Bisnis

+ PLUS Tiga Manfaat Penggunaan PLTS Atap di Sektor Bisnis

Ketika suatu entitas bisnis menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap—sebagai salah satu energi terbarukan—pada bisnisnya terdapat tiga manfaat sekaligus yang diperoleh.

Berita Terkini

UBS Turun Tipis! Cek Harga Emas Pegadaian, Rabu 6 Juli 2022

Harga emas yang dijual di Pegadaian, Rabu (6/7/2022) hari ini bergerak turun untuk cetakan UBS dan stagnan untuk cetakan Antam.

Peserta 235,71 Juta Jiwa, Iuran BPJS Kesehatan Capai Rp143,3 Triliun

Pendapatan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tercatat mencapai Rp143,32 triliun sepanjang 2021, naik 2,48 persen (year-on-year/yoy).

Minyak Goreng Curah Kemasan Rp14.000 Diluncurkan Hari Ini, Lokasinya?

Pemerintah dijadwalkan meluncurkan minyak goreng curah kemasan sederhana merek Minyak Kita seharga Rp14.000 per liter pada Rabu (6/7/2022) hari ini.

IHSG Diprediksi Kembali Bertaji, Cermati Saham-Saham Ini

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini berpotensi akan menguji kekuatan dengan mencoba level resistance 6.825.

Tangkal Peserta Nunggak Bayar Iuran, Ini Jurus BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan kini tak terlalu dipusingkan dengan tunggakan iuran peserta setelah merasakan dampak positif berbagai inisiatif untuk mendongkrak persentase pengumpulan iuran alias tingkat kolektibilitas.

Aset DJS Capai Rp38,7 Triliun, BPJS Kesehatan Raih Predikat WTM ke-30

BPJS Kesehatan mendapatkan predikat Wajar Tanpa Modifikasi (WTM) untuk laporan keuangan tahun 2021. Dana Jaminan Sosial (DJS) di tahun 2021 juga telah dinyatakan positif.

Produk Pertanian Wonogiri dan Boyolali Siap Masuk Syariah Hotel Solo

Untuk menguatkan kerja sama tersebut, dua kelompok tani dari wilayah Soloraya sudah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Syariah Hotel Solo.

Apresiasi Pelanggan, The Sunan Hotel Solo Gelar Networking Lunch

The Sunan Hotel Solo kembali menggelar program loyalitas kepada pelanggan melalui program Networking Lunch.

Kepemimpinan BUMN Lebih Fokus dan Tuntas, BRI Tuai Kinerja Positif

Kepemimpinan Kementerian BUMN lebih fokus dan tuntas membuat kinerja BRI positif.

Keren! Difabel Rembang Ini Jadi Bos Makanan Ringan, Omzet Puluhan Juta

Pendampingan kepada difabel di Rembang yang menekuni bisnis UKM, sebagai bentuk dukungan dan komitmen Semen Gresik.

Astra Bagikan Ribuan Hewan Kurban Jelang Iduladha, Total Rp22,11 Miliar

Grup Astra membagikan ribuan ekor hewan kurban senilai miliaran rupiah menjelang Iduladha ke 34 provinsi di Indonesia.

Soal Tarif Naik, BPJS Kesehatan Masih Galau

BPJS Kesehatan hingga saat ini belum memutuskan mengenai penyesuaian tarif seiring dengan impelementasi kelas rawat inap standar (KRIS).

Fave Hotel Solo dan Unsa Solo Kerja Sama Dukung Program Merdeka Belajar

Dengan penandatanganan MoU tersebut, maka ke depannya akan ada program untuk pemagangan bagi para mahasiswa Unsa Solo yang ditempatkan di Fave Hotel Solo (Manahan Solo dan Solo Baru).

Pemerintah Siap Buka 1 Juta Lowongan, Cek Formasi CPNS dan PPPK 2022

Pemerintah akan kembali membuka lowongan untuk formasi CPNS dan PPPK 2022 dengan total kuota penerimaan sebanyak 1.086.128 orang.

Duh, Harga Cabai Merah Nyaris Tembus Rp100.000 Per Kilogram Di Jakarta

Data Info Pangan Jakarta per 5 Juli 2022 pukul 11.37 WIB, harga cabai merah keriting menyentuh Rp97.011 per kg dan cabai merah besar di angka Rp89.682 per kg.