SOLOPOS.COM - Warga mengurus BPJS di rumah sakit (JIBI/Harian Jogja/Jumali )

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Kepala Operasional BPJS Kesehatan Gunungkidul Fatma Kurniawati menuturkan sosialisasi sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum perubahan Askes menjadi BPJS Kesehatan. Sosialisasi pun sudah dilakukan hingga tingkat kecamatan.

“Tapi kami tidak menutup kesempatan warga untuk meminta keterangan lebih jelas mengenai BPJS Kesehatan,” tutur dia, Rabu (15/1/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Rumah Sakit Nur Rohmah Tanti Idayati menuturkan warga yang berobat ke rumah sakitnya belum mengetahui alur berobat menggunakan jasa BPJS. Tanti menambahkan dalam BPJS ada kriteria-kriteria yang boleh dilayani dengan BPJS.

“RS Nur Rohman sendiri tergolong Pemberi Pelayanan Kesehatan Tingkat Lanjut Kedua [PPK 2]. Sesuai ketentuan dari BPJS kami hanya boleh menerima pasien gawat darurat dan poli spesialis karena sebagai rujukan,” tutur dia kepada Harian Jogja.

Tanti menambahkan warga belum memahami secara detail prosedur pemanfaatan BPJS. Ia pun merasa kasihan dengan pasien yang sudah datang jauh-jauh ke RS Nur Rohmah sambil membawa berkas lengkap namun tidak masuk kriteria.

“Kami pun memberikan penjelasan kepada pasien mengenai ketentuan yang ada. Kasihan mereka. Untung mereka bisa menerima penjelasan kami dengan baik,” papar dia.

Tanti menyebutkan ada alur pelayanan yang sudah disesuaikan dengan kriteria yang bisa ditangani oleh PPK 2. Menurut Tanti prosedur saat ini lebih ribet dibandingkan sebelum berganti nama. Pasien pun dibuat bingung dengan perubahan tersebut.

Tanti berharap ada sosialisasi lanjutan kepada warga mengenai alur secara detial. Ia pun menunggu hasil evaluasi berjalannya BPJS selama setengah bulan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya