SOLOPOS.COM - Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile. (Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

BPJS Kesehatan, Pemkab Gunungkidul memberikan bantuan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Sedikitnya 53.476 warga kurang mampu mendapatkan bantuan kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul. Total anggaran yang dialokasikan untuk iuaran tersebut mencapai Rp17 miliar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Gunungkidul Rumi Hatati mengatakan proses bantuan iuran BPJS kesehatan yang dibiayai oleh pemkab dimulai sejak 2016. Total hingga sekarang sudah ada 53.476 peserta yang tercover jaminan yang dibiayai oleh APBD kabupaten.
“Ini data yang terbaru dan tidak menutup kemungkinan adanya tambahan kepesertaan,” kata Rumi kepada Harianjogja.com, Kamis (7/9/2017).

Dia menjelaskan potensi tambahan kepesertaan karena masih ada warga yang tececer dan belum mendapatkan jaminan. Oleh karenanya, dinas sosial sampai saat ini masih membuka pelayanan untuk pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan yang dibiayai oleh pemkab.

Namun demikian, lanjut Rumi, tidak semua pengajuan dapat disetujui karena pemohon harus memenuhi persyaratan yang ada seperti rekomendasi keterangan kurang mampu dari desa hingga kabupaten.

“Untuk warga tercecer kami tidak menetapkan target khusus, namun kalau ada permohonan akan diproses dan jika memenuhi persyaratan maka dapat diikutsertakan dalam BPJS Kesehatan yang dibiayai pemkab,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk iuran jaminan bagi warga kurang mampu, pemkab mengalokasikan anggaran sekitar Rp17 miliar. “Dananya sudah tersedia dan untuk pembayaran dikelola oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya