SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meluncurkan fitur mobile screening

Harianjogja.com, JOGJA--Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meluncurkan fitur mobile screening pada aplikasi BPJS Kesehatan Mobile.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Peluncuran ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengelola risiko penyakit-penyakit kronis seperti diabetes melitus, hipertensi, ginjal kronik, dan jantung koroner.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Sri Mugirayahu mengungkapkan, beberapa penyakit kronis tersebut gejalanya sering diabaikan masyarakat Indonesia. Pada fase awal, umumnya orang tidak merasa terganggu oleh gejala yang ditimbulkan.

Kebanyakan, masyarakat baru sadar mengidap penyakit tersebut ketika sudah mencapai fase lanjut. Oleh karena itu, perlu digingkatkan kesadaran masyarakat.

Ia mengungkapkan, sebelumnya peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) hanya dapat melakukan skrining riwayat kesehatan secara manual di Kantor Cabang BPJS Kesehatan atau fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan.

“Sekarang bisa melihat potensi risiko kesehatannya cukup dengan melakukan skrining riwayat kesehatan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile yang bisa diakses di hanphone,” ujar dia dalam konferensi pers Mobile Screening Day di Hotel Melia Purosani Yogyakarta, Jogja, Rabu (1/2/2017).

Untuk menikmati layanan ini, peserta dapat mengunduh aplikasi BPJS Kesehatan Mobilr di Google Play Store kemudian melakukan registrasi.

Setelah masuk, peserta bisa memilih menu Skrining Riwayat Kesehatan dan akan diminta mengisi 47 pertanyaan yang terdiri atas kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit, riwayat penyakit dalam keluarga, dan pola makan peserta. Nantinya, peserta akan mendapatkan hasil skrining riwayat kesehatan pada saat itu pula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya