BPJS Kesehatan Kenalkan Program Rehab, Begini Cara Menggunakannya

Program rehab ini memungkinkan peserta BPJS Kesehatan bisa mencicil tunggakan iuran.

 Setiap warga negara Indonesia wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan. Ada beberapa hal yang harus dilakukan bila keanggotaan BPJS kesehatan dobel. (Ilustrasi/Solopos Dok)

SOLOPOS.COM - Setiap warga negara Indonesia wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan. Ada beberapa hal yang harus dilakukan bila keanggotaan BPJS kesehatan dobel. (Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, SOLO—BPJS Kesehatan terus mengenalkan adanya program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab) untuk penunggak iuran. Lalu bagaimana menggunakannya?

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Surakarta, Yessi Kumalasari, menyatakan Program Rehab merupakan program yang memberikan keringanan dan kemudahan bagi peserta segmen pekerja bukan penerima upah (PBPU) dan BP yang memiliki tunggakan iuran untuk dapat melakukan pembayaran iuran secara bertahap.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Ada syarat dan ketentuan yang berlaku bagi peserta yang ingin mengikuti program Rehab tersebut.

Pertama, peserta memiliki tunggakan leboh dari tiga bulan atau 4-24 bulan.

Kedua, mendaftar melalui aplikasi mobile JKN atau BPJS Kesehatan care Center 165.

Ketiga, pendaftaran dapat dilakukan sampai dengan tanggal 28 bulan berjalan kecuali Februari yang hanya sampai dengan tanggal 27.

Keempat, maksimal periode pembayaran bertahap adalah 12 tahapan.

Untuk cara pendaftarannya, pilih rencana pembayaran beratahap pada menu home aplikasi Mobile JKN. Setelah muncul informasi awal mengenai program Rehab, kemudian klik lanjut. Kemudian akan muncul informasi total tunggakan, lalu klik selanjutnya. Setelah muncul syarat dan ketentuan program Rehab, pilih saya setuju.

Kemudian akan muncul simulasi tagihan pembayaran bertahap. Pilih jangka waktu pembayaran bertahap minimal dua bilan dan maksimal setengah dari total bulan menunggak. Selanjutnya muncul rencana pembayaran tagihan bertahap, lalu klik lanjut.

Selanjutnya akan muncul rencana pembayaran tagihan bulan berjalan yang terbentuk dan Kembali menjadi tunggakan.

Kemudian pilih rencana tagihan bulan berjalan dengan memilih untuk melakukan pembayaran secara penuh atau dengan jangka waktu maksimal tiga bulan terhadap tagihan tersebut. Kemudian klik saja, daftar.

“Pastikan email sudah sesuai. Apabila belum sesuai dapat dilakukan perubahan pada menu ubah data. Namun apabila sudah sesuai, klik setuju,” jelas dia dalam materi paparan acara Media Gathering BPJS Kesehatan Cabang Surakarta 2022, Selasa (9/8/2022).

Selanjutnya akan muncul syarat dan ketentuan terkait OTP, kemudian pilih selanjutnya. Setelah berhasil mendaftar akan muncul tampilan berhasil.

Mengenai informasi pelunasan Rehab, dia menjelaskan langkahnya dapat dimulai dengan memilih rencana pembayaran bertahap pada menu home pada alikasi Mobile JKN.

Kemudian akan muncul informasi awal mengenai program Rehab, kemudian klik lanjut. Bagi peserta yang telah mendaftar maka akan muncul informasi program Rehab yang didafatrkan. Pilih hitung potensi tagihan berjalan untuk melihat tagihan di luar tunggakan pada program Rehab.

Apabila peserta ingin melakukan pelunasan, pilih saja pelunasan program. Setelah itu akan muncul ketentuan pelunasan program Rehab beserta nominal yang harus dibayar.

Pilih alasan pelunasan dan klik setuju. Selanjutnya akan muncul notifikasi proses pelunasan berhasil untuk segera melakukan pembayaran sisa tunggakan pada kanal pembayaran yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Untuk detail tagihan dapat dilihat pada menu premi.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Erick Thohir Beberkan Transformasi BUMN di Depan 400 Bos Perusahaan Top Dunia

      Erick mendiskusikan peningkatan kerja sama BUMN dengan perusahaan Singapura dalam peningkatan kerja sama dua negara.

      PLN Batalkan Program Konversi Kompor Listrik, Ini Alasannya

      PT PLN (Persero) membatalkan program pengalihan kompor LPG 3 kilogram (kg) ke kompor listrik untuk menjaga kenyamanan masyarakat.

      Guru Besar UNS: Startup Pertanian Butuh Intervensi Pemerintah

      Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Eddy Tri Haryanto, yang juga Manager Inkubator Bisnis PPKwu LPPM UNS, menyampaikan usaha sektor pangan selalu menyimpan potensi besar.

      Utamakan Keamanan Data, BRI Apresiasi Pengesahan UU Perlindungan Data Pribadi

      Untuk menjamin perlindungan data pribadi sekitar 30% dari IT spending di BRI dialokasikan untuk IT security.

      Perlu Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Kompor Listrik

      Pemerintah mewacanakan konversi kompor gas ke kompor listrik. Lantas apa kelebihan dan kekurangan kompor listrik?

      Dirut Japfa Handojo Santosa Tutup Usia, Berikut Profil dan Harta Kekayaannya

      Pengusaha sekaligus Direktur Utama PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, tutup usia pada Minggu (25/9/22). Seperti apa sepak terjang dan seberapa banyak harta kekayaannya? Berikut ulasannya. 

      Dukung 30.000 UMKM Go Digital, RB Rembang Semen Gresik Gelar Pelatihan

      Komitmen PTSG dengan pemberdayaan UMKM menjadi go digital, diharapkan tingkat literasi UMKM dalam berniaga secara digital menjadi semakin baik.

      Imbas Kenaikan Bunga Penjaminan, LPS Proyeksi Suku Bunga Deposito Naik

      Suku bunga deposito kelompok bank berdasarkan modal inti (KBMI) 1 diprediksi akan naik menjadi 2,8% sampai 2,9% menjelang akhir 2022.

      Ekspor ke China, PT Widodo Makmur Perkasa (WMPP) dan PT SII Jalin Kerja Sama

      Kerja Sama PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMPP) dengan PT SII selain ekspor produk daging ayam dan makanan olahan juga mengembangkan rencana peternakan terpadu..

      Gobel: Indonesia Bisa Swasembada Aspal

      Pulau Buton di Sulawesi Tenggara memiliki cadangan aspal yang sangat besar di dunia dengan potensi sekitar 663 juta ton dan setelah dimurnikan bisa menghasilkan sekitar 150 juta ton.

      Alarm "Kiamat" di Inggris yang Turut Hantui Dunia

      Sejak 1971, Inggris telah mengalami lima kali resesi. Penurunan nilai poundsterling hingga level terendah dan meningkatnya inflasi pada saat ini menandakan Inggris sudah berada di ambang resesi kembali.

      LPS Naikkan Tingkat Bunga Penjaminan Jadi 3,75 Persen

      TBP simpanan dalam rupiah di bank umum sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 3,75%, simpanan dalam valuta asing di bank umum menjadi 0,75%. serta TBP simpanan rupiah di BPS menjadi 6,25%.

      REI: Imbas Suku Bunga Naik, Tahun Depan Sektor Properti Terdampak

      Lonjakan suku bunga acuan Bank Indonesia akan berdampak, tetapi belum menjadi kekhawatiran besar bagi pengembang di tahun ini.

      Cetak SDM Unggul Bidang Hulu Migas, Ini yang Dilakukan PHE dan STP

      Pertamina Hulu Energi (PHE) dan Solo Techno Park (STP) melakukan kerja sama dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggulan di bidang hulu migas.