SOLOPOS.COM - Anggota TNI AU Lanud Adisucipto saat mengikuti kegiatan senam sehari bersama dalam memperingati HUT BPJS Kesehatan ke 48 dan HUT RI ke 71. (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja)

Badan Jaminan Kesehatan Sosial (BPJS) Kesehatan mengadakan kegiatan senam sehat bersama anggota TNI AU Lanud Adisucipto, Jumat (19/8/2016)

Harianjogja.com, SLEMAN- Untuk menggalakkan program Promotif Preventif di Hari Ulang Tahun ke 48 Badan Jaminan Kesehatan Sosial (BPJS) Kesehatan mengadakan kegiatan senam sehat bersama anggota TNI AU Lanud Adisucipto, Jumat (19/8/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta, Upik Handayani mengatakan kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud komitmen BPJS dalam rangka meningkatkan kualitas hidup peserta JKN-KIS serta juga untuk memperingati HUT RI ke 71.

Ekspedisi Mudik 2024

Kegiatan promotif preventif ini dilakukan sesuai dengan Perpres No 12 tahun 2013, yang mengharuskan BPJS untuk memberikan pelayanan yang komprehensif.

“Dengan demikian kami perlu untuk menekankan perlunya upaya promotif dan preventif dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” katanya, usai kegiatan senam sehat bersama di lapangan Halaman Museum Dirgantara TNI AU Lanud Adisucipto, Jumat (18/8/2016).

Dengan acara-acara seperti ini pelayanan kesehatan diharapkan tidak lagi hanya berpusat di pelayanan tingkat lanjut dengan pelayanan yang kuratif namun juga lebih diutamakan peran yang lebih bedar lagi dari fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang sejalan dengan program nasional yang tercermin dalam 12 indikator keluarga sehat.

“Selain itu dalam rangkaian kegiatan senam juga diadakan pemeriksaan gratis dan screening kesehatan. Kami berharap kegiatan ini ke depan tidak hanya untuk kalangan tertentu namun juga bisa menyentuh seluruh kalangan masyarakat,” ujar dia.

Ia menambahkan melalui kegiatan seperti ini diharapkan juga dapat menyadarkan masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatannya dengan lebih baik lagi, pasalnya saat ini pergeseran penyakit sangat cepat dan berbahaya.

“Memang tidak semua orang mengharapkan sakit, namun tren pergeseran penyakit dari tidak menular ke menular sangatlah mendominasi, dan hal tersebut jika tidak diantisipasi sejak dini akan sangat merugikan,” katanya.

Sementara itu Kepala PPK 1 Klinik Cendrawasih Lanud Adisucipto Kolonel Kesehatan Ibnu Hajar, mengatakan kegiatan seperti sangat positif dan sangat disambut baik oleh jajaran dari TNI AU. Pasalnya untuk program promotif dan preventif ini sebagai pencegahan bersama termasuk dengan seluruh anggota keluarga.

“Semoga kedepan kegiatan ini bisa dilakukan secara periodik, dan bisa menyentuh semua kalangan masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya