SOLOPOS.COM - Jumpa Pers BPJS Kesehatan Cabang Sleman-Kulonprogo terkait program Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan di Graha Sarina Vidi Sleman, Rabu (29/6/2016). (Abdul Hamied Razak/JIBI/Harian Jogja)

BPJS Kesehatan Jamin Layanan Pemudik

Harianjogja.com, SLEMAN– Selama libur mudik lebaran tahun ini, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tetap menjamin layanan kesehatan bagi peserta jaminan kesehatan nasional (JKN). Layanan kesehatan diberikan kepada peserta tidak hanya di UGD-UGD rumah sakit-rumah sakit yang ditunjuk, tetapi juga rumah sakit lainnya yang tidak ditunjuk oleh BPJS Kesehatan.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Rujukan (MPKR) BPJS Kesehatan Cabang Sleman-Kulonprogo Ika Eri Haryani menjelaskan, peserta dapat dilayani langsung di masing-masing UGD (unit gawat darurat) baik untuk penanganan yang sifatnya emergency (kedaruratan) maupun non-emergency. “Syaratnya, kartu peserta JKN masih aktif, berstatus peserta aktif, dan menyerahkan KTP (kartu tanda penduduk),” katanya saat jumpa pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan di Graha Sarina Vidi Sleman, Rabu (29/6/2016).

Dia menjelaskan, prosedur layanan tersebut merupakan kebijakan khusus yang diterapkan selama libur lebaran, dari H-7 atau Rabu (29/6/2016) hingga H+7 atau Kamis (14/7/2016) mendatang. Para peserta JKN dan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat dan Jamkesmas yang mudik, dijamin bisa memperoleh layanan kesehatan dengan prosedur yang lebih ringkas.

“Untuk itu kami imbau agar peserta selalu membawa kartu progam kesehatan yang diikutinya. Saat mudik, dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya