SOLOPOS.COM - Suasana pertemuan jajaran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dengan gitaris grup band GIGI Dewa Bujana di Jakarta, Selasa (11/01/2022). ANTARA/HO-Humas BPIP

Solopos.com, JAKARTA — Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggandeng gitaris grup band Gigi Dewa Bujana untuk mengkomunikasikan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat Indonesia dengan lebih efektif melalui musik.

“Melalui musik kita ingin mengomunikasikan nilai-nilai Pancasila ke masyarakat Indonesia lewat indera pendengaran,” ujar Deputi Hubungan Antarlembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP Prakoso dalam pertemuan dengan musisi Dewa Bujana, berdasarkan keterangan yang diterima Antara di Jakarta, Selasa (11/1/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Prakoso yang didampingi pejabat BPIP lainnya kemudian bersama-sama mendiskusikan bagaimana pendekatan musik dan tokoh menjadi metode yang efektif untuk membumikan dan membudayakan Pancasila ke masyarakat.

Ekspedisi Mudik 2024

Mereka berpandangan, musik memiliki fungsi sebagai sarana komunikasi karena musik merupakan bahasa universal yang mampu menciptakan perdamaian dan solidaritas kemanusiaan.

Dengan fungsi seperti itu, maka musik dapat mendukung terciptanya suatu media komunikasi di antara sesama manusia.

Baca Juga: BPIP: Banyak ASN Tak Suka Pancasila 

Direktur Jaringan dan Pembudayaan BPIP Irene Camelyn Sinaga menambahkan, bentuk kolaborasi yang akan dilakukan antara lain penggabungan pertunjukan musik dan diskusi di atas panggung mengenai nilai-nilai Pancasila dan aktualisasinya di masyarakat dengan melibatkan akademisi dari pusat-pusat kajian Pancasila di perguruan tinggi, sejarawan, tokoh masyarakat dan agama, serta generasi milenial.

“Acara Pancasila on Stage tersebut akan digelar di sejumlah provinsi di Pulau Sumatera mulai 22 Februari 2022,” tutur Irene.

Menanggapi rencana Pancasila on Stage, Direktur Pengkajian Materi Pembinaan Ideologi Pancasila BPIP Aris Heru Utomo menyambut baik rencana kolaborasi BPIP dengan Dewa Bujana.

“Sejalan dengan hasil survei yang dilakukan Centre Strategic for International Studies (CSIS) beberapa waktu lalu, diketahui bahwa kegiatan yang disukai anak muda jaman sekarang salah satunya adalah musik. Musik merupakan salah satu kegiatan yang paling disukai kedua (19 persen) setelah olahraga (30,8 persen),” ujar Aris.

“Karena itu, kegiatan Pancasila on Stage merupakan salah satu upaya kekinian yang tepat untuk membudayakan Pancasila di kalangan generasi muda melalui pendekatan pembiasaan (habituation approach) lewat musik,” pungkas Aris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya