SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah memugar talud di kompleks Situs Liyangan di Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Juru Pugar BPCB Jateng Budiono mengatakan talud yang dipugar berada di antara teras pertama dan teras kedua di Situs Liyangan. Sebelum dilakukan pemugaran, tim BPCB mencari dan menyatukan batu di talud yang membujur ke utara tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada 2017 tim BPCB telah berhasil memugar pagar candi induk Situs Liyangan yang membujur ke barat dan memugar trap tangga di bagian talud yang membujur ke utara. Situs Liyangan ditemukan pada kedalaman 10 m hingga 12 m.

Situs cagar budaya itu terpendam material yang diduga akibat letusan Gunung Sindoro. Akibat bencana alam tersebut, kondisi situs peninggalan zaman Mataram Kuno itu tidak utuh lagi, bangunan dari kayu hancur dan sebagian ditemukan berupa arang dan bangunan dari batu sebagian berserakan.

Budiono mengatakan dalam pemugaran ini, tim membongkar talud berupa balok-balok batu sedangkan batu isian di dalamnya tetap dibiarkan. “Balok-balok batu yang dibongkar itu kemudian dikembalikan lagi bersama balok-balok patah yang masih bisa disambung, sedangkan balok-balok batu yang hancur diganti dengan balok batu baru,” katanya.

Ia mengatakan untuk batu isian yang hilang diganti batu andesit yang didatangkan dari sekitar Gunung Merapi, termasuk balok-balok batu baru. Menurut dia, karena banyak balok batu yang hancur maka dalam pemugaran ini dibutuhkan ratusan balok batu baru agar talud tersebut bisa menjadi utuh lagi.

Kepala Balai Arkeologi Yogyakarta Sugeng Riyanto yang tengah melakukan penelitian bersama timnya di Situs Liyangan menuturkan talud yang membatasi teras kedua dan teras ketiga diduga awalnya bukan dari balok-balok batu, tetapi dari batu-batu kali seperti yang ditemukan talud di tempat lain kemudian ditutup balok-balok batu itu setelah terpengaruh agama Hindu.

“Batu-batu kali yang merupakan bangunan asli ini sebagai bagian dari formasi budaya punden berundak yang membatasi teras kedua dan teras ketiga,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya