SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah melakukan ekskavasi lanjutan di Situs Liyangan, di Desa Purbosari, lereng Gunung Sindoro di Kabupaten Temanggung, Jateng.

Ketua Kelompok Kerja (Kapokja) Pemugaran, BPCB Jawa Tengah, Eri Budiarto, mengatakan ekskavasi yang berlangsung pada 21 Agustus 2019 hingga 4 September 2019 bertujuan untuk mencari batas halaman III dan membuka petirtaan. “Kemudian di bagian halaman I dan halaman II, ekskavasi bertujuan untuk mencari jejak-jejak struktur sebelum dilakukan restorasi terhadap talud dan pagar,” katanya di Temanggung, Jateng, Selasa (27/8/2019).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia mengatakan di bagian atas, ekskavasi dilakukan untuk penjajakan karena di sana banyak temuan permukaan. “Kami melakukan penelitian penggalian percobaan, apakah di dalam temuan-temuan percobaan itu nanti ditemukan struktur-struktur karena di bagian atas temuan permukaan ada bagian batu yang merupakan bagian atap sebuah bangunan makanya dicari jejaknya,” katanya.

Menyinggung temuan baru, dia mengatakan belum ada, hanya ditemukan beberapa temuan lepas. Di bagian bawah ditemukan berupa jalatwara yang diduga merupakan bagian dari petirtaan. Selain itu, ditemukan batu kemuncak diduga berasal dari candi di halaman III. “Temuan baru belum ada, cuma beberapa temuan lepas. Di bagian bawah itu berupa jalatwara lepas, kemungkinan itu bagian dari petirtaan dan ada batu kemuncak yang gede, kemungkinan kemuncak dari bangunan candi yang ada di halaman III. Namun, masih dugaan-dugaan karena bagian lainnya belum ketemu,” katanya.

Pengolah Data Cagar Budaya BPCP Jawa Tengah, Winda Arista Harimurti, mengatakan target awal ekskavasi ini untuk mencari tahu batas antara teras keempat dengan teras kelima. Untuk ekskavasi di bagian bawah untuk mencari batas halaman, kemudian di bagian atas untuk menindaklanjuti temuan talud dan temuan-temuan lepas. Ekskavasi di bagian atas ada beberapa kelompok, sebelumnya memang sudah ada singkapan temuan seperti talud, kemudian ada temuan-temuan lepas. Kalau temuan lepas yang di atas ada indikasi bagian bangunan karena ada reliefnya.

Ia menyampaikan kelompok yang berada di bagian atas bertugas untuk mencari struktur atau temuan tersebut karena limpasan dari daerah lain karena dulu ada bencana. Kemudian untuk di bagian ujung bawah, katanya, ekskavasi untuk mengetahui kelanjutan jalan batu yang ada. Hal ini diketahui setelah tanah yang menutupi dibersihkan terlihat ada bebatuan yang tertata diduga menyambung dengan jalan yang berada di kompleks situs di atasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya