BPCB Jateng Identifikasi Koleksi Museum Grobogan

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah melakukan identifikasi benda-benda bersejarah yang menjadi koleksi Museum Lokal Kabupaten Grobogan, Jateng. Identifikasi itu sekaligus merupakan pengkajian awal terkait riwayat benda-benda bersejarah tersebut.

BPCB Jateng Identifikasi Koleksi Museum Grobogan

SOLOPOS.COM - Pegawai Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah mengidenfikasi lesung di Museum Lokal Kabupaten Grobogan, Jateng. (Antara-Istimewa)

Solopos.com, PURWODADI — Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah melakukan identifikasi benda-benda bersejarah yang menjadi koleksi Museum Lokal Kabupaten Grobogan, Jateng. Identifikasi itu sekaligus merupakan pengkajian awal terkait riwayat benda-benda bersejarah tersebut.

Menurut Pengkaji Pelestari Cagar Budaya BPCB Jawa Tengah Muhammad Junawan di Grobogan, Kamis (20/6/2019), keberadaan tim BPCB Jateng di Kabupaten Grobogan untuk melakukan pendataan benda-benda bersejarah yang ada di Museum Lokal Grobogan. Pengkajian itu merupakan yang pertama dilakukan.

Selama ini, lanjut dia, benda-benda bersejarah yang menjadi koleksi museum belum ada penjelasan secara lengkap terkait masing-masing benda tersebut. Kehadiran Tim BPCB Jateng dalam rangka melakukan identifikasi serta  pengkajian terhadap benda-benda bersejarah tersebut sehingga nantinya diketahui riwayatnya masing-masing.

Identifikasi semua benda-benda bersejarah tersebut, dilakukan Selasa-Sabtu (18-22/6/2019). “Jika semua koleksi ada deskripsinya secara lengkap, tentunya makin menarik dan menambah informasi bagi masyarakat,” ujarnya.

Benda-benda bersejarah yang diidentifikasi mulai dari masa klasik hingga ada alat musik berupa gamelan serta keris. Dalam melakukan identifikasi dan pengkajian tersebut, Tim BPCB Jateng menerjunkan tujuh personel dengan keahlian berbeda-beda. Ada yang memiliki keahlian di bidang pengkajian, pengolah data, dokumentasi, serta konservator.

Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Grobogan Edi Santoso melalui Kasi Kebudayaan Siswanto menambahkan koleksi museum yang terinventarisasi sebelumnya berjumlah 81 koleksi. Koleksi tersebut meliputi arca, yoni, lingga, keris, umpak, gamelan, mangkuk buatan China, guci, hingga fosil gajah purba.

“Jika koleksi yang ada semuanya bisa lebih dari 81 koleksi, namun yang terinventarisasi baru sebanyak itu,” ujarnya.

Ia mengaku sangat berterima kasih atas kehadiran tim BPCB Jateng karena nantinya semua koleksi di museum akan dilengkapi dengan deskripsi yang lengkap karena sebelumnya hanya keterangan nama benda, lokasi dan tanggal temuan, serta keterangan sedikit. Harapan ke depannya, kata dia, Museum Lokal Kabupaten Grobogan bisa diminati masyarakat dan menjadi salah satu tempat yang memberikan edukasi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Ladiid’s Cake and Cookies, Passion Guru Bimbel Sukoharjo yang Jadi Pebisnis Kuliner

Berawal dari coba-coba, Hastari berhasil membangun bisnis kue yang ia beri label Ladiid’s Cake and Cookies.

Masih PPKM Darurat, Begini Politeknik Indonusa Solo Gelar Dies Natalis ke-19

Masyarakat bisa membuat ucapan selamat Dies Natalis ke-19 untuk Politeknik Indonusa Solo kemudian diupload di media sosial.

135 Kampung di Madiun Dapat Paket Alkes untuk Lawan Covid-19

Polres Madiun menyalurkan bantuan paket alat kesehatan (alkes) dari BPBD Jatim untuk 135 Kampung Tangguh Semeru.

Bantuan Mengalir untuk Bocah Yatim Piatu Akibat Covid-19 di Klaten

Selain dari pemdes, bantuan paket sembako juga pernah diberikan kepada keluarga bocah yatim piatu itu dari Polres Klaten dan Kodim 0723/Klaten.

Pengunjung Malioboro Jogja Dibatasi 200 Orang per Zona

Pemkot Jogja akan membatasi jumlah kunjungan wisatawan di kawasan Malioboro selama PPKM Level 4 diberlakukan. Akan ada petugas yang mengawasi jumlah pengunjung.

Tak Hanya Harga, Kualitas Jadi Kunci Semen Dynamix Diterima Konsumen

Ini dia rahasia perusahaan semen Dynamix yang tergabung dalam Semen Indonesia Group dalam membangun bisnis di bidang kontruksi.

Pembangunan RS Darurat Asrama Haji Donohudan Ditarget Selesai 5 Agustus 2021

Proyek pembangunan RS Darurat Covid-19 di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, ditargetkan selesai pada Kamis (5/8/2021).

Ini Rahasia Sharp Terus Survive di Masa Pandemi Covid-19

PT Sharp Elektronik Indonesia mempunyai kiat tersendiri agar tetap bertahan atau survive di masa pandemi Covid-19 ini.

Catat! Call Center Layanan Derek Gratis Dishub Solo Ganti ke Nomor Ini

Henry menyebut pergantian nomor tidak mengubah layanan derek Dishub Solo, yakni pelayanan derek kendaraan tetap gratis namun dengan syarat dan ketentuan.

Anak Bungsu Akidi Tio Diperiksa Lagi, Polda Sumsel Masih Penasaran Sumber Dana Rp2 Triliun

Polda Sumsel masih mencari sumber dana Rp2 triliun yang rencananya disumbangkan keluarga mendiang Akidi Tio untuk penanganan Covid-19.

PPKM Level 4 Diperpanjang, Penutupan Jalan di Solo Berlanjut! Ini Daftarnya

Perpanjangan PPKM Level 4 berdampak pada penutupan enam ruas jalan di Kota Solo, Jawa Tengah, untuk mengurangi mobilitas warga.

Anak Yatim Piatu Korban Covid-19 Ternyata Ngrontrak Rumah di Jogonalan Klaten

Kisah tragis kali ini tentang bocah yang menjadi yatim piatu karena ayah dan ibunya meninggal akibat Covid-19.