SOLOPOS.COM - Penandatanganan naskah MoU oleh HIPMI Sukoharjo dan perguruan tinggi dilaksanakan di Aula Baru Kampus Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Sugeng Hartono, Sabtu (20/8/2022). (Istimewa/Hipmi Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO–Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sukoharjo menjalin kerja sama dengan empat perguruan tinggi.

Berdasarkan rilis dari Hipmi Sukoharjo, penandatanganan naskah Memorandum of Understanding (MoU) itu dilaksanakan di Aula Baru Kampus Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Sugeng Hartono, Sabtu (20/8/2022).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Keempat perguruan tinggi itu, yakni Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said, Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Sugeng Hartono, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, dan Politeknik Bhakti Mulya.

Naskah kerja sama tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum Badan Pengurus Cabang (BPC) Hipmi Kabupaten Sukoharjo, Agung Dirmansyah dengan perwakilan kampus.

Agung Dirmansyah mengatakan Hipmi dan empat kampus tersebut memiliki visi dan misi yang sejalan. Dengan kerja sama tersebut, pihaknya optimistis ke depan akan lahir pengusaha-pengusaha muda dari kampus yang ada di Kabupaten Sukoharjo.

‘’Melalui sinergitas Hipmi Sukoharjo dengan kampus yang ada di Sukoharjo ini akan bersama–sama menumbuhkan pengusaha-pengusaha muda yang sukses dan berkontribusi untuk kemajuan pembangunan daerah,’’ jelas Agung.

Dia menyampaikan salah satu tujuan bersama dari kerja sama tersebut adalah terbentuknya Hipmi Perguruan Tinggi (PT) di kampus-kampus yang ada di Sukoharjo.

Hal itu menurutnya sebagai langkah nyata implementasi Kampus Merdeka dan sesuai dengan bentuk Kolaborasi Ekosistem Reka Cipta yang dibentuk oleh Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).

‘’Hipmi Perguruan Tinggi dampaknya saya yakin akan positif. Mahasiswa akan tampil lebih percaya diri menjadi pengusaha. Ya jadi mahasiswa juga jadi pengusaha,’’ ujar dia.

Dia berharap kerjasama tersebut dapat berdampak bagi Kabupaten Sukoharjo.

“Harapan kami melalui kerjasama HIPMI dengan kampus-kampus ini ke depan akan dapat menjadikan Kabupaten Sukoharjo lebih makmur sebagai basis ekonomi bisnis dan UMKM naik kelas,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Hipmi PT Jawa Tengah periode 2022-2025, Bayu Aris Setiawan, mengatakan banyak mahasiswa dari universitas yang telah melakukan bisnis. “Sudah banyak para pelaku bisnis dari Hipnu PT yang memulai membangun bisnis. Sehingga sudah ada yang skill up dan punya usaha besar. Hal ini bisa di ikuti Hipmi PT BPC Sukoharjo,” papar dia.

Menurut dia, upskilling atau metode meningkatkan kapasitas keterampilan untuk mengisi kebutuhan pekerjaan saat ini atau di masa depan tersebut berasal dari mentoring.

“Mereka [HipmiPT] di mentoring dengan senior-senior Hipmi BPC kabupaten setempat. Kalau di Jawa Tengah dimentori Hipmi BPD,” ujarnya.

Sementara Hipmi PT tersebut baru di Sukoharjo. Dia berharap dari adanya MoU dari PT yang ada, dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan sehingga mahasiswa bisa memulai bisnisnya segera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya