SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Situbondo [SPFM], Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, akan melakukan sosialisasi terkait peningkatan status siaga gunung Ijen Senin (19/12). Hal itu diungkapkan kepala kantor BPBD Situbondo, Zainul Arifin, saat dihubungi detikcom kemarin. Lebih jauh Zainul menerangkan, sosialisasi Senin (19/12) akan menyasar warga sekitar bantaran sungai, yang dikhawatirkan akan menjadi dampak meluapnya air lahar dari kawah Gunung Ijen. Terkait lokasi pendirian tenda pengungsian, BPBD masih belum menetukan tempatnya.  Namun, semua kesiapan tanggap darurat bencana sudah dipersiapkan secara matang, termasuk Tim Tanggap Darurat Bencana (Tagana) juga sudah siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Sebelumnya diberitakan, Gunung Api Ijen mengalami peningkatan aktivitas vilkanik dan berstatus siaga. Informasi yang dihimpun dari Pos Pengamatan Gunung Api Ijen, di Desa Tamansari, Licin, Banyuwangi, Gunung Ijen mengalami peningkatan gempa tremor dangkal, dari 27 kali menjadi 107 kali dalam sehari. Sementara gempa tremor dalam yang sebelumnya terjadi 5 kali dalam sehari, kini sudah mencapai 49 kali. [dtc/dtp]

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya