SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Surabaya [SPFM], Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur menyiapkan rencana evakuasi terhadap masyarakat di sekitar Gunung Ijen yang meliputi Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. Hal ini terkait terjadinya peningkatan status gunung dari waspada menjadi siaga. Selain itu, BPBD juga mengusulkan kepada pusat vulkanologi mitigasi dan bencana geologi agar memperluas radius bahaya yang sebelumnya diputuskan sejauh 1,5 kilometer dari kawah aktif. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan bencana guna mencegah timbulnya korban jiwa.

Kepala BPBD Jatim Siswanto kepada Media Indonesia Online Minggu (18/12) mengatakan pihaknya sudah menyiapkan kesiapsiagaan bencana dengan mendirikan posko dan petugas untuk evakuasi di Bondowoso dan Banyuwangi. Menurut Siswanto, pihaknya juga sudah menjalin koordinasi dengan badan nasional penanggulangan bencana (BNPB) daerah dan pusat, Pemerintah Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi terkait hal itu. [MIOL/dtp]

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya