Boyolali Punya Kuliner Hit Bubur Ayam Diobong dan Dibakar, Apa Enaknya?

Ada empat menu yang dijual yakni bubur ayam original, bubur ayam crispy, bubur ayam bakar, dan bubur ayam bongkar singkatan dari obong dan bakar.

 Pengunjung berada di lapak Bubur Ayam Barokah Boyolali yang menjual menu bubur ayam obong dan bakar di seberang kantor Pos Boyolali, Minggu (3/7/2022). Warung ini buka setiap pagi dan sore. (Solopos/Ni’matul Faizah)

SOLOPOS.COM - Pengunjung berada di lapak Bubur Ayam Barokah Boyolali yang menjual menu bubur ayam obong dan bakar di seberang kantor Pos Boyolali, Minggu (3/7/2022). Warung ini buka setiap pagi dan sore. (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Kabupaten Boyolali disebut gudangnya kuliner hit. Salah satu yang wajib dicoba yakni bubur ayam bongkar yang merupakan singkatan dari diobong dan dibakar.

Kuliner sarapan unik tersebut beralamat di seberang Kantor Pos Boyolali, tepatnya di Jalan Pandanarang Nomor 49. Lapaknya selalu ramai dikunjungi. Termasuk saat Solopos.com berkunjung pada Minggu (3/7/2022) pagi.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Untuk menu di sini ada empat, ada bubur ayam original, bubur ayam crispy, bubur ayam bakar dan bubur ayam bongkar singkatan dari obong dan bakar. Yang best seller yang bongkar itu,” kata si pemilik bubur ayam bongkar, Ari Kusumo, 55.

Bubur Ayam Boyolali
Bubur ayam obong dan bakar (bongkar) yang dijual di Lapak Bubur Ayam Barokah Boyolali disajikan dalam gerabah, Minggu (3/7/2022). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Ari mengatakan perbedaan dari bubur ayam bakar dan bongkar terletak dari cara memasak dan rasanya.

Untuk bubur ayam bongkar, cara memasaknya dengan kompor dan dan dibakar dengan arang. Sedangkan, untuk bubur ayam bakar adalah bubur yang dibakar dengan kompor.

Baca Juga: Makanan Ini Paling Banyak Diburu di Pasar Boyolali saat Ramadan 2022

“Untuk cita rasanya bubur obong bakar ini ada rasa manis dan kecut. Kalau bubur bakar itu bubur ayam original yang dibakar,” terang pemilik warung bubur ayam yang dirintis mulai 2016 tersebut.

Bubur ayam unik itu dijual dengan harga Rp10.000 per porsi original. Dengan uang Rp10.000, pelanggan akan mendapatkan satu mangkuk bubur ayam, kerupuk, dan segelas teh.

Kemudian, untuk harga bubur ayam crispy, bakar, dan bongkar dibanderol dengan harga Rp13.000 per porsi. Sajiannya ditambah kerupuk dan segelas teh.

“Untuk original isinya cakue, kedelai, ayam, dan koya. Kemudian yang crispy isinya sama dengan original tapi ditambah pangsit yang jadi mangkuk. Untuk bongkar dan bakar ada jagung manis, loncang, ati, telur ayam kampung, dan ayam,” kata Ari.

Lapak bubur ayam bongkar buka setiap pagi dan sore. Untuk pagi mulai dibuka pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB. Untuk sore hari, buka mulai pukul 16.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

Baca juga: Dagingnya Mbleber, Mi Ayam Jumbo Bu Piyati Boyolali Enak Karena Ini

Saat pagi hari, batas maksimal penjualan hanya 150 mangkok atau menghabiskan sekitar tiga kilogram beras. Untuk sore hari, penjualan berkisar 60 mangkok atau menghabiskan sekitar 1,5 kilogram beras.

“Yang sore belum bisa banyak karena baru mulai buka sejak Ramadan tahun ini. Yang sore kami juga buka melalui pembelian di aplikasi online. Kemudian kami tutup tiap Senin,” kata Ari.

Pembeli bubur ayam di warung Ari tak hanya berasal dari Boyolali. Akan tetapi juga dari luar kota. Kebanyakan adalah para pegowes dari Solo yang mampir sambil menikmati bubur ayam.

Sementara itu, salah satu pembeli asal Kiringan, Boyolali, Dian Lestari, 35, mengatakan telah berlangganan sejak dua tahun yang lalu.

“Yang lebih dulu langganan [bubur ayam] itu bapaknya anak-anak. Rasanya enak, favorit saya yang bongkar ini. Harganya juga terjangkau dan sudah dapat kerupuk dan teh. Saya langganan kalau sarapan di luar di sini,” kata dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Merambah Bisnis Sticker Printing, Ini Target PT Regarsport Wonogiri

      PT Regarsport Industri Indonesia meluncurkan produksi stiker yang mereknya dinamai MCLine, Senin (15/8/2022).

      Solopos Hari Ini: Optimistis Bangkit Lebih Cepat

      Bangsa Indonesia ini masih memiliki tantangan besar saat memperingati ulang tahun ke-77 Proklamasi Kemerdekaan.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Selasa (16/8/2022), bisa disimikan pada artikel ini.

      Proyek Simpang Joglo Solo, Mulai Hari Ini Jl Kol Sugiyono Jadi Searah

      Mulai hari ini, Selasa (16/8/2022), Jl Kolonel Sugiyono, Banjarsari, Solo, berlaku dua arah menyusul dimulainya pekerjaan pemasangan pilar jembatan rel layang Simpang Joglo.

      Terus Berkurang, Kebo Bule Keraton Solo Kini Tinggal 15 Ekor

      Jumlah kebo bule milik Keraton Solo kini tinggal 15 ekor menyusul kematian empat ekor kerbau ikon kirab malam 1 Sura itu dalam waktu kurang dari sebulan terakhir.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022, Pagi Sudah Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Selasa (16/8/2022), hujan akan turun sejak pagi dan meningkat intensitasnya di malam hari.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 16 Agustus 2022, Berawan dan Hujan

      Hujan ringan masih akan mewarnai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Sukoharjo Selasa Ini: Awan Tebal Sore, Hujan Malam Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Boyolali Selasa Ini, Hujan Ringan Sore hingga Malam Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Selasa (16/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Solo Selasa 16 Agustus, Hujan Bergeser ke Malam Hari

      Prakiraan cuaca Kota Solo akan hujan pada Selasa (16/8/2022) malam.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Gerimis Pukul 19.00 WIB

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Gerimis Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Target Pendapatan Daerah 2022 Naik Rp8 Miliar, Pemkot Solo Genjot Pajak

      Hasil kesepakatan Pemkot dan DPRD Solo, pendapatan daerah pada APBD Perubahan 2022 dinaikkan senilai Rp8 miliar.

      Sambut HUT RI, Warga dan Eks Napiter Boyolali Heboh Lomba Mancing Mania

      Seratusan warga Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, serta stakeholder pemerintahan di kecamatan setempat menggelar lomba memancing disertai pengibaran bendera dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI dan meningkatkan nasionalisme di desa setempat, Minggu (14/8/2022).

      Warga Solo Mau Ikut Pawai Pembangunan 2022? Buruan Daftar di Link Ini

      Pemkot Solo mengadakan Pawai Pembangunan memperingati HUT ke-77 RI pada Jumat (19/8/2022), masyarakat umum bisa ikut berpartisipasi sebagai peserta.