Ilustrasi karnaval mobil hias. (Bisnis-Rahmatullah)

Solopos.com, BOYOLALI -- Pemerintah Kabupaten Boyolali akan menggelar karnaval mobil hias bertajuk Boyolali Smile of Java Carnival (BSJC) 2019, Sabtu (30/11/2019) mendatang.

Karnaval mobil hias bertema Flora Kriya Indonesia sehingga peserta harus menghias mobilnya dengan bunga, buah, atau sayuran maupun kombinasi ketiganya.

Sekretaris Diskominfo Boyolali, Rita Puspitasari, mengatakan event tersebut akan digelar Jl. Ir. Sukarno, Kompleks Setda Boyolali, kemudian menyusuri Jl. Pandanaran hingga finis di depan Galaxy atau timur Pasar Sunggingan mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai.

“Ini kegiatan atau penyelenggaraan yang kedua setelah tahun 2015 lalu. Kegiatan ini sebagai bagian dari ajang mengenalkan Kabupaten Boyolali,” kata dia, Rabu (27/11/2019).

Panitia BSJC, Andika, menjelaskan karnaval itu diikuti 43 peserta dari berbagai kota. Karnaval itu dilombakan dan panitia menghadirkan juri dari Filipina.

Peserta akan menempuh perjalanan sekitar 6 km dengan rute Alun-alun Boyolali-patung Boulevard Soekarno-Jl. Pandanaran–Timur Pasar Sunggingan. Selain dari lokal Boyolali, peserta juga berasal dari Semarang, Demak, Kudus, dan paling jauh berasal dari Kabupaten Lumajang, Jawa timur.

“Ada yang berasal dari lembaga swasta maupun pemerintah, pribadi dan sekolah. Karnaval mobil hias kali ini mengambil tema Flora Kriya. Dimana yang utama adalah hiasan bunga dan turunannya seperti buah dan tanaman. Hanya saja, panitia tidak membatasi pemakaian bunga asli maupun bunga tiruannya. Untuk kendaraan, kami batasi tinggi dan lebar maksimal 4 meter,” ujarnya.

Ia mengatakan untuk penilaian terdiri dua aspek, pertama mobil hias sendiri dan kostum.

”Juri selain dari Diskominfo, juga berasal dari ISI Solo. Selama pelaksanaan karnaval, jalur yang dilalui peserta sementara ditutup untuk kendaraan umum. Panitia juga menyediakan pengawal untuk masing-masing peserta. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi agar penonton tidak mengganggu atau mengambil hiasan mobil peserta,” kata dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten