Bosan Gaya Rumah Mainstream? Coba Gaya Rumah Ini!

Gaya wabi sabi memiliki desain minimalis, tidak terlalu berlebihan, dan menggabungkan unsur alami dengan warna tanah basah, netral, dan material alami yang bertekstur.

 Ilustrasi penerapan gaya wabi sabi (freepik.com))

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penerapan gaya wabi sabi (freepik.com))

Solopos.com, SOLO -- Mungkin di antara kalian ada yang belum pernah mendengar gaya rumah yang satu ini. Wabi sabi. Apa itu gaya rumah wabi sabi? Mudahnya, istilah wabi sabi yakni suatu filosofi yang melihat keindahan dari penerapan unsur ketidaksempurnaan. Gaya rumah ini termasuk filosofi estetika kuno dari Jepang. Filosofi ini memiliki makna bahwa keindahan justru tercipta dari detail yang tampak kasar, tidak rapi, sederhana, tidak mencolok, dan terabaikan.

Gaya wabi sabi memiliki desain minimalis, tidak terlalu berlebihan, dan menggabungkan unsur alami dengan warna tanah basah, netral, dan material alami yang bertekstur. Ada berbagai hal yang perlu kamu perhatikan saat menerapkan gaya ini, seperti dikutip dari bramblefurniture.com. 

Baca Juga: Bikin Desain Rumah Unik dengan Material Corten Steel

1. Material dengan Unsur Alami
Dalam penerapan gaya rumah wabi sabi, penggunaan material pada tiap ruangan perlu kamu perhatikan. Karena wabi sabi mengusung konsep alami, kamu bisa memakai furnitur dengan bahan kayu yang masih kasar dan tanpa finishing. Bahan lain seperti bambu, batu bata, marmer, bisa memberi kesan otentik sekaligus memberi kesan apa adanya. Untuk semakin memaksimalkan wabi sabi, tambahkan juga beberapa tanaman hijau di dalam ruangan.

2. Simpel dan Tidak Berlebihan
Wabi sabi yang merupakan desain minimalis termurni berprinsip bahwa estetika tidak perlu dicapai dengan tampilan yang rumit dan berlebihan. Terbukti dari penggunaan warna netral, pemasangan furnitur dengan desain yang ultrasimpel, dan tidak banyak memakai motif garis.

Sedikit Barang Kian Nyaman

3. Buang Barang Tak Terpakai
Dalam gaya wabi sabi, kamu tak memerlukan barang yang sudah tidak terpakai. Solusi lainnya yakni bisa memperbaiki barang yang masih bisa digunakan dengan tampilan baru yang lebih segar.

4. Warna Berunsur Alam
Ruangan yang sejuk tentu mampu menenteramkan hati penghuninya. Agar bisa tercipta kesejukan di rumah, kamu bisa memakai warna yang berunsur alam. Misalnya warna abu-abu, biru, hijau, atau warna lain yang menyerupai laut atau padang rumput. Kamu bisa menerapkan warna ini sebagai warna utama di dinding rumah, pintu, lantai, tirai, lemari, sofa, furnitur dan dekorasi lain sesuai keinginanmu.

Baca Juga: Bakal Jadi Kawasan Industri, Bisnis Properti di Wonogiri Selatan Dinilai Bagus

5. Memaksimalkan Udara Luar
Udara luar ternyata memiliki beberapa manfaat yakni membuat mood lebih semangat, ruangan menjadi lebih luas dan terbuka, menyehatkan fisik dan mental, dan meningkatkan kualitas hidup penghuni rumah. Jika jendela terbatas di ruangan rumahmu, kamu bisa menempatkan cermin yang berfungsi menangkap cahaya dan menyebarkannya ke dalam rumah.

6. Wewangian
Wewangian dalam gaya rumah wabi sabi harus berkaitan erat dengan alam dan natural. Disarankan memilih aroma alami yang memberi kesan seolah sedang berada di dalam hutan, kebun bunga, atau pantai.

7. Unsur Ketidaksempurnaan
Dalam gaya rumah ini, kamu tidak perlu menciptakan kesempurnaan di rumahmu. Tonjolkan unsur serba kayu untuk beberapa sudut lemari atau meja kayu dengan material sedikit kasar.

8. Furnitur Fungsional
Wabi sabi mengedepankan fungsionalitas daripada tampilan. Kamu bisa memilih benda yang sederhana dan fungsional. Prinsip semakin sedikit barang, maka rumah semakin nyaman perlu kamu tanamkan jika kamu ingin menerapkan gaya rumah wabi sabi.


Berita Terkait

Berita Terkini

Viral! Pria Buang Ratusan Telur ke Sungai, Gegara Harga Anjlok?

Aksi seorang pria yang membuang ratusan telur ke sungai di tengah harga telur yang merosot menjadi perbincangan netizen dan viral di media sosial.

Bacaan Doa Supaya Dimudahkan Segala Urusan, Bisa Dibaca Setiap Hari

Untuk mendapatkan kemudahan dalam segala urusan selain dengan berusaha juga berdoa seperti bacaan berikut.

Doa Sebelum Bekerja Menurut Islam, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa sebelum bekerja menurut Islam yang dilengkapi dengan latin dan artinya supaya diberkahi Allah SWT.

Work from Coffee Shop Diminati, Benarkah Kopi Buat Otak Lebih Kreatif?

Ada sejumlah alasan work from coffee shop diminati, salah satunya adalah karena menjamurnya tempat-tempat ngopi estetik.

Benarkah Pengangkatan Rahim Pengaruhi Kehidupan Seksual Wanita?

Tak sedikit wanita merasa khawatir operasi pengangkatan rahim seperti dialami artis Melanie Subono bisa pengaruhi kehidupan seksual mereka.

7 Alasan Medis Wanita Jalani Pengangkatan Rahim Seperti Melanie Subono

Prosedur medis pengangkatan rahim pada wanita disebut histerektomi.

Viral Aksi Selfie di Tempat Berbahaya, Warganet: Auto Kaki Gemetaran

Meski insiden kecelakaan saat melakukan aksi selfie di tempat berbahaya sudah sering terjadi, namun masih ada orang berani menantang bahaya demi mendapatkan foto epic.

Duh! Gegara Penyiksaan Anjing, Pria di Magelang Doakan Aceh Tsunami

Pemilik akun Twiter yang diduga berasal dari Magelang, Jawa Tengah, mendapat kecaman netizen seletah mendoakan Provinsi Aceh terjadi tsunami.

Mengisi Waktu Senggang dengan Mewarnai bersama AnaKrea

Melalui program AnaKrea "Ayo Mewarnai", anak mendapatkan sarana mewarnai pada gambar yang telah di sediakan. Kegiatan ini sangat cocok sebagai pengisi waktu luang yang bermanfaat di masa pandemi.

Viral Kalimat Salam dari Binjai, Ternyata Video Ini Penyebabnya

Kalimat Salam dari Binjai viral di media sosial setelah aksi pemuda dalam video ini.

Kementerian Kesehatan Israel: Subvarian Delta AY4.2 Lebih Menular

Subvarian Delta yang kali pertama diidentifikasi di Inggris saat ini tidak dianggap sebagai varian minat atau perhatian dan belum secara resmi dinamai huruf alfabet Yunani.

8 Cara Mudah Stock Opname Inventaris Kantor

Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk menjalankan stock opname inventaris kantor.

Doa Telinga Kanan atau Kiri Berdenging Menurut Islam

Berikut ini terdapata bacaan doa ketika telinga kanan atau kiri berdenging menurut Islam yang diungkap oleh Nahdlatul Ulama (NU).

Stres Kena PHK Saat Pandemi? Begini Cara Mengatasinya

Setelah kena PHK saat pandemi Covid-19, masalah keuangan bisa menjadi salah satu faktor yang membuatmu stres.

Mengenal Manfaat Natto dari Jepang untuk Kesehatan Tubuh

Di Jepang sendiri, natto sering dikonsumsi bersama dengan nasi dan ditambahkan kecap asin maupun irisan bawang lokio sebagai pelengkap.

Benarkah Berhubungan Intim Bantu Tidur Lebih Pulas? Ini Penjelasannya

Ada pendapat hubungan intim yang memuaskan bersama pasangan bisa bantu tidur lebih pulas dan mengatasi gangguan tidur, termasuk insomnia.