BOS Jateng untuk SMA/SMK Swasta Naik 2 Kali Lipat di 2020

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) bakal menaikkan anggaran bantuan operasional sekolah (BOS) untuk SMA/SMK swasta di wilayahnya pada tahun 2020 nanti. Jika pada tahun 2019 anggaran BOS untuk SMA/SMK swasta di Jateng mencapai Rp100 miliar, maka pada tahun 2020 nanti jumlahnya mengalami kenaikan menjadi sekitar Rp200 miliar lebih.

BOS Jateng untuk SMA/SMK Swasta Naik 2 Kali Lipat di 2020

SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswa SMK. (dok. Solopos.com)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) bakal menaikkan anggaran bantuan operasional sekolah (BOS) untuk SMA/SMK swasta di wilayahnya pada tahun 2020 nanti. Jika pada tahun 2019 anggaran BOS untuk SMA/SMK swasta di Jateng mencapai Rp100 miliar, maka pada tahun 2020 nanti jumlahnya mengalami kenaikan menjadi sekitar Rp200 miliar lebih.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng, Jumeri, kepada Semarangpos.com, Jumat (23/8/2019). “Tahun ini kan [BOS] untuk swasta juga kita beri. Tahun ini anggaranya sekitar Rp150.000 per anak. Totalnya sekitar Rp100 miliar. Tahun depan kemungkinan naik,” terang Jumeri.

Jumeri menambahkan BOS untuk SMA/SMK swasta itu tahun 2020 itu untuk saat ini masih dalam pembahasan dengan badan legislatif atau DPRD Jateng. Untuk kepastiannya, lanjut Jumeri bakal diputuskan pada rapat paripurna DPRD Jateng, Oktober nanti. “Jadi, saya minta masyarakat bersabar. Enggak usah terlalu berspekulasi. Tapi, pastinya bantuan untuk sekolah swasta juga kita pikirkan,” ujar Jumeri.

Selain SMA/SMK swasta, Pemprov Jateng juga berencana memberikan bantuan bagi SMA/SMK Negeri. Bahkan, Jateng berencana menggratiskan SPP bagi siswa SMA/SMKN dari kalangan ekonomi tidak mampu yang besarnya mencapai Rp1,6 triliun.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

135 Kampung di Madiun Dapat Paket Alkes untuk Lawan Covid-19

Polres Madiun menyalurkan bantuan paket alat kesehatan (alkes) dari BPBD Jatim untuk 135 Kampung Tangguh Semeru.

Bantuan Mengalir untuk Bocah Yatim Piatu Akibat Covid-19 di Klaten

Selain dari pemdes, bantuan paket sembako juga pernah diberikan kepada keluarga bocah yatim piatu itu dari Polres Klaten dan Kodim 0723/Klaten.

Pengunjung Malioboro Jogja Dibatasi 200 Orang per Zona

Pemkot Jogja akan membatasi jumlah kunjungan wisatawan di kawasan Malioboro selama PPKM Level 4 diberlakukan. Akan ada petugas yang mengawasi jumlah pengunjung.

Tak Hanya Harga, Kualitas Jadi Kunci Semen Dynamix Diterima Konsumen

Ini dia rahasia perusahaan semen Dynamix yang tergabung dalam Semen Indonesia Group dalam membangun bisnis di bidang kontruksi.

Pembangunan RS Darurat Asrama Haji Donohudan Ditarget Selesai 5 Agustus 2021

Proyek pembangunan RS Darurat Covid-19 di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, ditargetkan selesai pada Kamis (5/8/2021).

Ini Rahasia Sharp Terus Survive di Masa Pandemi Covid-19

PT Sharp Elektronik Indonesia mempunyai kiat tersendiri agar tetap bertahan atau survive di masa pandemi Covid-19 ini.

Catat! Call Center Layanan Derek Gratis Dishub Solo Ganti ke Nomor Ini

Henry menyebut pergantian nomor tidak mengubah layanan derek Dishub Solo, yakni pelayanan derek kendaraan tetap gratis namun dengan syarat dan ketentuan.

Anak Bungsu Akidi Tio Diperiksa Lagi, Polda Sumsel Masih Penasaran Sumber Dana Rp2 Triliun

Polda Sumsel masih mencari sumber dana Rp2 triliun yang rencananya disumbangkan keluarga mendiang Akidi Tio untuk penanganan Covid-19.

PPKM Level 4 Diperpanjang, Penutupan Jalan di Solo Berlanjut! Ini Daftarnya

Perpanjangan PPKM Level 4 berdampak pada penutupan enam ruas jalan di Kota Solo, Jawa Tengah, untuk mengurangi mobilitas warga.

Anak Yatim Piatu Korban Covid-19 Ternyata Ngrontrak Rumah di Jogonalan Klaten

Kisah tragis kali ini tentang bocah yang menjadi yatim piatu karena ayah dan ibunya meninggal akibat Covid-19.

Pria yang Tawarkan Barter Sepatu dengan Susu untuk Anaknya Kini Diangkat Jadi Linmas Laweyan Solo

Pria yang sempat menawarkan barter sepatu dengan susu untuk anaknya kini diangkat menjadi anggota Linmas Laweyan, Solo.

3 Bersaudara di Solo Kehilangan Ayah karena Covid-19, Gibran Bantu Biaya Pendidikan

Gibran menyebut pendidikan ketiganya dijamin sampai kuliah, minimal sarjana dan mereka dibuatkan tabungan SILA KIA yang juga program Pemkot Solo.