Bos Hero Tegaskan Hak Karyawan Dihormati dalam Penutupan Giant

PT Hero Supermarket Tbk. berencana menutup gerai-gerai pasar modern Giant, namun, emiten peritel akan menghormati hak karyawan terdampak.

 Giant Supermarket Palur. (Google-Map)

SOLOPOS.COM - Giant Supermarket Palur. (Google-Map)

Solopos.com, JAKARTA — PT Hero Supermarket Tbk. berencana menutup gerai-gerai Giant di seluruh Indonesia. Namun, emiten peritel PT Hero Supermarket Tbk. memastikan proses penutupan seluruh gerai Giant pada Juli 2021 itu akan tetap menghormati hak-hak karyawan yang terdampak.

Presiden Direktur Hero Supermarket Patrik Lindvall menyebut keputusan untuk meninggalkan Giant dan lebih fokus pada merek dagang lain di bawah perseroan yaitu Hero Supermarket, Guardian, dan Ikea sangat sulit diambil.

“Setelah melakukan peninjauan performa menyeluruh terhadap brand kami, kami memutuskan [penutupan Giant dan lebih fokus ke Hero, Guardian, Ikea] ini merupakan jalan terbaik untuk tetap bertahan,” kata Patrik kepada Bisnis dalam wawancara eksklusif, Selasa (25/5/2021).

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Konon Pendengar Terbaik

Patrik menyebut keputusan itu dipilih seiring dengan langkah perseroan merespons perubahan tren pasar, perilaku konsumen, serta prospek di masa depan. Saat ini, emiten dengan kode saham Hero masih dalam diskusi dengan pihak ketiga terkait dengan potensi pengalihan kepemilikan sejumlah gerai Giant.

Selain itu, perseroan juga berencana mengubah lima gerai Giant menjadi gerai Ikea. Beberapa gerai Giant juga dipertimbangkan untuk diubah menjadi gerai Hero Supermarket. Untuk sisa gerai Giant lainnya, akan ditutup pada akhir Juli 2021.

5 Jadi Ikea

Patrik mengatakan saat ini belum dapat memberikan informasi lebih lanjut mengenai diskusi tersebut karena masih berlangsung. “Kami terus mengupayakan diskusi dengan para pihak ketiga dan meninjau ulang kemungkinan mengubah lima gerai Giant untuk dijadikan Ikea serta beberapa gerai untuk Hero Supermarket dalam rangka memperkuat portofolio,” tutur Patrik.

Pada saat bersamaan, Patrik menyadari dampak dari keputusan ini sangat besar. Untuk itu, dia berterima kasih kepa da seluruh karyawan, pelanggan, dan mitra bisnis yang sudah mendukung Giant selama ini.

Baca Juga: Begini PAN Memandang Pilpres 2024…

Karenanya, hak karyawan Giant dijamin. “Saya ingin meyakinkan juga bahwa semua pihak akan diperlakukan dengan baik, dengan hormat, dengan adil, dan dengan royal,” ujar Patrik.

Keputusan PT Hero Supermarket Tbk. menutup gerai Giant menambah panjang daftar peritel yang tutup di Indonesia. Sebelumnya, Centro Department Store dan Parkson Department Store sudah lebih dulu gulung tikar karena pengelolanya PT Tozy Sentosa dinyatakan pailit tahun ini.

Adapun, Giant berasal dari Malaysia yang didirikan pada 1944. Di Indonesia, Giant dioperasikan oleh PT Hero Supermarket Tbk. sejak 2002. Berdasarkan laman resmi perseroan, Giant memiliki 100 gerai yang tersebar di 96 daerah di Indonesia. Sejauh ini, Giant mempekerjakan sekitar 14.000 karyawan.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terkait

Berita Terkini

Solopos Virtual Talkshow: Siap dengan Perubahan, Tiki Kian Banyak Beri Layanan Digital

Tiki juga memberikan layanan jemput online (Jempol), di mana Tiki akan menjemput barang ke rumah dan kemudian mengantarkannya ke tempat tujuan.

Harga BBM di Indonesia Paling Murah Se-Asia Tenggara? Cek Perbandingannya

Harga jual eceren bahan bakar minyak di Indonesia disebut masih lebih murah jika dibandingkan kebnyakan negara-negara tetangga yang berada di kawasan Asia Tenggara.

Matahari Kota Bogor Resmi Tutup Operasional, Ini Penjelasan Manajemen

PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) menutup atau menghentikan operasional salah satu gerainya yang berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat.

Yuk Buka Tabungan Secara Digital Melalui OCTO Savers CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengakselerasi kapabilitas fitur dan layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk kemudahan nasabah.

Pengembang Geothermal Harus Punya 5 Prinsip Pengembangan Panas Bumi

PT Geo Dipa Energi (Persero) , sebagai BUMN mendorong seluruh pengembang Geothermal untuk memiliki 5 prinsip dasar pengembangan Panas Bumi di Indonesia.

Sebelum Beli Kripto, Belajar Dulu 10 Istilah Berikut Ini

Mampu menghasilkan keuntungan berlipat dalam jangka waktu yang relatif singkat menjadi alasan utama mengapa investasi kripto begitu diminati.

Teknologi Komunikasi 5G Mulai Menyebar, Apa Keuntungan Bagi Masyarakat?

5G akan memberikan dampak evolusi teknologi di platform dagang -el (e-commerce). Tampilan gambar barang yang awalnya dalam bentuk foto, nantinya bisa hadir dalam bentuk 3D. 

Undian Simpedes Berhadiah Mobilio dan Suzuki Carry, Ini Pemenangnya

BRI Kantor Cabang (KC) Solo Kartasura kembali menggelar, Panen Hadiah Simpedes Periode I Tahun 2021, di Aston Solo.

Gelombang 21 Kartu Prakerja Terakhir Tahun Ini, akan Ada Lagi Enggak Ya?

Kartu Prakerja gelombang 21 akan menjadi gelombang yang terakhir sesuai dengan alokasi anggaran tahun ini.

Suku Bunga Deposito Turun, Simpanan Dana di Bank Ikut Melambat

Bank Indonesia (BI) melaporkan pada Agustus 2021 terjadi perlambatan himpunan dana pihak ketiga (DPK) bank seiring dengan penurunan suku bunga simpanan.

Penyaluran KUR Capai Rp177,7 Triliun, Didominasi oleh Sektor Ini 

Realisasi penyaluran kredit usaha rakyat atau KUR sampai dengan awal September 2021 telah mencapai Rp177,7 triliun kepada 4,8 juta debitur atau 70 persen dari target nasional.

Citilink Jadi Maskapai Murah Terbaik Nomor Dua di Dunia Saat Pandemi Covid-19

Citilink meraih predikat 5-Star Covid-19 Airline Safety Rating dari Skytrax, sebuah lembaga pemeringkat penerbangan global independen yang berbasis di Inggris.

Penerimaan Pajak 60,3 Persen Per Agustus, Yakin Bisa Capai Target?

Pemerintah memiliki waktu empat bulan untuk mengejar sisa hampir 40 persen pajak yang belum terkumpul.

XL Axiata Dorong Swasta Tingkatkan Pemberdayaan Perempuan

XL Axiata mendorong pelaku dunia usaha swasta untuk meningkatkan pemberdayaan pekerja perempuan guna meminimalisasi dampak digitalisasi dan otomatisasi terhadap eksistensi mereka.

Modena Hadirkan Spin Mop Lustro SM 3201 L, Bersih-Bersih Rumah Tak Capek Lagi

Sebagai salah satu pemimpin pasar home appliances di Indonesia, Modena secara resmi hadirkan Spin Mop LustroSM 3201 L.