SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, NEW YORK — Microsoft sedang berburu CEO setelah ditinggal Steve Ballmer. Setelah nama bos Cloud Microsoft, Satya Nadella, mengemuka, kini pria berdarah India lainnya juga diincar sebagai CEO Microsoft. Yang bikin heboh, pria ini adalah salah satu bos di Google.

Bos Google yang hendak “dibajak” Microsoft itu adalah Sundar Pichai, 42, yang kini menjadi Head Executive Google Chrome and Apps. Seperti dilaporkan Silicon Angle yang dilansir Business Today, Microsoft kini sedang bernegosiasi dengan Sundar Pichai.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

“Microsoft bisa benar-benar berubah bersama Sundar Pichai untuk membangun sebuah model sistem operasi yang terbuka untuk cloud, mobile, maupun media sosial,” kata Chief Analyst Wikibon, Dave Vellante, dalam laporan itu.

Menurut Vellante, pasar sedang mencari CEO Microsoft baru yang mampu membuat keseimbangan di pasar sistem operasi mobile. Seperti diketahui, saat ini Android dari Google masih merajai pasar sistem operasi mobile. “Pichai adalah paket kepemimpinan, teknologi, dan kecerdasan bisnis.”

Anggapan Vellante sangat beralasan mengingat Sundar Pichai adalah orang di balik kesuksesan Android di seluruh dunia. Silicon Angle mengutip pernyataan sebuah sumber yang dekat dengan tim pencari calon CEO Microsoft bahwa Pichai menjadi kandidat terkuat saat ini.

Pichai yang saat ini mengendalikan teknologi major Google adalah Insinyur dari IIT Kharagpur. Dia meraih gelar masternya di Stanford University dan MBA dari Wharton School University of Pensylvania. Pichai juga menjadi orang di balik integrasi Android di semua produk Google. Mendengar kabar ini, Google pun menawari Pichai bayaran US$50 juta jika mau bertahan di perusahaan itu.

Sementara itu, Microsoft berharap bisa mengumumkan CEO baru mereka pekan ini. Jika jadi pindah ke Microsoft, Sundar Pichai bakal menjadi CEO ketiga setelah Bill Gates dan Steve Ballmer. Kemunculan nama Pichai juga menguatkan eksistensi orang berdarah India di jajaran pimpinan perusahaan elit teknologi informasi global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya